x

Geger! Aldila Sutjiadi - Miyu Kato Didiskualifikasi dari French Open Gara-gara Pukul Bola ke Ball Girl

Senin, 5 Juni 2023 08:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Nasib apes dialami petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, bersama pasangan mainnya, Miyu Kato, dari Jepang, mereka didiskualifikasi dari French Open 2023. (Foto: Instagram@tennisindonesiaofficial)

INDOSPORT.COM - Nasib apes dialami petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi. Bersama pasangan mainnya, Miyu Kato, dari Jepang, mereka didiskualifikasi dari babak ketiga ganda putri Grand Slam French Open 2023.

Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato didiskualifikasi dari turnamen tersebut setelah Miyu Kato memukul bola mati hingga mengenai ball girl atau anak pemungut bola di pinggir lapangan.

Momen pahit tersebut dihadapi Aldila/Kato saat berhadapan dengan Marie Bouzkova/Sara Sorribes Tormo (Ceko/Spanyol) di Lapangan 14 Roland Garros, Paris, Prancis, Minggu (04/06/23).

Aldila/Kato yang jadi unggulan ke-16 di ajang tenis French Open 2023 tersebut kalah pada set pembuka melalui tiebreak 6-7 (1) tetapi mampu memimpin 3-1 pada set kedua.

Di tengah jalannya laga set kedua pada kedudukan 3-1 (30-30), Karo melepaskan bola ke arah belakangan lapangan pada akhir poin.

Baca Juga

Bola tersebut meluncur keras dan tidak sengaja mengenai ball girl. Meski kejadian tersebut tidak disengaja, namun ball girl tersebut merasa terguncang sampai menangis.

Hal ini mendorong wasit kursi Alexandre Juge mengeluarkan peringatan kepaa Aldila/Kato. Namun, Bouzkova/Sorribes Tormo yang tidak melihat kejadian tersebut mempertanyakan keputusan wasit.

Baca Juga

Bouzkova/Sorribes Tormo kemudian meminta wasit, penyelia dan direktur turnamen untuk mengambil tindakan tegas atas apa yang sudah dilakukan Miyu Kato.

Setelah 15 menit berdiskusi untuk merunut kronologi kejadian, akhirnya Aldila/Kato resmi didiskualisikasi alias tersingkir secara tidak hormat dari French Open 2023.

Sementara itu, Bouzkova/Sorribes Tormo melenggang ke perempat final French Open. Mereka akan kembali ke Roland Garros pada Senin (06/06/23) waktu setempat melawan Ellen Perez/Nicole Melichar-Martinez (Australia/Amerika).

Baca Juga

1. Miyu Kato Minta Maaf, Aldila: Comeback Stronger!

Aldila Sutjiadi juara WTA 250 Auckland. (Foto: Instagram@tennisindonesiaofficial)

Kejadian ini tidak hanya mengguncang ball kid yang terkenal pukulan bola, tetapi juga bagi Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato yang tengah berjuang mencetak sejarah di French Open 2023.

Selain itu, Aldila/Kato juga untuk pertama kalinya masuk list unggulan di Roland Garros tahun ini. Prediksi unggulan ini sudah mereka raih sejak Australian Open Januari lalu, yakni unggulan ke-16.

Setelah kejadian memukul bola mengenal ball girls, Miyu Kato mengunggah pesan permintaan maaf melalui akun resmi Twitter-nya.

Dalam pesannya, Miyu Kato juga menyampaikan dirinya tidak sengaja melakukan hal itu. Namun, dia tetap mendapatkan sanksi lanjutkan yakni kehilangan hadiah yang dan poin.

“Saya ingin meminta maaf dengan tulus kepada Ball Girl, partner saya Aldila&Team, & pendukung saya karena insiden yang tidak menguntungkan hari ini. Itu sama sekali tidak disengaja,” tulis Miyu Kato.

Baca Juga

“Akibatnya, saya dihukum oleh Roland Garros dengan kehilangan hadiah uang dan poin saya. Saya menghargai semua dukungan Anda yang terus-menerus!” tambahnya.

Sementara Aldila Sutjiadi melalui unggahan di story akun Instagram-nya mencoba menghibur Miyu Kato untuk bangkit di turnamen berikutnya.

Baca Juga
Aldila Sutjiadi menghiibur pasangan mainnya, Miyu Kato usai didiskualifikasi dari French Open 2023 (Roland Garros).

“Kita akan kembali lebih kuat Miyu Kato,” tulis Aldila yang memperlihatkan momen dirinya memeluk Kato.

Meski terusir dari nomor ganda putri, Aldila Sutjiadi masih akan melanjutkan kipahnya di French Open 2023 dengan tampil di nomor ganda campuran bersama petenis Belanda, Matwe Middelkoop.

Middelkoop/Aldila mencapai babak perempat final Roland Garros usai mengalahkan unggulan ketiga Giuliana Olmos (Meksiko)/Neal Skupski (Inggris) dengan skor akhir 6-2, 7-6 (9/7).

Baca Juga
Grand SlamRoland GarrosFrench OpenAldila SutjiadiTenisBerita Tenis

Berita Terkini