x

Novak Djokovic di Wimbledon 2023, Usung 3 Misi Penting yang Bisa Guncang Dunia

Jumat, 30 Juni 2023 22:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Novak Djokovic akan berjuang di Wimbledon 2023. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic siap bertarung habis-habisan di turnamen tenis Grand Slam Wimbledon 2023, yang digelar pada bulan Juli ini.

Pertarungan petenis asal Serbia tersebut di edisi tahun ini pun diprediksi berlangsung seru, karena ia sedang memburu sejumlah misi penting untuk CV-nya.

Gelar Beruntun

Novak Djokovic di Wimbledon 2023 akan memburu gelar kelimanya secara beruntun, setelah empat kali menjadi juara pada 2018, 2019, 2021, dan 2022.

Statusnya sebagai juara bertahan di Wimbledon 2023 otomatis menempatkannya sebagai salah satu kandidat peraih gelar di sektor men's singles.

Ia menjadi unggulan kedua di ajang ini, di bawah Carlos Alcaraz (Spanyol) dan mengungguli Daniil Medvedev di urutan ketiga.

Baca Juga

Novak Djokovic akan mengawali perjuangannya di Wimbledon 2023 dengan menghadapi kontestan nonunggulan asal Argentina, Pedro Cachin, di babak pertama.

Berada di lower bracket, kans pertemuannya dengan Carlos Alcaraz pun berpotensi terjadi di babak-babak pamungkas.

Baca Juga

Jika benar-benar terjadi, tentunya akan menjadi tontonan yang sangat menarik bagi para penikmat dan penggemar tenis di seluruh dunia.

Sebagai pengingat, tahun lalu di Wimbledon 2022, Novak Djokovic berhadapan dengan Nick Kyrgios yang mendapat tiket lumayan cuma-cuma dari Rafael Nadal yang w/o.

Tentunya patut dinanti, apakah tahun ini Novak Djokovic akan melangkah jauh sampai partai puncak seperti empat edisi beruntun sebelumnya?

Baca Juga

1. Dua Misi Penting Lainnya

Novak Djokovic akan berjuang di Wimbledon 2023. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Grand Slam Lagi! Makin Kangkangi Rafael Nadal

Selain berburu gelar kelima secara beruntun, Novak Djokovic tentu akan membidik gelar Grand Slam ke-24 di Wimbledon 2023.

Sebelumnya, ia sudah merengkuh gelar Grand Slam ke-23 setelah mengalahkan Casper Ruud di final French Open pada 11 Juni lalu.

Bahkan pada awal tahun, petenis kelahiran Belgrade ini juga memenangkan Australian Open setelah mengalahkan Stefanos Tsitsipas di partai puncak.

Dengan hasil impresif ini, bukan tidak mungkin ia akan memborong seluruh gelar Grand Slam 2023, jika langkahnya di Wimbledon dan US Open nanti berlangsung mulus.

Apabila berhasil juara di Wimbledon 2023, Novak Djokovic akan sekali lagi mengangkangi sang rival, Rafael Nadal, yang sampai detik ini masih terjebak di 22 gelar Grand Slam.

Baca Juga

Petenis asal Spanyol tersebut bahkan harus mundur dari French Open, meski ia adalah penguasa dan raja besar di turnamen tanah liat tersebut.

Seiring situasi Rafael Nadal yang sedang tidak bugar, Novak Djokovic pun berhasil mengambil peluang dan mengubahnya menjadi kejayaan di Roland-Garros.

Baca Juga

Perang Puncak Ranking ATP

Kemudian, di Wimbledon 2023 ada hal menarik lainnya dari Novak Djokovic yang tentunya sayang bila dilewatkan.

Adalah persaingan sengitnya dengan petenis muda asal Spanyol yang tahun lalu mengguncang jagat tenis ATP, Carlos Alcaraz Garfia.

Keduanya, untuk saat ini terlibat dalam persaingan super ketat dalam daftar ranking ATP. Mereka pun saling sikut-menyikut untuk jadi si nomor satu.

Baca Juga

2. Menuju Wimbledon 2023

Novak Djokovic akan berjuang di Wimbledon 2023. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Berdasarkan pemeringkatan ranking ATP per 26 Juni 2023, Carlos Alcaraz saat ini bertengger di posisi puncak dengan 7.675 poin.

Ia baru saja menjuarai The Queen's Club Championships 2023 usai mengalahkan Alex de Minaur di final.

Kemenangan itu kemudian menambah 500 angka di pundi-pundi poinnya. Selain itu, posisi Carlos Alcaraz pun beruntung karena ia tidak mengalami minus poin pada pekan ini.

Dengan demikian, ia berhasil menggusur Novak Djokovic ke peringkat dua ranking ATP karena seniornya itu tidak berpartisipasi di turnamen apa pun sejak French Open 2023.

Novak Djokovic sekarang bertengger di peringkat dua ranking ATP dengan 7.595 poin, sedangkan Daniil Medvedev menyusul di tempat ketiga dengan 5.890 poin.

Tidak ayal, hasil Novak Djokovic dan Carlos Alcaraz Garfia di Wimbledon 2023 akan berpengaruh pada pergerakan ranking ATP mereka selanjutnya.

Jika Novak Djokovic yang menang, ia akan mewujudkan tiga misi besar yakni juara lima kali beruntun, tambahan gelar Grand Slam, dan peningkatan poin krusial di ranking ATP. Akankah berhasil?

10 Besar Daftar Unggulan Wimbledon 2023

1. Carlos Alcaraz Garfia

2. Novak Djokovic

3. Daniil Medvedev

4. Casper Ruud

5. Stefanos Tsitsipas

6. Holger Rune

7. Andrey Rublev

8. Jannik Sinner

9. Taylor Fritz

10. Frances Tiafoe

Grand SlamWimbledonNovak DjokovicTenisBerita TenisIndepth

Berita Terkini