x

Maraton 3 Turnamen, Leo/Daniel Buka-bukaan Strategi Tetap Fit di Thailand Open 2023

Selasa, 30 Mei 2023 07:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Maraton tiga turnamen beruntun di bulan Mei, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin buka-bukaan strategi agar tetap fit menjelang Thailand Open 2023.

INDOSPORT.COM - Maraton tiga turnamen beruntun di bulan Mei, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin buka-bukaan strategi agar tetap fit menjelang Thailand Open 2023.

Sebagaimana diketahui, pasangan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masuk dalam skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2023, 14-21 Mei di Suzhou, China.

Tak ada jeda, pemilik ranking BWF ke-9 ganda putra dunia itu langsung terbang ke Kuala Lumpur untuk mengikuti turnamen Malaysia Masters, pada 23-28 Mei 2023.

Leo/Daniel bermain sampai babak semifinal, Sabtu (27/05/23) kemarin. Mereka kemudian langsung terbang lagi ke Bangkok, untuk mengikuti perhelatan Thailand Open 2023.

Ajang Thailand Open 2023 mulai dihelat pada hari ini, Selasa (30/05/23). Selain Leo/Daniel, masih ada beberapa pemain lainnya yang juga maraton tiga turnamen beruntun.

Baca Juga

Maka dari itu, pelatih fisik bulutangkis Indonesia, Yansen Alpine mengungkapkan cara menjaga kebugaran Leo/Daniel dkk di tengah padatnya jadwal pertandingan.

"Memang saat pertandingan seperti ini, yang bisa dilakukan hanya me-maintain kondisi atletnya saja," kata Yansen Alpine, dilansir dari rilis resmi PP PBSI, Selasa pagi.

Baca Juga

"Jadi tidak bisa ditingkatkan, apalagi di tengah padatnya turnamen, dan yang saya fokuskan adalah bagaimana menjaga fisik dan stamina mereka supaya tidak terlalu turun."

"Untuk atlet yang sudah kalah (di Malaysia Masters), besoknya saya berikan program latihan yang disesuaikan dengan kondisi, bisa berupa latihan beban atau latihan cardio."

"Disesuaikan dalam arti volume latihannya diperkecil, tapi dengan intensitas tinggi. Ini membantu menjaga kondisi tenaga dan staminanya. Selain itu, makan, vitamin dan istirahat juga harus bagus dan cukup."

Baca Juga

1. Leo/Daniel Optimis Tatap Thailand Open

Tunggal Putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo di SEA Games 2023. Setelah itu ia lanjut bertanding di Malaysia Masters dan Thailand Open 2023. (Foto: PBSI)

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 'kerja rodi' lantaran baru bertanding di semifinal Malaysia Masters, Sabtu lalu, tetapi mereka langsung terbang lagi ke Thailand Open 2023.

Sementara pemain Indonesia lainnya yang juga tanding di hari Sabtu, Gregoria Mariska memang tidak terdaftar di Thailand Open, dan Christian Adinata mundur karena cedera.

Namun, Leo/Daniel mengaku tak masalah, mereka ingin melakukan yang terbaik, meski kondisi mereka belum pulih seratus persen.

"Apapun kondisi yang kami alami, kami mau menikmati pertandingan. Kami tetap akan melakukan yang terbaik," ungkap Leo saat menjajal venue Thailand Open, Senin (29/05/23).

"Kondisi kami pasti tidak bisa kembali seratus persen, tapi kami sudah melakukan pemulihan," ucap rekannya, Daniel Marthin.

Baca Juga

"Makan bagus, tidur cukup dan latihan gym, itu cukup membantu proses recovery kami," tambah pemain yang sedang on fire dan naik ke ranking BWF urutan ke-9 dunia itu. 

"Tadi juga sudah tes lapangan, dan memang karakternya berbeda dengan di Malaysia, jadi kami juga harus cepat beradaptasi," sambung Daniel Marthin via rilis PBSI.

Baca Juga

Sementara satu-satunya tunggal putra yang turun di Thailand Open 2023, yakni Chico Aura Dwi Wardoyo, ia mengaku sudah siap bertanding usai kalah di Malaysia Masters.

"Persiapan sudah baik untuk pertandingan di Thailand Open. Saya siap bertanding," ungkap pemilik ranking BWF ke-18 itu.

"Kemarin dari Malaysia Masters ada evaluasi dari pelatih untuk penggunaan pukulan dan pola permainan," tukas Chico, yang notabene adalah anak asuh dari Coach Irwansyah jelang Thailand Open.

Baca Juga
Chico Aura Dwi WardoyoBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisThailand Open

Berita Terkini