x

Update Klasemen Piala Sudirman 2023: Malaysia Juara Grup, Korea Geprek Jepang

Rabu, 17 Mei 2023 22:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
Update klasemen Piala Sudirman 2023, Malaysia lolos ke perempat final sebagai juara grup sedangkan Korea Selatan berhasil membungkam Jepang. Foto: BWF

INDOSPORT.COM - Update klasemen Piala Sudirman 2023, Malaysia lolos ke perempat final sebagai juara grup sedangkan Korea Selatan berhasil membungkam Jepang.

Malaysia memastikan lolos ke babak perempat final Piala Sudirman 2023 sebagai juara di Grup C setelah mengalahkan Chinese Taipei dengan skor 4-1, Rabu (17/05/23).

Poin-poin kemenangan Negeri Jiran ini dipersembahkan oleh ganda campuran Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, tunggal putra Lee Zii Jia, ganda putra Teo Ee Yi/Ong Yew Sin, dan ganda putri Pearly Tan/ Thinaah Muralitharan.

Ada pun Goh Jin Wei yang sebelumnya mampu menaklukkan PV Sindhu (India) gagal menyumbang poin usai takluk di tangan pemain nomor 3 dunia, Tai Tzu Ying.

Hasil ini membuat Malaysia akhirnya mampu memuncaki klasemen Grup C dengan tiga kemenangan, sedangkan Chinese Taipei juga lolos ke perempat final sebagai runner-up grup.

Baca Juga

Sementara itu, pada partai lainnya, Korea Selatan berhasil membuat kejutan dengan menundukkan unggulan kedua, Jepang, di laga ketiga Grup D.

Hasil ini menempatkan Korea Selatan menjadi juara grup D dan lolos ke perempat final. Ada pun Jepang juga tetap bisa lolos meski dengan status sebagai runner-up.

Baca Juga

Korea Selatan diketahui menurunkan skuad terbaiknya melawan Jepang. Ganda campuran Kim Won-ho/Jeong Na-eun dan tunggal putra Kenta Nishimoto menyumbang dua angka pertama.

Dilanjutkan duel klasik antara wakil Jepang Akane Yamaguchi melawan An Se-young, yang dimenangkan wakil Korea itu dengan skor 21-11 dan 21-15.

Ganda putra Kang Ming-hyuk/Seo Seung-Jae mampu menumpas perlawanan eks pasangan no. 1 dunia, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di partai keempat.

Baca Juga

1. Klasemen Piala Sudirman 2023: Siapa Lawan Indonesia?

Klasemen Piala Sudirman 2023 Foto: BWF

Sementara pada partai penentu, Baek Ha-na/Lee So-hee mengalahkan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, di mana hasil ini sekaligus menyempurnakan kemenangan Korea menjadi 5-0 atas Jepang.

Dengan demikian, Malaysia, Chinese Taipei, Korea dan Jepang sudah memastikan posisinya di Grup C dan D. Sementara Grup A dan B baru akan menentukan posisi besok Kamis (18/05/23).

Di Grup A, China akan berhadapan dengan Denmark sedangkan Indonesia akan menghadapi Thailand di grup B

Melansir dari Badminton Talk di akun Twitter, hasil pertandingan China vs Denmark ini nantinya akan menentukan siapa lawan Indonesia di babak perempat final piala Sudirman.

Jika China menang lawan Denmark, maka: 1. Bila Indonesia menang besok, potensi bertemu Jepang, Chinese Taipei, atau Denmark di QF. 2. Bila Indonesia kalah besok, potensi bertemu China, Malaysia, atau Korea di QF,” tulis Badminton Talk.

Baca Juga

Untuk selengkapnya, berikut ini klasemen Piala Sudirman 2023:

Group Negara
A1:  China
A2:  Denmark
B1:  Indonesia
B2:  Thailand
C1:  Malaysia
C2:  Chinese Taipei
D1:  Korea
D2:  Japan

*) Yang di-cetak tebak sudah memastikan posisinya

JepangKorea SelatanMalaysiaPiala SudirmanKlasemenBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini