x

Novak Djokovic Mundur dari Indian Wells, Titisan Rafael Nadal Bisa Pimpin Bursa Calon Juara

Senin, 6 Maret 2023 17:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Novak Djokovic mundur dari Indian Wells 2023. Foto: Hannah Peters/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic mundur dari turnamen tenis ATP Masters 1000 BNP Paribas Open alias Indian Wells yang digelar pada awal Maret 2023.

Pengumuman tersebut disampaikan pihak penyelenggara Indian Wells melalui akun resmi medsosnya di Twitter, Senin (06/03/23).

“Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic telah mundur dari BNP Paribas Open 2023,” demikian bunyi pernyataan dari penyelenggara.

Dengan mundurnya Novak Djokovic, Nikoloz Basilashvili mendapat kesempatan untuk main di Indian Wells edisi kali ini.

Nikoloz Basilashvili sendiri saat ini bertengger di peringkat 118 dunia. Tahun ini, ia telah berpartisipasi di banyak turnamen ATP namun tidak memanen hasil yang impresif.

Baca Juga

Novak Djokovic dan Indian Wells

Desas-desus tentang keikutsertaan Novak Djokovic di Indian Wells 2023 sejatinya sudah banyak jadi perbincangan di kalangan penikmat tenis.

Ia mengalami isu yang sama seperti tahun lalu, yang bahkan membuatnya dipulangkan ke Serbia dari Australia. Kini, masalah itu muncul kembali.

Baca Juga

Amerika Serikat (AS) memberlakukan syarat vaksin Covid-19 bagi pendatang dari luar negeri untuk masuk ke negara mereka hingga bulan April.

Hal ini pun membuat situasi Novak Djokovic menjadi sulit. Bahkan bukan hanya Indian Wells, ia pun akan kesulitan bermain di Miami Open.

Peraih 22 gelar Grand Slam tersebut sejatinya mendapat banyak dukungan untuk tampil di turnamen ATP Masters 1000 di AS bulan ini. 

Baca Juga

1. Peliang untuk Titisan Rafael Nadal

Petenis Spanyol titisan Rafael Nadal, Carlos Alcaraz Garfia. Foto: REUTERS/Mike Segar.

Selain membuka kesempatan bagi pemain lain untuk tampil, absennya Novak Djokovic di Indian Wells 2023 juga membawa ‘berkah’ untuk titisan Rafael Nadal.

Ya, siapa lagi kalau bukan Carlos Alcaraz Garfia, remaja ajaib yang tahun lalu membuat gempar dunia tenis putra dengan sepak terjangnya yang gemilang.

Belum genap berusia 20 tahun, ia berhasil menjadi petenis nomor satu dunia, bahkan mengangkangi sang senior, Rafael Nadal, yang harus puas di peringkat dua.

Akan tetapi, cedera menghambat laju Carlos Alcaraz Garfia awal tahun ini, sedangkan di sisi lain Novak Djokovic berhasil meraup poin segunung di Australian Open.

Titisan Rafael Nadal itu pun harus merelakan ranking pertamanya dikudeta sejak pertengahan bulan Januari ini oleh Novak Djokovic.

Baca Juga

Saat ini, Carlos Alcaraz Garfia masih betah bertengger di ranking dua dunia dengan raihan 6.780 poin per Senin (06/03/23).

Dengan mundurnya Novak Djokovic di Indian Wells tahun ini, Carlos Alcaraz Garfia pun berpeluang merebut kembali peringkat satu dunianya.

Baca Juga

Hanya saja, perjuangan itu tidak bakal mudah lantaran ia harus mengumpulkan lebih dari 360 poin yang sebelumnya ia raih di semifinal 2022.

Di drawing Indian Wells yang akan digelar hari ini, si ‘baby Nadal’ pun berpeluang menjadi pemain di daftar unggulan lantaran tidak ada nama Novak Djokovic di sana.

Di sisi lain, absennya Rafael Nadal, Nick Kyrgios, Marin Cilic, dan Sebastian Korda membuat banyak orang memrediksi Indian Wells tahun ini tidak akan menarik.

Baca Juga

2. Carlos Alcaraz Garfia Tahun Ini

Petenis Spanyol titisan Rafael Nadal, Carlos Alcaraz Garfia. Foto: REUTERS/Mike Segar.

Sebelum drawing Indian Wells 2023, keragu-raguan sempat menyelimuti kubu Carlos Alcaraz Garfia karena kondisinya yang baru pulih dari cedera.

Belum lama ini, ia kembali cedera saat berpartisipasi Rio Open dan gagal merengkuh kemenangan di final menghadapi Cameron Norrie.

Alhasil, ia pun harus mundur di Mexican Open di Acapulco awal Maret lalu. Hal inilah yang kemudian membuat partisipasinya di Indian Wells dipertanyakan.

Tentu saja banyak yang berharap Carlos Alcaraz Garfia bisa berpartisipasi di Indian Wells 2023, apalagi seteleh penampilan impresifnya tahun lalu.

Di Indian Wells 2022, remaja asal Spanyol tersebut ampai di semifinal di mana ia berhadapan dengan Rafael Nadal yang saat itu lebih diunggulkan.

Benar saja, Rafael Nadal-lah yang berhasil lolos ke paratai puncak meski pada akhirnya dikalahkan Taylor Fritz 6-3, 7(7)-6(5).

Tentang BNP Paribas Open 2023

Turnamen tenis yang juga dikenal dengan nama Indian Wells ini untuk edisi 2023-nya akan digelar di California, Amerika Serikat pada 6-19 Maret.

Jadwal akan dimulai pada 6 dan 7 Maret dengan agenda kualifikasi ATP dan WTA, yang akan berlanjut ke putaran utama mulai 8 Maret.

Hadiah yang disediakan untuk Indian Wells 2023 adalah 8,8 juta dolar AS atau kurang lebih Rp134,9 miliar.

Sumber: Marca, Twitter BNP Paribas Open, atptour.com

ATPNovak DjokovicIndian Wells MastersTenisBerita TenisCarlos Alcaraz

Berita Terkini