x

Momen Gila Final Korea Open: Lin Dan Baku Hantam dengan Pelatih Korea Selatan

Jumat, 14 Juli 2023 15:48 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Legenda bulutangkis, Lin Dan pernah baku hantam dengan Li Mao selaku pelatih Korea Selatan yang pernah menjadi salah satu momen gila yang terjadi di Korea Open 2023.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis, Lin Dan pernah baku hantam dengan Li Mao selaku pelatih Korea Selatan yang pernah menjadi salah satu momen gila yang terjadi di Korea Open 2023.

Lin Dan yang merupakan mantan pemain tunggal putra asal China dikenal sebagai salah satu legenda bulutangkis yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi.

Namun Lin Dan juga tak lepas dengan tindakan kontroversial yang turut mewarnai kariernya seorang pebulutangkis profesional.

Pebulutangkis yang juga kerap dijuluki ‘Super Dan’ itu memang memiliki sikap yang cukup emosional sehingga kerap membuat masalah baik di dalam maupun luar lapangan.

Salah satu aksi kontroversional yang pernah ia lakukan adalah saat melempar raket kea rah Li Mao selaku pelatih Korea Selatan.

Baca Juga

Momen ini terjadi saat Lin Dan berhadapan dengan tunggal putra tuan rumah, Lee Hyun-il di partai final Korea Open 2008.

Kala itu kedua kubu sama-sama menjalani pertandingan ketat, namun peraih Super Grand Slam itu merasa kesal karena menganggap berkali-kali telah dirugikan oleh wasit.

Baca Juga

Lin Dan pun langsung melayangkan protes kepada umpire, namun merasa tak puas dirinya pun langsung melempar raket ke arah Li Mao.

Untungnya Li Mao langsung dengan sigap menghindar dari raket yang dilemparkan oleh sang rival dan tidak mengalami luka.

Meski tak mengalami luka, namun lemparan raket kea rah Li Mao membuat dirinya kesal dan terlibat adu mulut serta perkelahian dengan Lin Dan dan pihak ofisial China di Korea Open 2023.

Baca Juga

1. Lin Dan Enggan Minta Maaf

Lin Dan legenda bulutangkis China. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain)

Pihak ofisial China pun langsung memisahkan dan menenangkan Lin Dan serta Li Mao yang sempat terlibat adu mulut.

Namun Zhong Bo selaku pelatih Lin Dan mendorong Li Mao denga tujuan untuk melerai keduanya saat adu mulut.

Akan tetapi aksi sang pelatih malah membuat kondisi makin runyam lantaran Li Mao kembali membalas dorongan tersebut.

Alhasil pertandingan sempat tertunda selama dua menit karena perkelahian antara kedua pemain tunggal putra papan atas tersebut.

Hingga akhirnya Lin Dan menyerah alias kalah atas Lee Hyun-il dengan skor 21–4, 21–23, 23–25 di Korea Open 2023.

Baca Juga

Pasca pertandingan, Lin Dan enggan meminta maaf kepada Li Mao dan pihak ofisial Korea Selatan atas perbuatannya tersebut.

"Ia menyerang saya secara verbal. Ia juga orang China dan saya tidak bisa menerima apa yang diutarakannya," ucap Lin Dan, dilansir dari Reuters.

Baca Juga

“Tim Korea menang dengan sangat tidak terhormat, dan saya kalah dengan sangat tidak menyenangkan. Saya tidak akan meminta maaf untuk masalah ini,” jelasnya.

Sementara itu, Li Mao, yang meninggalkan China pada 1999 untuk melatih di luar negeri setelah berselisih dengan Li Yongbo, mengatakan Lin telah bersikap kasar dan tidak bermoral.

"Saya belum pernah melihat pemain yang kurang terlatih dalam karir kepelatihan saya," tukas Li Mao usai bertengkar dengan Lin Dan.

Baca Juga
Lin DanBulutangkisKorea Open

Berita Terkini