x

Ingin Minions Balik Top 10 Ranking BWF? Segini Poin yang Harus Dikumpulkan Kevin/Marcus

Senin, 29 Mei 2023 16:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, harus menempuh jalan panjang untuk kembali ke 10 besar ranking BWF. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, harus menempuh jalan panjang untuk kembali ke 10 besar ranking BWF.

Seperti diketahui, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon merupakan salah satu pasangan ganda putra yang paling disegani di kancah bulutangkis dunia.

Meski begitu, pamor Kevin/Marcus sekarang sedang menurun. Tahun ini saja, mereka absen di cukup banyak turnamen besar termasuk All England.

Setelah Indonesia Masters 2023 pada bulan Januari, Kevin/Marcus tidak nampak batang hidungnya sebelum bergabung dengan skuad Piala Sudirman pada bulan Mei.

Setelah menguasai peringkat satu ranking BWF selama 214 pekan, peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut lengser ke peringkat dua per 21 September 2022.

Baca Juga

Sejak saat itu, sulit bagi Kevin/Marcus untuk kembali ke puncak.

Usai berkutat di peringkat dua dan tiga selama beberapa pekan, mereka terjun bebas ke peringkat delapan dan kemudian peringkat 23 pada Desember 2022.

Baca Juga

Setelahnya, ranking BWF Kevin/Marcus praktis hanya berkutat di 25 besar, bahkan sempat lengser ke peringkat 26 per 30 Maret lalu.

Untungnya, peringkat Minions dalam beberapa waktu terakhir kembali menanjak pelan-pelan dan kini sudah berada di 20 besar.

Berdasarkan pemeringkatan per 23 Mei 2023, Kevin/Marcus mengalami kenaikan ranking dari 21 ke 18 dengan 46.403 poin.

Baca Juga

1. Harus Rajin Kumpulkan Poin

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, harus menempuh jalan panjang untuk kembali ke 10 besar ranking BWF. Foto: PBSI.

Angka tersebut, bisa dibilang masih jauh jika harus dibandingkan dengan raihan ganda putra peringkat 10 ranking BWF saat ini, Choi Sol-gyu/Kim Won-ho.

Pasangan asal Korea Selatan tersebut mengoleksi 61.870 poin, yang artinya ada selisih kurang lebih 20 ribuan poin dengan Kevin/Marcus yang berada di peringkat 18.

Kevin/Marcus sendiri baru saja tampil di Malaysia Masters 2023. Sayangnya, langkah mereka terhenti di 16 besar usai ditumbangkan pasangan Jepang.

Adalah Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang membawa mimpi buruk bagi Kevin/Marcus, mengungguli pasangan Indonesia itu dengan skor 21-15, 21-17.

Dengan hasil ini, Kevin/Marcus memperoleh tambahan 3.600 poin karena Malaysia Masters turnamen BWF berlevel Super 500.

Baca Juga

Meski begitu, jalan Kevin/Marcus untuk kembali masih cukup panjang karena harus mengumpulkan lebih banyak poin di turnamen-turnamen berikutnya.

Belum lagi, mereka masih harus bersaing dengan para ganda putra yang berperingkat lebih tinggi di ranking BWF.

Baca Juga

Untuk mengejar selisih poin yang sekarang ataupun nanti, Kevin/Marcus harus memastikan meraih hasil terbaik dan melaju jauh di laga-laga mereka ke depannya.

Namun tentu saja, Minions masih punya kesempatan untuk tampil maksimal demi mendulang poin setelah Malaysia Masters 2023.

Minions sudah dipastikan akan tampil di tiga turnamen BWF dalam waktu dekat, yakni Thailand Open (Super 500), Singapore Open (Super 750), dan Indonesia Open (Super 1000).

Baca Juga

2. 3 Turnamen Terdekat

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, harus menempuh jalan panjang untuk kembali ke 10 besar ranking BWF. Foto: PBSI.

Yang terdekat, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan berpartispasi di Thailand Open yang jadwalnya dimulai esok hari, Selasa (30/05/23).

Mereka pun bakal ditemani rekan-rekan sesama wakil Indonesia, baik yang memulai turnamen dari kualifikasi maupun yang sudah lolos ke babak utama.

Untuk ganda putra, selain Kevin/Marcus, Indonesia juga mengirim Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Lalu ada Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, plus Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani dan Rahmat Hidayat/M Rayhan Nur Fadillah di babak kualifikasi.

Sementara itu, ganda putra peringkat satu ranking BWF, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tidak akan berpartispasi.

Jadwal Kevin/Marcus di 3 Turnamen Terdekat

Thailand Open (30 Mei-4 Juni)

Di Thailand Open 2023 Kevin/Marcus akan memulai perjuangan mereka dari 32 besar namun masih menunggu calon lawan dari babak kualifikasi.

Singapore Open (6-11 Juni)

Lalu di Singapore Open 2023, Minions juga akan bermain dari 32 besar dan dijadwalkan bersua ganda Chinese Taipei, Su Ching Heng/Ye Hong Wei.

Indonesia Open (13-18 Juni)

Bertanding di hadapan publik sendiri, Minions punya peluang menyabet poin besar di Indonesia Open yang berlevel Super 1000.

Mereka akan bersua pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Apakah tiga turnamen terdekat ini akan berkontribusi banyak bagi misi Kevin/Marcus ke 10 besar ranking BWF?

Sumber: bwfbadminton, tournamentsoftware

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisBerita BulutangkisRanking BWF

Berita Terkini