x

Apa Kabar Rony Agustinus? Legenda Bulutangkis Indonesia yang Direnggut Korsel

Selasa, 20 Juni 2023 05:49 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mengintip kabar terkini Rony Agustinus, legenda tunggal putra Indonesia yang direnggut untuk melatih pelatnas Asosiasi Bulutangkis Korea Selatan (BKA).

INDOSPORT.COM – Mengintip kabar terkini Rony Agustinus, legenda tunggal putra Indonesia yang direnggut untuk melatih pelatnas Asosiasi Bulutangkis Korea Selatan (BKA).

Menilik kabar terbarunya, Rony Agustinus sejak Juli 2022 dipercaya menjabat sebagai kepala pelatih tunggal Korea Selatan.  Bisa dibilang saat-saat ini adalah masa kegemilangannya.

Bagaimana tidak? Rony Agustinus saat ini bisa dibilang sebagai salah satu pelatih paling berkontribusi besar pada kesuksesan An Se-young menapaki top dua di ranking BWF tunggal putri.

Memang harus diakui jika An Se-young yang sudah mengganas sejak junior, menjadi semakin sulit dikalahkan dari hari ke hari, termasuk sejak kedatangan Rony Agustinus.

Di musim 2023 contohnya, murid Rony Agustinus tersebut bahkan nyaris ke final dari seluruh turnamen bulutangkis yang diikuti.

Baca Juga

Dari data BWF, dari delapan final turnamen bulutangkis di musim 2023, An Se-young menapaki tujuh final turnamen dengan lima gelar juara.

Lima gelar juara An Se-young adalah India Open (S750), Indonesia Masters (S500), All England (S1000), Thailand Open (S500), dan Singapore Open (S750).

Statistik yang mencatatkan nama An Se-young sebagai pengoleksi lengkap gelar juara turnamen dari berbagai level musim ini, mulai dari Super 300 sampai Super 1000.

Baca Juga

Saat ini Rony Agustinus yang bersinar di Korea Selatan, memiliki pertaruhan keramat lain untuk mengantarkan tunggal putra Negeri Gingseng ke top ranking BWF seperti An Se-young di tunggal putri.

Tentu dengan reputasinya sebagai legenda bulutangkis tunggal putra Indonesia, Rony Agustinus bisa mengemban misi itu dengan baik.

Di halaman berikutnya, perjalanan hidup Rony Agustinus dari seorang pemain hingga keputusannya hijrah sebagai pelatih di luar Indonesia akan dipaparkan secara lengkap.

Baca Juga

1. Rony Agustinus, Legenda Indonesia yang Malang-melintang

Rony Agustinus, Legenda Indonesia yang malang-melintang ke berbagai negara.

Di balik kehebatannya sebagai pelatih bagi sejumlah pebulutangkis top di ranking BWF seperti An Se-young, Rony Agustinus memiliki riwayat perjalanan karier yang berliku dan luar biasa.

Rony Agustinus dulunya pernah menghuni pelatnas PBSI sebagai tunggal putra. Dia dulu disebut sebagai rival berat Taufik Hidayat.

Beberapa gelar yang didapat oleh Rony Agustinus adalah perak Kejuaraan Asia Bulutangkis 2000, perunggu SEA Games 1999 dan 2001 hingga runner-up Malaysia Open 2001.

Sementara di event beregu, pria kelahiran 7 Oktober 1978 itu turut mengantarkan Indonesia menyabet medali emas SEA Games 1999, juara Piala Thomas 2002, hingga perak Asian Games 2002.

Beberapa waktu berselang, Rony Agustinus memutuskan untuk gantung raket atau pensiun. Dia kemudian mulai menjajal profesi baru sebagai pelatih.

Baca Juga

Dia pernah menjabat sebagai pelatih di pelatnas PBSI pada tahun 2008 hingga 2012. Saat itu Rony Agustinus menjadi pelatih bagi sektor tungal putra dan putri PBSI.

Rony Agustinus menukangi nama-nama pebulutangkis top di ranking BWF seperti Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, dan lain-lain.

Baca Juga

Usai kontraknya tak diperpanjang oleh PBSI, Rony Agustinus kemudian dipinang oleh Malaysia dan menjabat sebagai pelatih pada periode 2013 sampai 2018.

Dia kemudian berpetualang lagi ke Vietnam pada periode 2019. Sempat pulang ke Indonesia karena virus Covid-19, Rony Agustinus melanjutkan petualangan ke Korea Selatan.

Berstatus sebagai legenda bulutangkis Indonesia, agaknya kini Rony Agustinus bersinar terang di Tanah Korea Selatan membimbing An Se-young dan kawan-kawan.

Baca Juga

2. Dekat dengan Para Murid

Rony Agustinus (kanan), pelatih buutangkis Indonesia, yang terkenal dekat dengan para murid.

Sebagai pelatih, reputasi Rony Agustinus tak hanya diukur dari prestasinya mengantarkan para murid juara, namun juga karena atitudenya.

Rony Agustinus diketahui sebagai seorang pelatih bulutangkis ramah yang sangat dekat dengan murid-muridnya, seperti An Se-young.

Sosok An Se-young yang perkasa di ranking BWF itu bahkan beberapa kali mengunggah momen kebersamaannya dengan Rony Agustinus.

Seperti unggaah di instagramnya pada awal Januari lalu. Saat menjuarai India Open 2023, An Se-young begitu cair saat berfoto dengan pelatih Rony Agustinus dan Sung Ji-hyun.

Saat itu, An Se-young juga menuliskan sebuah kalimat menyentuh untuk Rony Agustinus dan jajaran pelatih bulutangkis Korea Selatan yang mengantarkannya meraih gelar juara,

 

“Terima kasih kepada direktur dan pelatih yang memungkinkan saya menerima keberuntungan di tahun baru,” tulis An Se-young.

“dan terima kasih kepada semua orang yang mendukung saya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk menikmatinya sebanyak mungkin di masa depan,” pungkasnya.

Bersinar di negeri orang dari Tanah Malaysia, Vietnam, hingga kini Korea Selatan, tentunya menjadi kabar membahagiakan bagi Rony Agustinus untuk fans.

Meskipun pastinya fans dari Indonesia ada tersirat harapan jika sang legenda bulutangkis Merah Putih itu bisa kembali mengabdikan ilmunya di Tanah Air.

Korea SelatanAsosiasi Bulutangkis KoreaBulutangkisAn Se-youngBerita Bulutangkis

Berita Terkini