x

Hengkang dari PBSI, Flandy Limpele Umbar Kebahagiaan jadi Pelatih di Hong Kong

Rabu, 15 Maret 2023 19:56 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Flandy Limpele umbar senyum kebahagiaan saat resmi melatih tim bulutangkis Hong Kong usai keluar dari Pelatnas PBSI.

INDOSPORT.COM – Flandy Limpele umbar senyum kebahagiaan saat resmi melatih tim bulutangkis Hong Kong usai keluar dari Pelatnas PBSI.

Sekadar informasi, mantan pelatih ganda campuran pratama yakni Flandy Limpele resmi hengkang dari Pelatnas PBSI pada awal Maret 2023 lalu.

Tentu hal ini menjadi catatan miris sektor ganda campuran PBSI yang ditinggal dua pelatih yakni Nova Widianto di akhir tahun 2022 dan kini Flandy Limpele.

Usai memutuskan hengkang dari PBSI, Flandy Limpele didapuk menjadi kepala pelatih sektor ganda di pelatnas bulutangkis di Hong Kong.

Sampai di Hong Kong, mantan pelatih PBSI itu tampak mendapat sambutan meriah dari anak asuhnya, sebagaimana dilihat dari unggahan Instastory terbaru Chang Tak Ching.

Flandy Limpele resmi latih tim bulutangkis Hong Kong (Foto: Instagram@changtakching)
Baca Juga

“Selamat datang pelatih baru kami, Flandy Limpele,” tulis pebulutangkis Hong Kong itu.

Chang Tak Ching sendiri merupakan pemain spesialis sektor ganda putra dan campuran yang telah menorehkan prestasi seperti medali perunggu Badminton Asia Mixed Team Championships 2019.

Baca Juga

Sementara itu, dalam unggahan Chang Tak Ching, Flandy Limpele terlihat mendapat sambutan hangat dari beberapa pemain sektor ganda di Hong Kong.

Tentu, sosok Flandy Limpele sendiri pasti dihormati oleh beberapa pemain bulutangkis di negara lain. Pasalnya, mantan pelatih PBSI ini sukses menorehkan prestasi gemilang.

Flandy Limpele sendiri sukses menyabet medali perunggu di Olimpiade Athena 2002 sektor ganda putra kala berpasangan dengan Eng Hian.

Baca Juga

1. Prestasi Gemilang Flandy Limpele jadi Pelatih

Pelatih bulutangkis Indonesia, Flandy Limpele, bersama ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Bukan rahasia lagi jika Flandy Limpele menjadi rebutan beberapa negara untuk melatih. Pasalnya, legenda bulutangkis Indonesia itu mencatatkan prestasi luar biasa sepanjang kariernya.

Selain meraih medali perunggu di Olimpiade Athena, Flandy sukses menyabet medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2007 sektor ganda campuran bersama Vita Marissa.

Tak hanya itu, mantan pelatih ganda campuran pratama PBSI ini sukses meraih tiga medali emas di dua edisi SEA Games (1999, 2007) sektor ganda putra dan campuran.

Sebelum melatih di PBSI, mantan partner Eng Hian di ganda putra itu sempat melatih di beberapa negara seperti India dan Malaysia.

Kala melatih di India, Flandy berhasil menyulap ganda putra Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty menjadi ancaman bagi pebulutangkis lainnya.

Baca Juga

Bagaimana tidak, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty berhasil menembus final German Open 2019, namun, harus takluk di tangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Dengan tangan dinginnya yang sukses melatih ganda putra India, Flandy Limpele membuat pelatnas Malaysia yakni BAM tertarik untuk merekrutnya.

Baca Juga

Ya, Flandy Limpele akhirnya bergabung ke Pelatnas BAM dan menangani sektor ganda putra. Hasilnya pun cukup luar biasa ketika mantan pelatih PBSI itu mampu memberikan gebrakan di tim Malaysia.

Yakni Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang mampu membuat kejutan dengan meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Dengan ini, patut dinantikan kiprah Flandy Limpele di usai hengkang dari PBSI. Mampukah ia menyulap sektor ganda Hong Kong menjadi ancaman bagi negara lainnya?

Baca Juga

Sumber: Instagram Chang Tak Ching

PBSIHong KongFlandy LimpeleBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini