x

Hasil BAC 2023: Minim Keringat, Rinov/Pitha Taklukkan Ganda Sri Lanka dalam 19 Menit

Rabu, 26 April 2023 12:36 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari bertanding di Badminton Asia Championships (BAC) 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan Badminton Asia Championships (BAC) 2023, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menang mudah atas lawannya, dalam waktu 19 menit.

Bertanding di Al-Nasr Club, Dubai, Rabu (26/04/23) siang, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sukses menaklukkan Chamath Dias/Natasha Gunasekera dengan skor 21-8, 21-12.

Sekadar informasi, Chamath Dias/Natasha Gunasekera adalah pasangan asal Sri Lanka yang memulai perjuangan dari babak kualifikasi, menaklukkan pemain Maldives.

Mesin mereka sudah panas sejak awal pertandingan, berbeda dengan Rinov/Pitha yang sempat absen dalam beberapa turnamen karena cedera Rinov.

Maka dari itu, Chamath Dias/Natasha Gunasekera bisa membayangi Rinov/Pitha tak terlalu jauh, mulai dari 6-5, hingga 8-7.

Baca Juga

Setelah mengerti gaya permainan pasangan Sri Lanka, di mana Chamath Dias adalah tipikal yang main meledak-ledak di depan net, barulah Pitha tampil ngegas.

Dua kali placing ciamik Pitha Mentari membuahkan poin untuk Indonesia, merah Putih memimpin 11-7 di interval game pertama.

Setelah itu, pasangan ganda campuran Indonesia benar-benar tak memberi ampun pada Chamath Dias/Natasha Gunasekera. Celah permainan mereka sudah dikantongi.

Baca Juga

Pitha kerap membidik garis tepi para pemain Sri Lanka, sehingga mereka mengira bola keluar dan abai. Wakil Indonesia mendulang poin dan unggul 17-7 atas lawannya.

Tak lupa, Rinov Rivaldy juga semakin ganas melayangkan smash. Wakil Sri Lanka dibuat tak berkutik sepanjang laga.

Rinov/Pitha sudah mencapai match point 20-8, tetapi Rinov terlalu terburu-buru ingin emnyudahi laga, sehingga mereka justru kehilangan satu poin berharga.

Game pertama ditutup dengan skor 21-8 untuk kemenangan Rinov/Pitha dari Indonesia.

Baca Juga

1. Game Kedua

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos babak kedua Badminton Asia Championships (BAC) 2023. (Foto: PBSI)

Memasuki game kedua, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari rupanya masih tetap kesulitan menghadapi pasangan Chamath Dias/Natasha Gunasekera di menit-menit awal.

Meski sempat memimpin 4-2, namun Rinov/Pitha tidak benar-benar bisa menjauhi skor milik pebulu tangkis Sri Lanka.

Kuncinya, yakni kebangkitan Chamath Dias yang memiliki power untuk melayangkan smash, dan sasarannya adalah Pitha. Skor sementara 10-5 untuk keunggulan Indonesia.

Setelah Dias mencuri satu poin, beruntung dengan kerja sama dan fokus yang baik, Rinov/Pitha akhirnya unggul 11-6 di interval game kedua.

Paska turun minum, tidak banyak perbaikan yang dilakukan Rinov/Pitha. Mereka konsisten menghajar Dias/Gunasekera lewat bola-bola datar di garis tepi lapangan.

Baca Juga

Wakil Indonesia terus menjaga jarak di angka 13-8, kemudian 14-9, bahkan 16-11.

Tetapi setelah itu, Rinov/Pitha akhirnya ngegas dan tidak mau membuang-buang waktu lagi. Dengan teknik backhand yang ciamik, Pitha mengumpulkan poin maksimal.

Wakil Indonesia akhirnya mencapai match point 20-12, hanya dalam waktu 19 menit sejak game pertama berlangsung.

Baca Juga

Setelah servis, Natasha Gunasekera sempat ingin melayangkan pukulan, tetapi sayangnya shuttlecock membentur net. Skor 21-12 untuk kemenangan Indonesia.

Hasil ini memastikan Rinov/Pitha melaju ke babak kedua BAC 2023, menyusul Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Pada babak kedua BAC 2023, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan menghadapi Hiroki Midorikawa/Natsu Saito asal Jepang, Kamis (27/04/23).

Baca Juga
Sri LankaBadminton Asia ChampionshipsHasil PertandinganBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita Bulutangkis

Berita Terkini