x

Jadi Ujung Tombak SEA Games 2023, Rehan Ungkap Cedera Sudah 80 Persen Pulih

Minggu, 7 Mei 2023 11:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto, mengungkap kondisinya menjelang SEA Games 2023 usai mengalami cedera otot pinggang. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto, mengungkap kondisinya sudah jauh membaik menjelang SEA Games 2023 usai mengalami cedera otot pinggang.

Pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati merupakan salah satu dari 14 wakil Indonesia dari cabang bulutangks yang akan berlaga di SEA Games 2023.

Rehan sebelumnya sempat dihantam cedera otot pinggang saat tampil di Badminton Asia Championships (BAC) 2023 di Dubai pada April lalu.

Akibatnya, Rehan dan pasangan mainnya Lisa Ayu Kusumawati terpaksa tidak bisa melanjutkan perjuangan dan dinyatakan retired.

Kondisi ini sempat membuat BL khawatir akankah Rehan/Lisa bisa tampil memperkuat tim Indonesia di cabang olahraga bulutangkis SEA Games 2023 di Kamboja mulai 8-16 Mei 2023.

Baca Juga

“Ya sekarang kondisi sudah mulai 80 persen, sudah enggak sakit lagi. Tapi saya sebenarnya masih takut-takut untuk ambil bola atas."

"Semoga di SEA Games sudah sembuh total, jadi bisa main maksimal dan tidak ada cedera lagi,” kata Rehan dalam keterangan resminya di Jakarta melansir dari Antara.

Rehan Naufal Kusharjanto sebelumnya mmemang sudah mendapat penanganan medis setibanya di Indonesia. Dia menjalani pemulihan meted akupuntur dan pijat.

Baca Juga

Namun, Rehan Naufal Kusharjanto masih belum berani memaksakan diri. Dia masih trauma dari cedera itu, terutama saat melakukan pukulan-pukulan kecil saat pemanasan.

Sehingga, pada sesi latihan sebelum bertolak ke Kamboja, Rehan membatasi gerakannya dan mengasah keterampilan bermain bola-bola bawah.

Dua haru jelang keberangkatan Skuad Merah Putih ke Kamboja pada Jumat (5/5/23), Rehan mengaku sudah lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga

1. Rehan/Lisa Ditarget Raih Medali Emas

Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Badminton Asia Championships 2023. (Foto: PBSI)

Dia juga memastikan cederanya sudah pulih meski masih menyisakan trauma cedera itu bakal kambuh sehingga memengaruhi kualitas pukulannya.

“Sudah tidak ada sakit, kalau (skala) satu sampai 10, paling satu sih sakitnya. Maksudnya ya masih agak agak takut. Tadi coba smes full sekali, juga tidak ada masalah. Tapi kan namanya cedera pasti ada trauma, jadi lebih hati-hati,” ungkap Rehan.

Meski berstatus sebagai ganda campuran nomor 1 nasional karena mereka berperingkat 10 dunia, namun Rehan/Lisa tidak diikutikan ke Piala Sudirman 2023.

Ada pun Piala Sudirman 2023 sendiri jadwalnya memang bentrok dengan SEA Games 2023, yakni dilangsungkan di Suzhou, China, ada 14-21 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga

Namun, Rehan/Lisa tetap mendapatkan target berat dari PBSI yakni bisa membawa pulang medali emas dari nomor ganda campuran.

Rehan/Lisa mengatakan target ini tidak membuat mereka terbebani. Mereka bertekad bermain lepas dan akan berusaha kuat untuk menyumbang emas.

Baca Juga

“Kita kan ditargetkan emas, kita juga pasti mau emas kan. Nah dari situ makannya kita mau usaha maksimal, keluarkan yang terbaik. Urusan juara kan tinggal serahkan ke yang atas di atas saja,” sambung Rehan.

Target emas yang diberikan pada Rehan/Lisa ini sendiri sejurus dengan target empat medali emas yang sebelumnya ditargetkan oleh PBSI pada cabor bulutangkis SEA Games 2023.

Pada agenda pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu, PBSI mengirimkan dua pasangan dari sektor ganda campuran. Selain Rehan/Lisa, pasangan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela juga ikut tampil.

Baca Juga
IndonesiaPBSIBulutangkisBerita BulutangkisRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiSEA Games 2023

Berita Terkini