x

Bobby Setiabudi, Bintang PBSI di Piala Suhandinata yang Diisukan Membelot ke Ganda Putra

Senin, 26 Juni 2023 21:53 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Mengenal Bobby Setiabudi, bintang bulutangkis tunggal putra PBSI di Piala Suhandinata 2019 yang diisukan menyeberang ke ganda putra.

INDOSPORT.COM – Mengenal Bobby Setiabudi, bintang bulutangkis tunggal putra PBSI di Piala Suhandinata 2019 yang diisukan menyeberang ke ganda putra.

Siapa yang tak kenal dengan Bobby Setiabudi? Tunggal putra utama PBSI yang namanya melejit ketika menjadi pahlawan tim junior Indonesia di Piala Suhandinata 2019.

Kala itu, Bobby tampil di babak semifinal turun di nomor tunggal putra dan berhasil menjadi pahlawan kemenangan kala Indonesia berhadapan dengan Thailand.

Pebulutangkis yang saat ini genap berusia 22 tahun itu sukses mengalahkan tunggal putra junior nomor satu dunia, Kunlavut Vitidsarn dengan skor 6-21, 22-20, 21-16.

Dengan hasil ini, tim bulutangkis junior Indonesia berhak melaju ke final Piala Suhandinata 2019 usai mengalahkan Thailand dengan skor ketat 3-2.

Baca Juga

Raihan gemilang tim Indonesia di bawah naungan PBSI itu dicatatkan di babak final usai mengalahkan China dengan skor 3-1 dan berhasil memboyong Piala Suhandinata untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Usai menjadi bagian tim junior Indonesia di Piala Suhandinata, Bobby Setiabudi tampil cukup menjanjikan di beberapa kejuaraan bulutangkis.

Baca Juga

Tercatat, di musim 2019, Bobby sukses menyabet satu gelar juara di Malaysia Junior International Challenge serta dua runners-up di Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix dan BTY Junior International Challenge.

Namun, penampilannya bisa terbilang naik turun di beberapa turnamen bulutangkis usai musim 2019. Pada 2020, tunggal putra PBSI itu sama sekali tak mampu untuk naik podium.

Ia baru kembali merasakan podium kembali pada musim 2021 dengan menyabet gelar juara di Bahrain International Series usai mengalahkan wakil Hong Kong, Chan Yik Chan.

Baca Juga

1. Diisukan Membelot ke Ganda Putra

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Bobby Setiabudi di laga SEA Games 2021. Foto: PBSI

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, PBSI diterpa isu tak sedap terkait dengan tunggal putra yang dikabarkan terdegradasi yakni Yonathan Ramlie.

Hal ini disebabkan oleh merosotnya performa Yonathan di beberapa turnamen bulutangkis. Ia bahkan belum pernah mencicipi gelar juara sejak datang ke PBSI.

Sementara itu, badminton lovers lainnya juga menyoroti Bobby Setiabudi yang namanya melambung berkat performa apiknya di Piala Suhandinata 2019.

Bobby yang menjadi pahlawan di Piala Suhandinata 2019 itu semakin tertinggal penampilannya usai meraih juara di Bahrain International Challenge 2021.

Bagaimana tidak, Bobby yang saat ini menduduki peringkat 145 ranking BWF itu kalah jauh dari rekan seangkatan, Christian Adinata yang sukses melejit tembus top 50.

Baca Juga

Namun, di tengah spekulasi badminton lovers terkait dengan degradasi, Bobby Setiabudi terlihat masih berlatih di PBSI dan kerap tampil bersama dengan ganda putra.

Sebagaimana unggahan akun Twitter badminton lovers @stefanyvonne pada 13 Mei lalu, Bobby berfoto dengan ganda putra veteran Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di PBSI.

Baca Juga

Sementara itu, dalam unggahan penggemar bulutangkis lainnya, Bobby Setiabudi juga terlihat berlatih bersama ganda putra Indonesia seperti Nikolaus Joaquin.

Akan tetapi, spekulasi kepindahan Bobby ke ganda putra masih menjadi isu panas di kalangan penggemar karena PBSI tak memberikan pernyataan secara resmi.

Apalagi, Bobby saat ini absen di beberapa turnamen bulutangkis. Ajang terakhir yang ia ikuti adalah Vietnam International Challenge yang dihelat Maret lalu.

Baca Juga

2. Bobby Bisa Gabung Ganda Putra?

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Bobby Setiabudi di laga SEA Games 2021. Foto: PBSI

Setelah merebak isu Bobby Setiabudi bergabung dengan ganda putra Indonesia. Mari mengulas secara singkat peluang bintang Piala Suhandinata itu bergabung di bawah asuhan Herry Iman Piengardi.

Bobby Setiabudi sendiri belum pernah menjajal ganda putra. Pebulutangkis binaan PB Djarum itu memang selalu tampil di sektor tunggal dari level junior.

Sebetulnya, peluang Bobby untuk menyeberang ke ganda putra terbilang sangat kecil. Mengingat persiangan di sektor ini sangat ketat di PBSI.

Ganda putra sendiri memiliki tiga wakil di top 10 ranking BWF yakni ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Apalagi usia Bobby Setiabudi juga sudah tak belia lagi. Jika dipasangkan dengan pemain junior, akan sulit baginya untuk bersaing di jajaran top dunia.

Oleh sebab itu, hampir mustahil baginya untuk menjadi salah satu bagian dari ganda putra PBSI meski isu ini ramai diperbincangkan di media sosial.

Namun, bukan hal yang mustahil tentunya bagi Bobby Setiabudi untuk ke ganda putra jika ia memiliki potensi. Apalagi, kiprahnya di tunggal putra juga tengah menurun.

PBSIIn Depth SportsBulutangkisBobby SetiabudiPiala SuhandinataIndepth

Berita Terkini