x

Lolos Semifinal Singapore Open 2023, Anthony Ginting Akui Performanya Semakin Membaik

Jumat, 9 Juni 2023 22:25 WIB
Editor: Juni Adi
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Anthony Ginting mengaku performanya di turnamen bulutangkis Singapore Open 2023 semakin membaik dari hari ke hari hingga akhirnya ia bisa lolos ke semifinal.

Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang masih bertahan di Singapore Open 2023. Tunggal putra andalan Merah Putih itu lolos ke semifinal usai mengalahkan wakil China, Li Shi Feng, di Singapore Indoor Stadium, Jumat (09/06/23).

Anthony Ginting menang lewat rubber game dengan skor 21-13, 16-21, 21-12. Ginting memulai gim pertama dengan baik. Tampil agresif, ia beberapa kali bisa mematahkan serangan tajam lawan.

Namun, Li Shi Feng mengubah pola permainan, sehingga Ginting gagal menyelesaikan laga dalam dua gim. Ginting berhasil merebut gim pertama dengan kemenangan 21-19.

Di gim kedua, Li Shi Feng yang tampil baik, tampaknya ia mampu memperbaiki kesalahan-kesalahannya. Sempat memberikan perlawanan, Ginting akhirnya menyerah 16-21.

Baca Juga

"Gim kedua ada perubahan pola lawan. Dia mempelajari permainan saya di gim pertama seperti apa. Saya malah masuk ke pola permainan lawan," kata Ginting usai pertandingan dalam keterangan tertulis PBSI.

"Memang sempat di interval, saya sebenarnya sudah bisa kembali ke pola permainan saya dan bisa mengejar. Tetapi perbedaan poin sudah terlalu jauh," tambahnya.

Baca Juga

Belajar dari kekalahan gim kedua, Ginting pun mencoba mengontrol permainan pada gim ketiga. Ia juga lebih sabar meladeni bola-bola Li Shi Feng, hingga menang 21-12.

"Gim ketiga saya harus lebih mengontol pola permainan seperti gim pertama. Saya lebih sabar dan harus lebih menyerang dulu. Ternyata berhasil," ujarnya.


1. Lawan Berat di Semifinal

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

Lolos ke semifinal, Anthony Ginting mengaku senang. Apalagi, penampilannya di turnamen BWF World Tour Super 750 ini terus membaik.

"Bersyukur dan senang karena saya menang. Tetapi tak hanya senang karena menang, performa saya di sini dari hari ke hari juga makin membaik dan lebih baik. Semoga besok saya bisa lebih baik lagi," tuturnya.

Di babak semifinal, Ginting yang merupakan unggulan kedua itu sudah ditunggu oleh Kunlavut Vitidsarn. Vitidsarn lolos usai menang atas Christo Popov di perempatfinal.

Menilik catatan head to head, Ginting tertinggal 2-3 dari Vitidsarn. Pada pertemuan terakhir di India Open 2023, Ginting kalah 25-27, 15-21 dari pebulutangkis Thailand itu.

Kendati demikian, tidak menghalangi tekad Ginting untuk terus bermain bagus dan mencapai final, demi bisa mempertahankan gelar juara Singapore Open yang tahun lalu ia dapatkan.

Baca Juga

Apalagi Ginting juga merasa nyaman tampil di Singapore Open, karena banyak penonton yang mendukung dirinya.

Ginting pun berharap ia bisa membayar dukungan itu dengan hasil dan penampilan yang lebih bagus pada semifinal Singapore Open 2023. 

Baca Juga

"Menghadapi laga semifinal, saya harus lebih siap lagi. Lawan pasti akan lebih kuat. Tetapi saya akan fokus ke diri sendiri. Juga pemulihan dan diskusi dengan pelatih," katanya.

"Kunlavut adalah salah satu pemain yang pintar, tak gampang dimatikan. Dia juga sangat sabar. Tentu besok, masing-masing sudah punya strategi," tambahnya.

"Saya senang tampil di sini. Seperti di Jakarta. Semua penonton mendukung saya. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik," tukasnya.

Baca Juga
Anthony GintingBulutangkisSingapore OpenBerita Bulutangkis

Berita Terkini