x

5 Pemain Unggulan di Tunggal Putra yang Jadi Korban Ganasnya All England 2023, Ada Axelsen!

Minggu, 19 Maret 2023 13:24 WIB
Editor: Juni Adi
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie di laga perdana All England. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Banyak pebulutangkis dengan status unggulan yang menuai hasil minor di All England 2023.

Salah satu turnamen bulutangkis di dunia paling bergengsi, All England 2023, akan telah memasuki tahap akhir karena segera menggelar partai final pada Minggu (19/03/23) hari ini di Utilita Arena, Birmingham, Inggris.

All England sendiri gengsinya cukup tinggi mengingat ini adalah salah satu kejuaraan bulutangkis tertua di dunia yang digelar oleh BWF.

Menurut catatan National Badminton Museum, kompetisi ini dapat dikatakan sebagai turnamen bulutangkis tertua di dunia yang telah digelar sejak 1899 di London Scottish Drill Hall.

Indonesia sendiri dipastikan akan meraih satu gelar di All England 2023 dari sektor ganda putra, karena terjadi All Indonesian Finals antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Juga

Sedangkan nama-nama unggulan dari Indonesia di sektor lainnya gagal mendulang hasil maksimal karena mereka tersingkir oleh lawan-lawannya. salah satunya adalah Jonatan Christie.

Tidak hanya dari wakil Indonesia, pebulutangkis unggulan tunggal putra di All England 2023 tak bisa menuai prestasi.

Ada juga beberapa wakil negara lain dengan status unggulan yang tumbang. Siapa saja mereka? berikut daftarnya dari sektor tunggal putra.

Baca Juga

Kodai Naraoka (Unggulan 7)

Pertama ada tunggal putra andalan Jepang, Kodai Naraoka. Ia mampu tampil baik di awal-awal turnamen All England 2023 hingga mencapai babak perempatfinal.

Di 8 besar Kodai Naraoka bertemu unggulan ke-4 asal Malaysia, Lee Zii Jia. Pertandingan berakhir untuk kemenangan Lee Zii Jia lewat permainan rubber gim.

Tetapi di gim pertama kekuatan kedua pebulutangkis unggulan itu berjalan timpang, karena Lee Zii Jia tampil mendominasi dan Naraoka kesulitan meladeni perlawanannya.

Baca Juga

Alhasil Naraoka tunduk 9-21. Namun di gim kedua, wakil Jepang itu berhasil bangkit dan merebut kemenangan dengan skor akhir 21-10.

Memasuki gim ketiga, Lee Zii Jia menuntaskan pertandingan dengan kemenangan 13-21, dan berhak lolos ke semifinal All England 2023. 


1. Lee Zii Jia (Unggulan 4)

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting di laga perdana All England pada Selasa (14/3/2023) waktu Inggris. (Foto: PBSI)

Keberhasilan Lee Zii Jia menumbangkan wakil Jepang unggulan ke-7, Kodai Naraoka di babak perempatfinal membuat ia melaju ke partai semifinal All England 2023.

Di semifinal tunggal putra andalan Malaysia itu berhadapan dengan wakil China berperingkat ke-12 dunia, Yu Qi Shi.

Perbedaan ranking BWF ternyata tidak membuat Yu Qi Shi ciut mental. Ia berhasil mengalahkan Lee Zii Jia dengan skor akhir 19-21 dan 13-21. 

Yu Qi Shi pun mengikuti jejak wakil China lain yang lolos ke final All England 2023. Ia akan menghadapi rekan senegaranya, Li Shi Feng.

Anthony Ginting (Unggulan 3)

Anthony Ginting berhasil melewati rintangan dua babak awal All England 2023 yakni 32 besar dan 16 besar.

Baca Juga

Pada babak 32 besar, Ginting berhasil mengalahkan wakil Thailand, Kantaphon Wangcharoen dua set langsung 11-21 dan 15-21.

Di babak 16 besar, Ginting menghadapi lawan sulit dari India, Prannoy H. S. Tetapi akhirnya bisa dikalahkan lewat permainan rubber gim ketat, 22-20, 15-21, 21-17.

Baca Juga

Sayang di babak perempatfinal wakil Indonesia itu harus tersingkir dari wakil Denmark, Anders Antonsen dengan skor akhir 14-21, 21-9 dan 17-21.

Jonatan Christie (Unggulan 2)

Nasib serupa dialami oleh tunggal putra unggulan Indonesia lainnya di All England 2023 yakni Jonatan Christie tetapi lebih tragis.

Jojo harus tersingkir lebih cepat di babak 32 besar. Ia dikalahkan oleh wakil China, Weng Hong Yang dua set langsung 21-6 dan 21-11.

Baca Juga

2. Viktor Axelsen (Unggulan 1)

Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen.

Pebulutangkis asal Denmark itu merupakan unggulan pertama di turnamen Super 1000 ini, menghadapi wakil Malaysia, Ng Tze Yong, lewat permainan rubber gim.

Di gim pertama, performa Axelsen sempat trengginas dengan keunggulan 15-21. Namun di dua set selanjutnya penampilan tunggal putra nomor satu dunia itu kurang malah mengecewakan.

Sebab dia kalah di gim kedua dengan jarak poin cukup mencolok atas Ng Tze Yong, 21-9. Dan puncaknya dikalahkan di gim ketiga, 23-21.

Juara bertahan All England di sektor ganda campuran juga gagal mempertahankan gelarnya. Artinya akan ada juara baru di tunggal putra setelah sempat dikuasai oleh Viktor Axelsen.

Ini adalah kali pertama sejak 2014 Axelsen gagal melangkah ke perempat final All England 2023. Tunggal putra asal Denmark itu selalu mencapai laga final dalam empat edisi terakhir, termasuk menjadi juara pada 2020 dan 2022. 

Baca Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di Google News

Jonatan ChristieAll EnglandViktor AxelsenAnthony GintingTRIVIABulutangkisLee Zii JiaKodai Naraoka

Berita Terkini