x

Lee Zii Jia Bikin Heboh Usai Luluh Lantah di German Open, Legenda Malaysia: Ini Masalah Mental!

Minggu, 12 Maret 2023 14:18 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Lee Zii Jia bikin heboh badminton Malaysia usai luluh lantah di German Open 2023, legenda Malaysia sebut mental jadi penyebab utama.

INDOSPORT.COM – Lee Zii Jia bikin heboh badminton Malaysia usai luluh lantah di German Open 2023, legenda Malaysia sebut mental jadi penyebab utama.

Pebulutangkis tunggal putra yakni Lee Zii Jia menuai sorotan usai membuat geger badminton lovers Malaysia karena unggahan di Instastory-nya belum lama ini.

Tunggal putra Malaysia itu terlihat frustasi usai kandas di babak 16 besar German Open dari pebulutangkis Chinese Taipei, Chia Hao Lee rubber gim dramatis dengan skor 21-15, 20-22, 21-23.

Dalam unggahan Instastory tersebut, Lee Zii Jia menuliskan kata-kata kurang pantas yang menuai sorotan dari berbagai pihak termasuk beberapa legenda Malaysia.

Salah satunya adalah tunggal putri Malaysia peraih gelar Juara Dunia dua kali yang juga pernah menangani sektor tunggal putri junior yakni Ng Mee Fen.

Baca Juga

Ng Mee Fen menyebutkan, faktor mental menjadi penyebab utama Lee Zii Jia tak berkutik melawan non unggulan dalam turnamen bulutangkis di awal musim.

“Saya mengenal Zii Jia sejak berumur 13 tahun ketika saya menjadi pelatih di tim junior Malaysia,” ungkap Ng Mee Fen.

Baca Juga

“Saya mengenal dia, saat itu dia melalui banyak tantangan tapi dia berhasil mengatasinya. Sekarang saya sedih meilhat dia frustasi,” sambungnya.

Saya yakni dia perlu mendapat dukungan dari psikolog olahraga atau atau pelatih mental untuk mengatasi hal ini,” kata Ng Mee Fen.

Bukan tanpa sebab Lee Zii Jia frustasi kalah di German Open. Pasalnya, ia berstatus sebagai unggulan pertama dan harus takluk di tangan tunggal putra ranking 49 dunia.

Baca Juga

1. Lee Zii Jia Mampu Bangkit

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Lee Zii Jia memang menjadi sorotan karena penurunan performa sejak putus kontrak dengan mantan pelatihnya asal Indonesia yakni Indra Wijaya.

Sekadar informasi, Indra Wijaya sendiri resmi diputus kontrak oleh Lee Zii Jia pada November 2022 lalu dan sempat membuat heboh usai menggugat mantan anak asuhnya itu.

Hal ini bisa menjadi salah satu faktor menurunnya mental dan performa Lee Zii Jia yang kandas di German Open itu. Namun, hal ini menjadi biasa di kalangan atlet menurut legenda Malaysia.

“Itu normal bagi pemain untuk melewati titik kritis dan ujian dalam karier mereka. Bahkan pemain hebat seperti Lee Chong Wei dan Lin Dan juga mengalami hal serupa,” ungkap Ng Mee Fen.

“Ini adalah periode yang menantang bagi Zii Jia. Tapi saya yakin dia mampu mengatasi masalah ini, dia pasti akan menjadi pemain yang lebih baik,” sambungnya.

Baca Juga

Tak lupa, Ng Mee Fen turut menegaskan, bahwa Lee Zii Jia memang butuh sosok seorang pelatih yang mendapinginya di beberapa turnamen ke depan jelang Olimpiade.

Seperti diketahui, saat ini Lee Zii Jia hanya memiliki partner sparring Liew Daren usai melepas Indra Wijaya, yang merupakan pelatihnya sejak di pelatnas BAM.

Baca Juga

Tak hanya Ng Mee Fen yang turut prihatin dengan nasib Lee Zii Jia, legenda tunggal putra Malaysia yakni James Selvaraj memberikan dukungan penuh kepada juniornya itu.

“Melihat unggahannya belum lama ini, dia memang terlihat frustasi dan marah setelah kalah tipis berkali-kali,” ungkap James Selvaraj.

“Tapi saya harap dia tidak berhenti bermain karena itu akan menyia-nyiakan bakatnya. Dia harus percaya kepada diri sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga

Sumber: The Star

MalaysiaBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisGerman Open

Berita Terkini