x

Tunggal Putra Indonesia Kian Dominan di Ranking BWF, Legenda Ardy B.Wiranata Ikut Bersuara

Selasa, 4 Juli 2023 19:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Meroketnya Jonatan Christie hingga Anthony Ginting di ranking BWF tunggal putra, membuat legenda bulutangkis Ardy Bernardus Wiranata ikut buka suara.

INDOSPORT.COM – Meroketnya Jonatan Christie hingga Anthony Ginting di ranking BWF tunggal putra, membuat legenda bulutangkis Ardy Bernardus Wiranata ikut buka suara.

Jika flashback sejenak, dalam beberapa waktu lalu, sektor bulutangkis tunggal putra hanya didominasi oleh nama-nama tertentu di ranking BWF.

Contohnya saja, raja bulutangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota, yang mendominasi BWF World Tour musim 2018 hingga 2020.

Kemudian Viktor Axelsen dari Denmark yang berganti mendominasi perolehan tabel gelar tunggal putra pada musim 2021 hingga 2022.

Hanya saja, keterkejutan besar terjadi di tahun 2023. Di musim 2023, tunggal putra menjadi sektor yang paling kompetitif, di mana tidak ada pemain yang terlalu mendominasi perolehan gelar.

Baca Juga

Di tahun 2023 ini, para tunggal putra dari berbagai negara silih berganti menyegel gelar juara, dan tiga di antaranya adalah dari Indonesia.

Tunggal putra Indonesia yang mempersembahkan gelar juara di tahun ini adalah Jonatan Christie (Indonesia Masters), Anthony Ginting (Singapore Open), dan Chico Aura Dwi Wardoyo (Taipei Open).

Persembahan gelar dari Jonatan Christie, Anthony Ginting, dan Chico Aura ini membuat tunggal putra Indonesia untuk sementara mendominasi di ajang BWF World Tour pada musim 2023.

Baca Juga

Meskipun catatannya, tabel perolehan gelar ini masih belum diklasifikan ke kategori turnamen. Terlepas dari itu, perolehan gelar di BWF World Tour, rupanya juga ikut membuat ranking BWF tunggal putra Indonesia kian mengerikan.

Dalam update ranking BWF per Selasa (4/7/23), Anthony Ginting berada di top dua ranking BWF, Jonatan Christie di ranking sembilan, dan Chico Aura Dwi Wardoyo di top 18.

Kondisi tunggal putra yang tentunya sangat cerah dalam masa untuk menghadapi Olimpiade 2024, hingga legenda bulutangkis tunggal putra, Ardy B.Wiranata ikut bersuara.

Baca Juga

1. Legenda Ardy B. Wiranata Bersuara

Legenda Ardy B. Wiranata bersuara soal prestasi tunggal putra Indonesia saat ini.

Saat dihubungi secara ekslusif oleh tim redaksi berita INDOSPORT.COM pada Rabu (28/6/23), legenda bulutangkis Ardy B.Wiranata ikut memberikan komentarnya soal prestasi tunggal putra Indonesia.

Sebagai tunggal putra yang pernah berada di ranking satu BWF, Ardy B. Wiranata sangat mengapresiasi pencapaian tunggal putra Indonesia saat ini yang dianggap berada di 'jalur benar.'

“Anthony Ginting sekarang ada di ranking dua dunia, itu sangat bagus. Jojo (Jonatan Christie) juga ada di ranking sembilan," ucap Ardy B. Wiranata.

“Dari top ten ada dua (atlet Indonesia di sana) kan cukup bagus,” sambungnya memberikan penilaian pada prestasi tunggal putra Indonesia.

Sementara ketika ditanya seberapa besar peluang Anthony Ginting, Jonatan Christie, dan tunggal putra Indonesia menuju Olimpiade 2024, Ardy B. Wiranata ikut optimis pada juniornya itu.

Baca Juga

“Saya sih optimis mereka (tunggal putra Indonesia) bisa raih medali di Olimpiade (2024),” terang Ardy B. Wiranata.

Sebagai legenda bulutangkis Indonesia dengan segala pengalamannya termasuk meraih medali perak Olimpiade Barcelona 1992, Ardy B. Wiranata tak luput untuk memberikan wejangan.

Menurut pria kelahiran 10 Februari 1970 tersebut, Anthony Ginting cs hanya perlu konsisten bekerja keras dan bermain apik untuk bisa menghadapi persaingan di masa depan.

Baca Juga

“Cuma konsisten yang saya yakin bisa membuat mereka lebih bagus prestasinya,” saran Ardy B. Wiranata untuk atlet-atlet Indonesia.

Ardy B. Wiranata dulunya merupakan salah satu tunggal putra terbaik Indonesia dengan segala gelar gemilang, sebelum akhirnya pensiun pada 1998 dan memutuskan hijrah ke Kanada.

Bisakah Anthony Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura, dan tunggal putra Indonesia lainnnya tampil konsisten di masa depan seperti saran Ardy B. Wiranata? Mari dinanti bersama.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingJawa BaratJonatan ChristieArdy B WiranataChico Aura Dwi WardoyoBulutangkisBerita BulutangkisRanking BWF

Berita Terkini