x

Ogah Bantu Lee Zii Jia, Lee Chong Wei Pilih Tangani Penghancur Axelsen Jelang Olimpiade Paris

Minggu, 16 April 2023 16:52 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Juni Adi
Legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei putuskan membantu penghancur Viktor Axlesen, Ng Tze Yong alih-alih Lee Zii Jia jelang Olimpiade Paris 2024.

INDOSPORT.COM – Legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei putuskan membantu penghancur Viktor Axlesen, Ng Tze Yong alih-alih Lee Zii Jia jelang Olimpiade Paris 2024.

Perebutan slot ganda putra di kualifikasi Olimpiade Paris 2024 sebentar lagi akan dihelat. Malaysia sendiri memiliki dua wakil potensial yakni Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong.

Dilaporkan The Star, legenda Lee Chong Wei mengungkapkan akan membantu Ng Tze Yong jelang kualifikasi Olimpiade daripada Lee Zii Jia.

Sekadar informasi, Lee Chong Wei sendiri didapuk menjadi manajer RTG (Road to Gold) yang merupakan program pemerintah Malaysia untuk membantu atlet meraih prestasi tertinggi di Olimpiade yakni medali emas.

“Sebagai manajer tim bulutangkis RTG, saya ingin memberikan bimbingan kepada Ng Tze Yong untuk lolos kualifikasi Olimpiade,” ungkap Lee Chong Wei.

Baca Juga

“Lee Zii Jia berada di posisi yang kuat untuk memastikan tempatnya dan kami menginginkan dua tempat tunggal putra di Paris,” sambungnya.

Ya, alasan kuat legenda tunggal putra Malaysia itu memfokuskan membantu Ng Tze Yong adalah Lee Zii Jia yang diprediksi dapat lolos kualifikasi Olimpiade karena saat ini ia berada di peringkat atas dunia.

Baca Juga

Lee Chong Wei sendiri tak asing lagi dengan hiruk pikuk Olimpiade. Meski belum pernah menyabet emas, rival Taufik Hidayat itu sukses meraih tiga medali perak (2008, 2012, 2016).

Sementara itu, kiprah Ng Tze Yong yang cukup memukau saat mengalahkan Viktor Axelsen di babak kedua All England itu bisa menjadi modal positifnya untuk lolos kualifikasi Olimpiade Paris.

Sayangnya, usai mengalahkan Viktor Axelsen, ganda nomor dua Malaysia setelah Lee Zii Jia itu harus takluk di perempat final All England dari wakil China, Li Shifeng.

Baca Juga

1. Ingin Cetak Sejarah di Olimpiade Paris

Ng Tze Yong pebulutangkis Malaysia

Menurut informasi The Star, Lee Zii Jia sudah pasti lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024 karena ia masih berada di ranking empat dunia.

Lee Zii Jia dipastikan lolos kualifikasi jika dia mampu mempertahankan posisinya di peringkat 10 besar jelang dihelatnya pesta olahraga terbesar di dunia itu.

Sementara Ng Tze Yong yang namanya melambung usai mengalahkan Viktor Axelsen di All England itu harus kerja keras di turnamen kualifikasi Olimpiade Paris.

Ng Tze Yong saat ini bertengger di ranking 25 dunia. Dalam sebuah negara/tim, dapat mengirimkan dua wakil jika keduanya berada di ranking 16 besar Race to Olympic.

Maka dari itu, Lee Chong Wei berambisi untuk menaruh dua wakil tunggal putra di Olimpiade Paris dan meuwujudkan harapan Malaysia untuk cetak sejarah meraih medali emas pertama.

Baca Juga

“Ini bukan hanya mimpi saya, tapi seluruh bangsa pasti melihat Malaysia untuk memenangkan medali emas pertama di Olimpiade, kami harus memiliki kualitas dan kuantitas,” kata Lee Chong Wei.

“Prioritasnya adalah Lee Zii Jia dan yang terbaik kedua adalah Ng Tze Yong. Dia belum memenuhi syarat dan prosesnya (kualifikasi) akan dimulai bulan Mei,”

Baca Juga

“Saya akan berdiskusi dengan perwakilan pelatih dan menawarkan bantuan apa pun yang mereka butuhkan melalui (RTG) untuk memastikan bahwa kami dapat dua pemain di Paris,” sambung Lee Chong Wei.

Meski belum menunjukkan permainan yang maksimal di turnamen 2023, penghancur Viktor Axelsen, Ng Tze Yong diprediksi akan menjadi ancaman tunggal putra dunia. Apalagi, turunnya Lee Chong Wei tentu akan menambah daya gedor pebulutangkis Malaysia itu.

Tak hanya Ng Tze Yong, Lee Chong Wei juga mewanti-wanti Lee Zii Jia dan pemain independen lainnya untuk tetap bekerja keras jelang Olimpiade Paris 2024 melalui porgram RTG.

Baca Juga

Sumber: The Star

Lee Chong WeiMalaysiaViktor AxelsenBulutangkisLee Zii JiaNg Tze YongBerita BulutangkisOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini