ā˜°
x

Apa Kabar Setyana Mapasa? 'Buangan' PBSI yang Bawa Australia Juara Canada Open

Kamis, 6 Juli 2023 11:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Setyana Mapasa, pebulutangkis kelahiran Indonesia yang kini membela negara Australia, dan pernah juara Canada Open 2019.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Setyana Mapasa? Atlet bulutangkis 'buangan' Indonesia yang justru mengibarkan bendera Australia saat juara Canada Open 2019 lalu.

Turnamen bulutangkis Canada Open 2023 sedang berlangsung di Markin MacPhail Centre, Kanada, 4-9 Juli 2023. Agenda ini naik level menjadi BWF Super 500.

Tahun ini Indonesia hanya mengirimkan satu wakil saja, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Namun melihat edisi sebelumnya, cukup banyak wakil Indonesia di Canada Open.

Bahkan, ada juga pebulu tangkis Indonesia yang justru membela Australia di Canada Open. Sosok itu adalah Setyana Mapasa, atlet kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara.

Saat ini pun, Setyana Mapasa mewakili Australia di Canada Open 2023. Dia turun di dua sektor, yakni ganda putri dan ganda campuran.

Baca Juga

Sayangnya, Angela Yu/Setyana Mapasa gugur di babak 32 besar. Demikian pula di sektor ganda campuran, pasangan Jack Yu/Setyana Mapasa langsung terhenti di babak awal.

Setyana gagal mengulang kejayaannya saat menjuarai Canada Open 2016 dan 2019 lalu. Kala itu ia bisa mengibarkan bendera Australia karena berpasangan dengan Gronya Somerville.

Baca Juga

Tahun 2019, perjuangan pasangan Setyana Mapasa/Gronya Somerville tidak mudah. Di babak pertama, mereka bisa mengalahkan wakil China, kemudian pemain Chinese Taipei.

Beranjak ke babak perempat final, Setyana Mapasa/Gronya Somerville ketiban durian runtuh saat lawan asal Kanada walk out.

Memasuki semifinal, Setyana Mapasa/Gronya Somerville dihadapkan pada ganda China, Huang Jia/Yu Xiaohan. Mereka menang dengan skor sengit 21-19, 21-19.

Baca Juga

1. Kilas Balik Setyana Mapasa/Gronya Somerville

Pasangan Australia, Gronya Somerville/Setyana Mapasa. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

Saat Setyana Mapasa dicoret PBSI karena cedera, ia memutuskan hijrah ke Australia pada 2014. Setelah memiliki paspor Australia, ia berduet dengan Gronya Somerville.

Salah satu pencapaianĀ Mapasa/Somerville adalah juara Canada Open 2016, dan mengulang sejarah saat melaju ke final Canada Open 2019.

Di babak final, Mapasa/Somerville dihadang oleh mantan pemilik posisi 2 di ranking BWF, Chang Ye-na/Kim Hye-rin. Sulit bagi mereka untuk mewujudkan ke podium tertinggi.

Tetapi pasangan Mapasa/Somerville justru bisa membuat kesulitan itu menjadi kenyataan. Mereka menang dua game langsung atas ganda Korea Selatan, skor 21-16, 21-14.

Setyana Mapasa/Gronya Somerville sukses mengibarkan bendera Australia dan meraih medali di Canada Open 2019, mengalahkan dominasi ganda putri Korea Selatan.

Baca Juga

Singkat cerita, Setyana Mapasa mundur dari Pelatnas Australia pada September 2021 dan menikah dengan Sonny Saputra. Setelah itu ia membuka akademi bulutangkis di Negeri Kanguru.

Seiring berjalannya waktu, Setyana comeback ke lapangan bulutangkis sejak akhir tahun 2022 lalu. Berbagai turnamen ia tekuni, dan ada beberapa gelar yang mulai diraih.

Baca Juga

Pada Februari lalu, Mapasa menjuarai Victoria Oceania Championships 2023, lalu pekan kemarin, ia kembali jadi runner up di ajang Mongolia International Challenge 2023.

Setyana Mapasa naik podium Mongolia International Challenge 2023 sektor ganda putri, saat berpasangan dengan atlet Australia keturunan China, Angela Yu.

Cukup disayangkan saat ini Angela Yu/Setyana Mapasa harus gugur di babak 32 besar Canada Open 2023, dan Jack Yu/Setyana Mapasa juga terhenti di babak awal.

Baca Juga
In Depth SportsGronya SomervilleBulutangkisApa KabarSetyana MapasaCanada OpenIndepth

Berita Terkini