x

Pasang Surut Ranking BWF Kevin/Marcus: Raja Ganda Putra yang Mencoba Bangkit

Rabu, 31 Mei 2023 18:57 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Pasang surut ranking BWF raja ganda putra asal Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, yang sempat terjun bebas namun mencoba bangkit.

INDOSPORT.COM – Pasang surut ranking BWF raja ganda putra asal Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, yang sempat terjun bebas namun mencoba bangkit.

Seperti diketahui, mantan ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon resmi dipasangkan pada 2015 dan memulai debut SEA Games 2015.

Sebelumnya, Kevin sempat berpasangan dengan Selvanus Ges pada 2014 namun ganda putra ini terpaksa pisah usai Selvanus keluar dari PBSI.

Sementara Marcus Gideon sendiri sempat berpasangan dengan Markis Kido sebelum berduet dengan Kevin Sanjaya dan sukses menorehkan gelar juara di turnamen bulutangkis French Open 2013.

Tampil gemilang di SEA Games 2015 dengan menyabet medali emas di beregu putra, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akhirnya memulai debut internasional pada 2016.

Baca Juga

Pasangan yang akrab disapa The Minions itu sukses menyabet gelar pertama di Malaysia Masters 2016 usai mengalahkan wakil tuan rumah, Kien Keat Koo/Tan Boon Heong.

Performa kedua pasangan ini semakin meningkat setelahnya hingga akhirnya merangkak ke jajaran ganda putra top 10 ranking BWF pada Juni 2016.

Baca Juga

Masuk ke Jajaran Top Ganda Putra

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon mulai menjadi ancaman di ranking BWF ganda putra mulai 1 November 2016 dengan melejit ke peringkat 10 hingga hingga 7 pada 11 November.

Capaian tertinggi Kevin/Marcus terjadi di 26 November yakni bertengger di ranking 1 dunia usai menyabet juara di China Open 2016.

Kala itu, Kevin/Marcus berhasil mengalahkan ganda putra legendaris China, Chai Biao/Hong Wei dalam pertarungan tiga gim dramatis dengan skor 16-21, 26-24, 21-19.

Baca Juga

1. Raja di Ganda Putra

Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon kalah di Malaysia Master 2023. (Foto: PBSI)

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sontak menjelma jadi raja baru di ganda putra di mana kala itu, ranking BWF masih dikuasai pebulutangkis China.

Pada masa debut di turnamen internasional pada 2016, Kevin/Marcus berhasil menyabet gelar juara di Malaysia Masters, India Open hingga Indonesia Masters.

Sementara itu, mengawali musim 2017, pasangan berjuluk The Minions ini berhasil menyabet gelar pertama di All England usai mengalahkan rival beratnya, Liu Yuchen/Ou Xuanyi.

Mulai dari sini, Kevin/Marcus menjelma jadi raksasa ganda putra dan semakin menunjukkan penampilan yang memukau di beberapa turnamen bulutangkis.

Puncaknya, terjadi pada 27 September 2017. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon kembali naik ke peringkat 1 dan mencatatkan sejarah menjadi ganda putra terlama di ranking BWF yakni selama 259 pekan.

Baca Juga

Sempat Menurun dan Mulai Bangkit

Penurunan performa Kevin/Marcus terjadi di November 2022. Takhta ranking 1 dunia kala itu resmi terenggut dari ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Pada turnamen bulutangkis musim 2022, Kevin/Marcus hanya mampu naik podium satu kali yakni keluar sebagai runner-up di Denmark Open usai takluk dari Fajar/Rian.

Baca Juga

Penurunan performa The Minions sendiri diakibatkan beberapa masalah seperti cedera yang mengharuskan pasangan ini absen di beberapa turnamen.

Alhasil, ranking BWF Kevin/Marcus semakin anjlok bahkan keluar dari top 20. Peringkat terendah The Minions terjadi di Maret 2023 yakni berada di ranking 26.

Namun, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon mulai bangkit usai Malaysia Masters yakni kembali ke top 20 ranking BWF dan bertengger di peringkat 17 dunia.

Baca Juga
Kevin SanjayaKevin Sanjaya/Marcus GideonMarcus Fernaldi GideonBulutangkisRanking BWF

Berita Terkini