x

Ada Indonesia! Ini Daftar Pemenang Terbanyak All England Sepanjang Sejarah

Senin, 13 Maret 2023 20:09 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Daftar para pemenang terbanyak dalam sejarah gelaran turnamen bulutangkis All England, dimana wakil Indonesia turut sumbang pemainnya.

INDOSPORT.COM – Melihat daftar para pemenang terbanyak dalam sejarah gelaran turnamen bulutangkis All England, dimana wakil Indonesia turut sumbang pemainnya.

Seperti diketahui, ajang badminton level Super 1000 yakni All England 2023 bakal segera dimulai pada esok hari, Selasa (14/03/23), di Ulitita Arena, Birmingham, Inggris.

Pada turnamen tahun ini, All England yang mendapat sponsor Yonex bakal memberikan hadiah super fantastis dengan total nilai mencapai 1,25 juta dolar (sekitar Rp 18,75 miliar).

Indonesia sendiri melalui Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), sudah mendaftarkan total 16 pemain di ajang All England 2023.

Hanya saja skuat Indonesia harus menyusut satu pasangan, di mana Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon terpaksa mundur.

Baca Juga

Dilansir dari rilis PBSI pada Minggu (12/03/23), mundurnya pasangan berjuluk The Minions itu lantaran Kevin Sanjaya masih belum dalam kondisi fit usai dipapar DBD (Demam Berdarah Dengue).

Meski demikian, sejumlah pebulutangkis Indonesia yang tersisa diharapkan bisa meneruskan tren positif Indonesia di All England.

Baca Juga

Pada tahun lalu, pasangan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri sukses mencetak sejarah dan meneruskan tren positif Indonesia ke podium juara All England.

Secara total, Indonesia mampu meraih 49 gelar juara di gelaran All England, dengan ganda putra jadi nomor yang paling sering berikan trofi.

Tercatat, ganda putra Indonesia sudah berhasil mempersembahkan 22 gelar juara sejak pertama kali naik podium pada 1972 silam.

Termasuk dari Indonesia, berikut INDOSPORT rangkum para peraih gelar All England sepanjang sejarah:

Baca Juga

1. Tunggal Putra

Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

Pada nomor tunggal putra, ada wakil Indonesia yakni Rudy Hartono yang berhasil menyabet 8 gelar juara di All England, sekaligus yang terbanyak sampai saat ini.

Tercatat, Rudy Hartono mampu meraih juara All England dari tahun 1968 hingga 1976, kemudian dua kali menjadi runner up di tahun 1975 dan 1978.

Tunggal Putri
Sementara untuk nomor tunggal putri, ada nama Judy Devlin asal Amerika Serikat yang mampu memenangkan 10 gelar All England sekaligus terbanyak di kategori ini.

Selain tunggal putri, Judy Devlin ternyata juga mampu menjuarai All England pada nomor ganda putri sebanyak 7 kali.

Ganda Putra
Untuk nomor ganda putra, ada wakil tuan rumah yakni George Alan Thomas dengan torehan 9 gelar All England sepanjang kariernya.

Baca Juga

Selain di ganda putra, George Alan Thomas juga mampu memenangkan All England pada kategori tunggal putra sebanyak 4 kali, serta ganda campuran sebanyak 8 kali.

Total, George Alan Thomas sudah memenangkan 21 kali gelar All England dan membuatnya sebagai atlet bulutangkis dengan gelar terbanyak sepanjang sejarah di turnamen tersebut.

Baca Juga

Ganda Putri
Di nomor ganda putri, ada Meriel Lucas dari Inggris yang berhasil bertengger di urutan pertama peraih gelar All England terbanyak kategori beregu putri.

Total ada 10 gelar juara All England yang dimenangkan Meriel Lucas di nomor ganda putri.

Selain itu, dirinya juga mampu meraih 6 gelar juara All England di kategori tunggal putri, serta satu kali di nomor ganda campuran.

Baca Juga

2. Ganda Campuran

Betty Uber, pebulutangkis putri legenda di All England

Terakhir di nomor ganda campuran, ada Betty Uber asal Inggris yang jadi peraih gelar All England terbanyak.

Tercatat, Betty Uber memenangkan 8 gelar juara All England di kategori ganda campuran, serta empat kali juara di nomor ganda putri dan sekali pada kategori tunggal putri.

All EnglandBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini