x

Merebak Isu ke Ganda Campuran, 3 Atlet Putri yang Cocok Jadi Pasangan Kevin Sanjaya

Jumat, 9 Juni 2023 03:09 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Juni Adi
Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Merebak isu bisa pindah ke ganda campuran, tiga atlet putri ini dirasa cocok untuk jadi pasangan baru Kevin Sanjaya yang sedang dihantui rapor jeblok bersama Marcus Gideon.

Seperti diketahui, raja bulutangkis yang pernah di puncak ranking BWF, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, memperpanjang rapor merah mereka usai terdepak di babak 16 besar Singapore Open 2023.

Bertanding di turnamen bulutangkis Super 750 itu, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon kalah dengan skor akhir 18-21 dan 9-21 dari wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Kamis (8/6/23).

Sebelum jeblok di Singapore Open 2023, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sejak musim 2022 memang sudah menunjukkan sinyal kesulitan untuk kembali ke podium juara.

Padahal sejatinya mereka adalah raja ganda putra yang pernah menapaki puncak ranking BWF nyaris lima tahun sebelum lengser per 13 September 2022.

Baca Juga

Awal mula penurunan performa pasangan berjuluk minions tersebut disinyalir berawal dari mental yang sempat goyah usai keduanya gagal membawa pulang medali Olimpiade Tokyo 2020.

Alasan lainnya disinyalir lantaran mereka sempat absen panjang usai Marcus Gideon mengalami masalah di kakinya dan harus naik meja operasi pada April 2022.

Saat comeback, kegagalan demi kegagalan harus dirasakan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon hingga ranking BWF mereka melorot. Puncaknya adalah kegagalan mengenaskan di Singapore Open 2023.

Baca Juga

Jika tak secepatnya membaik sebagai pasangan, desakan memisahkan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon disebut-sebut Badminton Lovers ( BL) bisa jadi opsi. Apalagi BL yakin jika mereka bisa tetap bersinar di masa depan.

Dilansir dari kolom komentar di instagram PBSI, ada juga yang ramai mendesak agar Kevin Sanjaya bisa kembali memperkuat sektor ganda campuran. Salah satunya adalah komentar berikut.

Jeblok di Sinapore Open 2023, Kevin Sanjaya didesak Badminton Lovers pindah sektor ganda campuran, Sumber: Instagram @badminton.ina.

Kevin Sanjaya memang pernah berjaya di ganda campuran. INDOSPORT mencoba menganalisis tiga pemain putri yang dirasa cocok jadi partner Kevin Sanjaya andai banting setir ke ganda campuran.

Baca Juga

1. 3 Kandidat Pasangan XD Kevin Sanjaya

Dengan segala alasannya, tiga pemain putri yang dirasa cocok dipasangkan dengan Kevin Sanjaya di ganda campuran (XD) salah satunya adalah Indah Cahya Sari Jamil.

Dengan segala alasannya, tiga pemain putri yang dirasa cocok dipasangkan dengan Kevin Sanjaya di ganda campuran (XD)  adalah Indah Cahya Sari Jamil, Apriyani Rahayu, dan Siti Fadia Silva Ramadhanti.

1. Indah Cahya Sari Jamil

Lahir di Makassar 16 Maret 2002, Indah Cahya Sari Jamil dirasa jadi pasangan yang cocok untuk Kevin Sanjaya seandainya dia banting setir ke ganda campuran usai jeblok dengan Marcus Gideon di Singapore Open 2023.

Bukan tanpa alasan mengapa Indah Cahya Sari Jamil disebut-sebut bisa jadi tandem pas untuk Kevin Sanjaya di ganda campuran.

Indah Cahya Sari Jamil tak cuma gesit di depan net, namun dia juga bisa jadi penggebuk ganas dengan pengalamannya yang pernah menyeberang ke ganda putri.

Jika dipadukan dengan Kevin Sanjaya yang juga gesit di depan net, Indah Cahya Sari Jamil agaknya bisa saling melengkapi untuk jadi perpaduan unik ganda campuran.

