x

Ingin Menggeluti Olahraga Tenis? Ini Skill Dasar yang Harus Dikuasai

Senin, 24 April 2023 10:22 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Olahraga tenis menjadi salah satu kegiatan yang juga wajib dijajal untuk mengusir rasa bosan serta menjaga kebugaran tubuh. (Foto: Komunitas Temu Tennis/Mootion Sport)

INDOSPORT.COM – Olahraga tenis menjadi salah satu kegiatan yang juga wajib dijajal untuk mengusir rasa bosan serta menjaga kebugaran tubuh.

Dipandang sebagai salah satu olahraga yang elegan, permainan tenis juga semakin digemari oleh banyak orang.

Tak sedikit pula yang ingin mulai mencoba menekuni olahraga tenis demi bisa mengikuti berbagai kejuaraan.

Founder Komunitas Temu Tennis, Igantius Yuda, kepada INDOSPORT menerangkan soal skill dasar yang harus dikuasai untuk para petenis pemula.

“Menurut saya, skill dasar yang paling penting untuk bermain tenis adalah footwork,” terang Ignatius Yuda.

Baca Juga

“Footwork yang baik sangat dibutuhkan ketika bermain. Karena, lawan kita akan memberikan bola yang tidak enak untuk kita pukul dan sangat berbeda dengan bola-bola yang diberikan oleh pelatih,” jelasnya.

Footwork dalam olahraga tenis merupakan skill pola langkah atau pola kaki yang seringkali diandalkan pada saat teknik menyerang dan bertahan dari lawan.

Baca Juga

Skill ini sangat efektif digunakan pada saat olahraga tenis sehingga terbilang wajib untuk dikuasai oleh para petenis. Lebih lanjut, Ignatius Yuda juga memberikan sejumput tips lainnya untuk para petenis pemula.

“Untuk teman-teman yang baru bermain, carilah pelatih yang benar, bedakan sparring partner dan pelatih,” ujar Ignatius Yuda.

“Karena pelatih yang benar akan memberikan teknik dasar tenis yang kuat dan jika memiliki teknik dasar yang kuat kedepannya akan lebih mudah untuk ditingkatkan permainannya,” kata Yuda.

Baca Juga

1. Komunitas Temu Tennis

Komunitas Temu Tenis. (Foto: Komunitas Temu Tennis/Mootion Sport)

Jika Anda ingin mencari keringat dengan melakoni olahraga tenis juga sudah tak perlu khawatir kesepian. Pasalnya, sekarang sudah marak komunitas tenis di beberapa daerah, salah satunya yakni temu tennis.

Komunitas yang bermarkas di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara ini didirikan oleh Ignatius Yuda sejak 16 April 2022.

Mulanya, bersama sang istri ia mendirikan komunitas temu tenis di daerah BSD, Tangerang Selatan, lantaran sang istri tinggal di kawasan tersebut.

Kemudian komunitas temu tennis juga didirikan di daerah Kelapa Gading usai keduanya resmi menikah dan menetap di sana.

“Kami memiliki ide untuk membuat sebuah komunitas yang bertujuan untuk membantu teman-teman pencinta tenis yang kesusahan mencari teman berlatih,” jelas Yuda kepada INDOSPORT, Minggu (08/01/23).

Baca Juga

“Lalu seiring berjalannya waktu, komunitas kami lebih aktif dan berkembang di Kelapa Gading,” tambahnya.

Meski baru berusia seumur jagung, tetapi komunitas temu tennis sampai saat ini sudah dihuni oleh kurang lebih 100 anggota.

Baca Juga

Yuda juga menjelaskan bahwa setiap harinya member dari komunitas temu tennis terus bertambah.

Senada dengan visi sang founder yang ingin memberi wadah untuk para pegiat tenis, dikatakan Yuda bahwa tak ada klasifikasi khusus untuk bergabung dengan Temu Tennis.

Dirinya menyebutkan bahwa semua orang bisa langsung join dengan komunitas Temu Tenis melalui laman WhatsApp.

Baca Juga
Komunitas SehatLiga IndonesiaTenisBerita Tenis

Berita Terkini