x

OTW Jadi Legenda, Iga Swiatek Cetak Catatan Bersejarah di Ranking WTA

Senin, 13 Maret 2023 23:52 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Petenis Polandia, Iga Swiatek, menguasai ranking satu WTA. Foto: Mark Metcalfe/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Iga Swiatek baru mencatatkan catatan gemilang atas namanya sendiri saat sedang berlaga di BNP Paribas Open/Indian Wells 2023.

Untuk diketahui, tidak ada pemeringkatan ATP dan WTA pekan ini lantaran turnamen Indian Wells masih berlangsung.

Meski begitu, Iga Swiatek tetap akan mempertahankan milestone apiknya di ranking satu dunia yang masih bertahan sampai detik ini.

Sebagai informasi, petenis asal Polandia ini naik ke peringkat pertama pada 4 April tahun lalu setelah memenangkan Miami Open.

Saat ini, ia pun dihadapkan pada milestone luar biasa, dengan bertengger selama 50 pekan beruntun saat Indian Wells memasuki pekan kedua.

Baca Juga

Seperti diwartakan laman tennis.com, sejak pemeringkatan WTA dibuat pada 1975, Iga Swiatek pun menjadi pemain wanita kesembilan yang meraih rekor tersebut.

Ia mencatatkan 50 pekan tersebut sejak meraih takhta tertinggi pada 2022. Di atasnya ada Serena Williams (57 pekan) kemudian Justine Henin (61 pekan) dan beberapa lainnya.

Baca Juga

Selain itu, Iga Swiatek juga menjadi pemain wanita keempat yang menghabiskan 50 pekan atau lebih di peringkat teratas untuk pertama kalinya.

Di atasnya, ada Serena Williams (57 pekan), Martina Hingis (80 pekan) dan legenda tenis Jerman, Steffi Graf (186 pekan).

Iga Swiatek pun menjadi pemain tenis wanita ke-13 yang menghabiskan 50 pekan di pemeringkatan WTA sepanjang sejarah.

Baca Juga

1. Iga Swiatek Tahun Ini

Petenis Polandia, Iga Swiatek, menguasai ranking satu WTA. Foto: Mark Metcalfe/Getty Images.

Iga Swiatek saat ini sedang berpartisipasi di turnamen BNP Paribas Open alias Indian Wells 2023 dan telah sampai di 32 besar.

Sebelumnya di 64 besar, ia menekuk petenis Amerika Serikat, Claire Liu, 6-0, 6-1. Selanjutnya, ia pun dijadwalkan berjumpa wakil Kanada, Bianca Andreescu.

Sepak terjang Iga Swiatek dalam beberapa waktu terakhir memang cukup mencuri perhatian. Bukan hanya meraih ranking satu WTA, ia juga meraih penghargaan individu.

Pada 2022, ia berhasil menggondol dua gelar Grand Slam di French Open dan US Open, bahkan jadi juara beruntun di enam turnamen mulai Maret hingga Mei.

Sepanjang tahun 2022 pula ia juga menggondol sejumlah penghargaan seperti WTA Player of the Year dan juara dunia ITF.

Baca Juga

Lalu pada 2023, ia meraih penghargaan Polish Sports Personality of the Year dan L'Équipe Champion of Champions.

Sebelum bermain di Indian Wells, Iga Swiatek mengawali tahun 2023 dengan berpartisipasi di ajang Australian Open, Qatar Open, dan WTA Dubai.

Baca Juga

Dari tiga turnamen tersebut, Iga Swiatek berhasil menjadi juara di Qatar Open setelah memenangkan partai puncak menghadapi Jessica Pegula, 6-3, 6-0.

Sementara itu di turnamen Dubai, ia berhasil menginjakkan kaki di final namun sayang harus kalah di tangan Barbora Krejcikova 6-4, 6-2.

Satu-satunya hasil kurang impresif Jessica Pegula tahun ini adalah Australian Open di mana dia kandas di babak keempat oleh Elena Rybakina. 

Baca Juga

Sumber: tennis.com

WTAIndian Wells MastersTenisBerita TenisIga Swiatek

Berita Terkini