Baca Juga

Faktor lainnya, Indah Cahya Sari Jamil sejak beberapa waktu lalu memang dirasa belum memiliki pasangan yang pas untuknya begitu merambah ke level senior.

Ya, sejak berpisah dengan Leo Rolly Carnando usai menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2018 dan 2019, Indah Cahya Sari Jamil kerap kali bergonta-ganti pasangan.

Baca Juga

Tahun 2019, pebulutangkis yang sedang merajut di ranking BWF itu pernah dipasangkan dengan Ghiffari Anandaffa. Tahun berganti, pada 2020 dia dipasangkan dengan Teges Satriaji dan Siti Sarah Azzahra.

Setelah itu pasangan Indah Cahya Sari Jamil Ghana Muhanmmad Al Ilham (2022), Adnan maulana (2022), dan akhirnya Rafli Ramanda (2023).

Bukan tidak mungkin jika Kevin Sanjaya akan jadi pasangan klop Indah Cahya Sari Jamil yang berusaha menemukan sejolinya di ganda campuran. Bisakah terajut setelah Singapore Open 2023?

Baca Juga

2. Apriyani Rahayu hingga Siti Fadia

Apriyani Rahayu hingga Siti Fadia Silva Ramadhanti bisa jadi tandem pas bagi Kevin Sanjaya jika beralih ke ganda campuran.

2. Apriyani Rahayu

Apriyani Rahayu bisa jadi pilihan lain untuk ditandemkan dengan Kevin Sanjaya yang didesak BL pindah ke ganda campuran usai jeblok dengan Marcus Gideon di Singapore Open 2023.

Apriyani Rahayu saat ini memang lebih dikenal sebagai pemain ganda putri. Dengan Greysia Polii, dia gacor mencatat sejarah meraih emas Olimpiade 2020. Terkini dengan Siti Fadia , mereka ganas menembus top lima ranking BWF.

Namun sebelum ke ganda putri, Apriyani Rahayu sejatinya pernah bermain di ganda campuran. Dia pernah menyabet perunggu Kejuaraan Dunia Junior ganda campuran 2015 dengan Fachryza Abimanyu.

Apriyani Rahayu juga pernah menyabet perunggu Kejuaraan Asia Junior 2016 dengan pebulutangkis top ganda campuran Rinov Rivaldy.

Sementara secara faktor teknisnya, Apriyani Rahayu memiliki power kuat yang mampu mengcover area depan maupun belakang, dan dirasa pas jika berpadu dengan Kevin Sanjaya di ganda campuran.

Terlebih lagi untuk saat ini, Apriyani Rahayu sedang mengalami deraan kekalahan dengan Siti Fadia, sehingga bermain rangkap bisa jadi opsi untuk memperkaya teknik dan kekuatan menuju Olimpiade 2024.

3. Siti Fadia Silva Ramadhanti

Sebagai tandem Apriyani Rahayu di ganda putri untuk saat ini, tentunya problem yang dialami Siti Fadia Silva Ramadhanti juga sama. Mereka akhir-akhir ini sedang kesulitan ke podium satu lagi.

Seruan bermain rangkap pun menyeruak, apalagi Siti Fadia Silva Ramadhanti berpengalaman di ganda campuran sebagai peraih dua perak Kejuaraan Dunia Junior 2017 dan 2018 dengan Rehan Naufal.

Mari dinantikan akan seperti apa seandainya Kevin Sanjaya benar-benar berpadu dengan Indah Cahya Sari Jamil, atau Apriyani Rahayu, hingga Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda campuran. 

Meskipun rasanya memang harus diakui jika Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan tipis peluang untuk dipisah atau bahkan menyeberang ke sektor lain. Apalagi saat ini sudah dimulai perburuan poin kualifikasi Olimpiade 2024.

Kevin SanjayaKevin Sanjaya/Marcus GideonTRIVIABulutangkisSingapore OpenBerita BulutangkisRanking BWF

Berita Terkini