x

Holger Rune vs Andrey Rublev di Monte-Carlo Masters: Calon Juara Baru di Ambang Sejarah

Minggu, 16 April 2023 14:43 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Holger Rune dan Andrey Rublev akan bersua di final turnamen ATP Monte-Carlo Masters hari ini, Minggu (16/04/23). Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

INDOSPORT.COM - Holger Rune dan Andrey Rublev akan bersua di final turnamen ATP Monte-Carlo Masters hari ini, Minggu (16/04/23).

Ajang Monte-Carlo Masters 2023 sudah memasuki agenda pamungkas, yang selain menyajikan partai tunggal, juga menampilkan final di sektor ganda.

Pasangan Ivan Dodig/Austin Krajicek dijadwalkan berjumpa Sam Weissborn/Romain Arneodo pada hari yang sama seperti final di sektor tunggal.

Baik Holger Rune maupun Andrey Rublev sama-sama berada di daftar unggulan turnamen. Masing-masing mereka berada di urutan enam dan lima.

Dengan final yang mempertemukan keduanya, sudah bisa dipastikan Monte-Carlo Masters tahun ini akan mendapat juara baru.

Baca Juga

Stefanos Tsitsipas, sang unggulan dua, merupakan juara di edisi 2021 dan 2022. Akan tetapi, sayang sekali ia gagal membidik gelar ketiga tahun ini.

Langkahnya kandas di perempat final oleh Taylor Fritz. Sementara itu, penguasa Monte-Carlo Masters yakni Rafael Nadal tidak berpartisipasi karena masalah kebugaran.

Baca Juga

Entah siapa yang menang nanti, yang jelas Holger Rune dan Andrey Rublev akan mencatatkan sejarah dalam karier tenis mereka di turnamen ATP.

Terlebih Andrey Rublev yang di edisi 2021 berhasil mencapai final sebelum akhirnya ditekuk Stefano Tsitsipas. Tahun ini, ia tentu tidak mau mengulang hasil yang sama.

Ia dan Holger Rune saat ini tengah berlomba demi meraih gelar Monte-Carlo Masters perdana mereka. Siapakah yang bakal berjaya?

Baca Juga

1. Catatan Head to Head

Holger Rune saat juara Paris Masters 2022. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Final Monte-Carlo Masters 2023 tidak hanya menjadi menarik karena akan melahirkan juara baru, tetapi juga catatan Holger Rune dan Andrey Rublev yang sama kuat.

Sejauh ini, laman statistik ATP mencatat bahwa mereka baru bersua dua kali dengan masing-masing satu kemenangan (1-1).

Tidak ayal, persaingan sengit pun bak sudah menanti di depan mata. Keduanya akan berlomba-lomba menyikut satu sama lain demi rekor kemenangan 2-1.

Dari dua pertemuan yang sudah dilalui, mereka terakhir kali berhadapan di Australian Open 2023, di mana saat itu Andrey Rublev-lah yang tampil sebagai pemenang.

Di 16 besar, ia menekuk Holger Rune 6-3, 3-6, 6-3, 4-6, 7-6(9). Namun di perempat final petenis asal Rusia tersebut dihempas oleh Novak Djokovic.

Baca Juga

Menarik sedikit ke belakang lagi, pertemuan Holger Rune dan Andrey Rublev lainnya terjadi di ajang Paris Masters 2022. Mereka juga bersua di 16 besar.

Holger Rune memenangkan pertandingan kala itu 6-4, 7-5, dan melaju hingga final. Bak kuda hitam, ia pun mendepak Novak Djokovic di Center Court lewat tiga set.

Baca Juga

Kemenangannya pada waktu itu pun cukup mengagetkan publik dan penikmat tenis mengingat yang ia hadapi adalah Novak Djokovic.

Tidak ayal, Holger Rune pun layak dinobatkan sebagai salah satu petenis kuda hitam yang bisa saja tampil mengejutkan.

Andrey Rublev tentu wajib waspada di final Monte-Carlo Masters nanti, karena bukan tidak mungkin lawannya dari Denmark itu akan membuatnya kelabakan.

Baca Juga

2. Siap-Siap Cetak Sejarah

Holger Rune saat juara Paris Masters 2022. Foto: REUTERS/Christian Hartmann.

Bicara jelang final Monte-Carlo Masters 2023, kedua pemain nampaknya sadar betul dengan catatan head to head mereka yang masih sama kuat.

Bahkan Holger Rune juga yakin pertandingannya kontra Andrey Rublev akan berjalan menarik berkat dua pertemuan mereka sebelumnya.

“Kami sudah berhadapan dua kali. 1-1. Pasti akan sangat menarik, saya yakin,” ucapnya dikutip dari laman resmi ATP.

Selain membidik gelar ATP Masters 1000 keduanya, Holger Rune juga mencatatkan rekor tersendiri atas namanya.

Ia menjadi remaja pertama yang berhasil melaju ke final Monte-Carlo Masters setelah Rafael Nadal yang berusia 19 tahun pada 2006 silam.

Sementara itu, Andrey Rublev pun turut buka suara soal ancaman Holger Rune yang bisa menjegalnya di final Monte-Carlo Masters nanti.

“Dia pemain yang suka berlari dan bisa membaca permainan dengan baik. Dia memiliki sentuhan yang bagus dan tidak akan memberi Anda ritme,” jelasnya.

Siapa pun yang menang nantinya, baik Holger Rune maupun Andrey Rublev akan mencatat milestone tersendiri dalam perjalanan karier mereka.

Holger Rune berpeluang naik ke ranking dunia pada pemeringkatan hari Senin besok, sedangkan di sisi lain Andrey Rublev akan berburu gelar tertinggi dalam kariernya.

Sejauh ini, ia lebih sering juara di turnamen di bawah level 1000, bahkan sudah lima kali meraih gelar di ATP 500. Mari kita tunggu saja hasilnya nanti.

Sumber: atptour.com

ATPMonte-Carlo MastersTenisAndrey RublevBerita TenisHolger Rune

Berita Terkini