x

Head to Head Madrid Open 2023: Lawan Carlos Alcaraz Mudah, Iga Swiatek Berat

Sabtu, 6 Mei 2023 18:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Petenis Polandia, Iga Swiatek, akan tampil di final Madrid Open 2023. Foto: Mark Metcalfe/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Turnamen tenis Madrid Open 2023 sudah memasuki partai puncak, yang akan menyajikan pertandingan Carlos Alcaraz Garfia dan Iga Swiatek.

Sementara itu di kategori women’s singles akan terjadi pertarungan besar antara Iga Swiatek vs Aryna Sabalenka.

Beralih ke men’s doubles, ada Matthe Ebden/Rohan Bopanna vs Karen Khachanov/Andry Rublev, dan women’s double akan memainkan partai Jessica Pegula/Coco Gauff vs Victoria Azarenka/Beatrize H Maia.

Keseluruhan pertandingan final Madrid Open 2023 akan dimainkan pada akhir pekan ini yakni Sabtu (06/05) dan Minggu (06/05) waktu setempat.

Lantas, seperti apa head to head dan bedah kekuatan para finalis Madrid Open 2023 sebelum bersua di partai puncak?

Baca Juga

Carlos Alcaraz Garfia vs Jen-Lennard Struff

Sekilas, nampak sebagai pertandingan yang mudah bagi Carlos Alcaraz Garfia mengingat statusnya sebagai unggulan pertama di ajang ini.

Di sisi lain, Jen-Lennard Struff merupakan kontestan nonunggulan yang dari segi ranking pun masih terpaut jauh di bawah.

Baca Juga

Carlos Alcaraz Garfia, yang berjuluk Baby Nadal, saat ini berada di peringkat 2 sedangkan Jen-Lennard Struff menghuni peringkat 65.

Selain itu, Carlos Alcaraz Garfia juga menyandang predikat juara Madrid Open 2022 setelah menekuk Alexander Zverev di final.

Dari catatan-catatan tersebut, tidak ayal ia nampak begitu superior apabila disandingkan dengan Jen-Lennard Struff.

Baca Juga

1. Carlos Alcaraz Punya Peluang Besar

Carlos Alcaraz Garfia dihadapkan pada lawan yang mudah di final Madrid Open 2023. Foto: Jayne Kamin-Oncea-USA TODAY Sports via REUTERS.

Meski begitu, ada yang menarik dari dua petenis ini, yakni rekor pertemuan mereka yang masih sama kuat 1-1.

Ya, sebelum Madrid Open 2023, mereka sudah berjumpa dua kali dan masing-masing sudah mencicipi satu kemenangan.

Kemenangan pertama dari dua pertemuan tersebut diperoleh Jen-Lennard Struff di French Open 2021, saat mereka bersua di putaran 32 besar.

Satu tahun kemudian tepatnya di Wimbledon, giliran Carlos Alcaraz Garfia yang meraih kemenangan. Pada waktu itu mereka bersua di 128 besar.

Dengan catatan yang sama kuat tersebut, meski ini pertarungan antara unggulan pertama melawan kontestan nonunggulan, tentu bakal sangat menarik untuk dinanti.

Baca Juga

Terlebih lagi, Carlos Alcaraz Garfia saat ini pasti sedang getol-getolnya memburu sebanyak mungkin poin untuk menyaingi Novak Djokovic di ranking ATP.

Pertandingan final men’s singles Madrid Open 2023 akan digelar pada Minggu tanggal 7 Mei 2023 dan bisa diikuti pada malam hari WIB.

Baca Juga

Matthe Ebden/Rohan Bopanna vs Karen Khachanov/Andry Rublev

Beranjak ke pertandingan ganda, di mana bakal tersaji duel Matthe Ebden/Rohan Bopanna vs Karen Khachanov/Andry Rublev pada 6 Mei 2023.

Tidak berbeda jauh, duel ini akan menjadi pertarungan antara unggulan dan nonunggulan, yang akan sangat menarik untuk disimak.

Sebagai informasi, Matthe Ebden/Rohan Bopanna adalah unggulan ketujuh di Madrid 2023. Nama yang kedua, tercatat sudah malang melintang cukup lama di ajang ini.

Baca Juga

2. Iga Swiatek Hadapi Lawan Sulit

Petenis Polandia, Iga Swiatek, akan tampil di final Madrid Open 2023. Foto: Mark Metcalfe/Getty Images.

Rahul Bopanna, sudah dua kali tampil di final dengan partner yang berbeda. Di edisi 2015, ia berhasil menjadi juara saat berpasangan dengan Florin Mergea.

Iga Swiatek vs Aryna Sabalenka

Pertarungan sengit lainnya diprediksi bakal terjadi di kategori women’s singles. Pasalnya ada unggulan pertama yang akan menghadapi unggulan kedua!

Ya, Iga Swiatek sang unggulan pertama harus bersua lawan yang tidak mudah di langkah terakhirnya menuju mahkota juara.

Sejauh ini, keduanya sudah berjumpa tujuh kali. Iga Swiatek pun unggul lantaran memenangkan lima di antaranya.

Duel kedua pemain ini pun juga menarik karena tidak hanya berstatus unggulan pertama dan kedua Madrid Open 2023, tetapi berstatus ranking satu dan dua WTA.

Di sisi lain, lima pertemuan terakhir Iga Swiatek dan Aryna Sabalenka pun terlihat begitu kompetitif. Mereka selalu bersua di semifinal dan final.

Final women’s doubles akan digelar hari ini yakni Sabtu 6 Mei 2023. Siapa yang bakal memenangkan pertarungan sengit ini?

Jessica Pegula/Coco Gauff vs Victoria Azarenka/Beatrize H Maia

Sama-sama belum pernah memenangi Madrid Open 2023 namun Jessica Pegula/Coco Gauff adalah unggulan pertama di edisi kali ini.

Langkah mereka nampaknya akan mudah mengingat sang calon lawan berstatus nonunggulan. Atau, mungkin ada keajaiban yang bakal terjadi?

Sumber: atptour.com, wtatennis.com

Madrid OpenTenisBerita TenisCarlos AlcarazIga SwiatekAryna Sabalenka

Berita Terkini