x

Bestie Abis! Kevin Sanjaya dan Li Junhui Reunian di Piala Sudirman 2023

Sabtu, 20 Mei 2023 14:39 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Pernah menjadi rival berat, Kevin Sanjaya dan Li Junhui akhirnya saling bertemu di Piala Sudirman 2023.

INDOSPORT.COM – Pernah menjadi rival berat, Kevin Sanjaya dan Li Junhui akhirnya saling bertemu di Piala Sudirman 2023.

Siapa yang tidak kenal dengan Li Junhui, mantan pebulutangkis Pelatnas China yang pernah berpasangan dengan Liu Yuchen dan dikenal sebagai rival Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Namun, Li Jun Hui memutuskan untuk pensiun dari dunia bulutangkis pada November 2021 lalu karena cedera meniscus akut di bagian lututnya.

Kala masih berpasangan dengan Liu Yuchen, Li Junhui dikenal sebagai ganda putra menakutkan pada masanya dengan menyabet beragam gelar.

Pasangan yang sering dijuluki Duo Menara itu berhasil meraih gelar Juara Dunia 2018, Juara Asian Games 2018, hingga medali perak Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

Sementara itu, Asosiasi Bulutangkis China (CBA) menggelar upacara seremoni beberapa atlet yang telah memutuskan pensiun seperti Chen Long, Li Junhui hingga Zhang Nan di Piala Sudirman 2023.

Menariknya, di usai sesi seremoni tersebut, Li Junhui bertemu dengan mantan rivalnya asal Indonesia yakni Kevin Sanjaya di belakang panggung.

Baca Juga

Momen ini diabadikan melalui Instagram Story Fita Derajat yang kembali diunggah akun Twitter penggemar yang bernama @sbtmskn.

wakakakaka ada yang ketemu bestie,” tulis akun Twitter @sbtmskn.

Meski tak terlihat secara jelas pertemuan Kevin Sanjaya dan mantan rivalnya itu, tapi keterangan di Instagram Story tersebut yang menyebut ‘Junedi’ yang merupakan nama panggilan BL Indonesia untuk Li Junhui.

Baca Juga

1. Rivalitas Kevin/Marcus dan Li Junhui/Liu Yuchen

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di India Open 2023. (Foto: PBSI)

Tentu, bukan rahasia lagi jika mantan pasangan nomor satu dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon merupakan rival berat bagi mantan pasangan China, Li Junhui/Liu Yuchen.

Tercatat, kedua pasangan ini telah bertemu sebanyak 13 kali. Di mana Kevin/Marcus berhasil mengamankan 11 kemenangan.

Pertemuan keduanya dimulai dari turnamen Vietnam Open 2015. Pasangan berjuluk The Minions itu harus takluk dalam rubber set dari Li/Liu.

Namun, dua tahun berselang, Kevin/Marcus berhasil revans yakni di All England 2017 yang menjadi duel senasional dua ganda putra penguasa ranking dunia pada masanya itu.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sendiri berhasil menjuarai All England untuk pertama kalinya pada edisi itu serta menjadi titik kebangkitan The Minions.

Baca Juga

Usai takluk di All England 2017, Li/Liu tak pernah menang dalam tujuh pertemuan beruntun di turnamen bulutangkis atas Kevin/Marcus.

Duo Menara baru bisa menang lagi atas Kevin/Marcus yakni di ajang BWF World Tour Finals 2018 di babak penyisihan grup.

Baca Juga

Sementara itu, pertemuan terakhir kedua pasangan ini sebelum Li Junhui memutuskan pensiun adalah di ajang BWF World Tour Finals 2019.

Kala itu, pasangan ganda putra andalan Indonesia ini sukses mengamankan kemenangan melalui tiga gim ketat dengan skor 21-18, 14-21, 21-18.

Meski saat ini Liu Yuchen telah berpasangan dengan Ou Xuanyi dan berjuang di Piala Sudirman 2023, rivalitas dengan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat masih bersama Li Junhui tentu menjadi ingatan manis penggemar bulutangkis.

Baca Juga

Sumber: Twitter @sbtmskn

Kevin SanjayaPiala SudirmanKevin Sanjaya/Marcus GideonLi Junhui/Liu YuchenBulutangkisBerita BulutangkisLi Junhui

Berita Terkini