x

Profil dan Agama Chico Aura: Putra Kebanggaan Papua Finalis Taipei Open 2023

Minggu, 25 Juni 2023 10:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Profil dan agama Chico Aura Dwi Wardoyo, salah satu wakil Indonesia di Taipei Open 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Profil dan agama Chico Aura Dwi Wardoyo, tunggal putra Indonesia peringkat 23 ranking BWF yang menjadi finalis Taipei Open 2023.

Turnamen bulutangkis Taipei Open 2023 masih berlangsung hingga hari ini, Minggu (25/06/23) yang sudah memasuki babak final.

Indonesia berhasil mengirimkan dua wakilnya ke partai puncak yakni Chico Aura Dwi Wardoyo dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Bertanding di sektor tunggal putra, Chico Aura dijadwalkan menghadapi pemain nonunggulan Chinese Taipei, Su Li Yang.

Di order of play final Taipei Open 2023, pertandingan keduanya digelar di urutan ketiga, sebelum pasangan ganda putri Indonesia Fabriana/Amalia tampil.

Baca Juga

Febriana/Amalia sendiri berhadapan dengan ganda putri asal Korea Selatan, Lee Yu-lim/Shin Seung-chan di order of play keempat.

Untuk Chico Aura, berada di final Taipei Open 2023 menjadi salah satu pencapaian terbaiknya selama berkompetisi di turnamen-turnamen BWF World Tour tahun ini.

Baca Juga

Sebelumnya, ia juga mencapai final Indonesia Masters 2023 pada bulan Januari, namun harus kandas di tangan rekan senegara sendiri, Jonatan Christie.

Kini, Chico Aura kembali menginjakkan kakinya di final untuk memburu gelar perdananya untuk tahun 2023.

Sang lawan yakni Su Li Yang, merupakan pemain nonunggulan Taipei Open 2023 dan saat ini berada di peringkat 116 ranking BWF tunggal putra.

Baca Juga

1. Sekilas Profil dan Agama Chico Aura

Profil dan agama Chico Aura Dwi Wardoyo, salah satu wakil Indonesia di Taipei Open 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Bicara soal profil dan agama Chico Aura Dwi Wardoyo, pebulu tangkis yang satu ini merupakan pemain asal Papua kelahiran 15 Juni 1998.

Ia mengawali kariernya dengan bergabung ke PB Cenderawasih, yang dulu masih bernama PB Pemda, lalu pindah ke PB Exist Jakarta pada tahun 2013.

Pada tahun 2015, Chico Aura kemudian dipanggil untuk mengikuti program magang Pelatnas PBSI di Cipayung.

Meski belum jadi pemain tetap dan masih butuh belajar, saat itu ia sudah memenangkan turnamen Djarum Sirnas seri kedelapan Padang dan Astec Open Jakarta.

Dengan kata lain, Chico Aura adalah salah satu pemain yang layak diperhitungkan untuk menetap di Pelatnas PBSI.

Baca Juga

"Senang sekali karena sebelumnya tidak menyangka bisa dipanggil ke Pelatnas Cipayung walaupun hanya berstatus magang,” ucapnya kala itu, dikutip dari djarumbadminton.com.

Perjuangan Chico Aura pun membuahkan hasil. Satu tahun setelah bergabung, ia meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Junior 2016 di Bilbao, Spanyol.

Baca Juga

Kala itu, ia ditekuk pebulu tangkis asal China, Sun Feixiang, dengan dua gim langsung 19-21, 12-21. Namun kini Chico Aura terus berevolusi dari tahun ke tahun.

Ia mencatatkan debut di Piala Thomas 2020, mencapai final pertamanya di Spain Masters 2021, dan meraih gelar tur dunia perdananya di Malaysia Masters 2022.

Selain itu, anak kedua dari tiga bersaudara ini juga mengantongi medali perunggu di Kejuaraan Asia 2022.

Baca Juga

2. Mengenal Lebih Dekat Chico Aura

Profil dan agama Chico Aura Dwi Wardoyo, salah satu wakil Indonesia di Taipei Open 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Lalu di kategori beregu, pebulu tangkis beragama Islam ini juga berhasil meraih medali perunggu di SEA Games 2021 dan Badminton Asia Team Championships 2022.

Kemudian di SEA Games 2023, Chico Aura juga turut mengantarkan tim bulutangkis putra Indonesia meraih medali emas.

Sementara itu, di nomor individu, ia mendapat medali perak setelah gagal mengalahkan sesama wakil Tanah Air, Christian Adinata, 12-21, 21-18, 18-21.

Chico Aura adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sang adik, Ester Nurumi Tri Wardoyo, merupakan pebulu tangkis tunggal putri Indonesia yang menghuni peringkat 55 ranking BWF.

Chico Aura kini sudah menjelma sebagai salah satu andalan Indonesia di sektor tunggal putra bersama Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Tentu patut dinanti akan seperti apa sepak terjang pemain yang pernah bertengger di peringkat 15 ranking BWF ini setelah tampil di final Taipei Open 2023.

Sejauh ini, ia sudah mencatat keunggulan 1-0 secara head to head dengan sang lawan di final tunggal putra Taipei Open 2023.

Pertemuan pertama sekaligus satu-satunya antara dua pemain ini terjadi di babak kualifikasi Taipei Open 2018.

Saat itu, Chico Aura menang dua gim langsung dengan skor akhir 21-17, 21-16, dan berhasil melaju ke putaran utama, namun kemudian gugur di tangan Lee Zii Jia di 16 besar.

Pertandingan final Taipei Open 2023 digelar di Tian-Mu Arena mulai pukul 12.00 waktu setempat atau 11.00 WIB. 

Chico Aura Dwi WardoyoBulutangkisBerita BulutangkisIndepthTaipei OpenTaipei Open 2023

Berita Terkini