x

Satwiksairaj dan Pearly Tan Catat Smash Tercepat Dunia versi Guinness Book Records

Selasa, 18 Juli 2023 13:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Rekor smash bulutangkis tercepat di dunia versi Guinnes Book Records dipecahkan ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy dan ganda putri Malaysia, Pearly Tan. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Rekor smash bulutangkis tercepat di dunia versi Guinnes Book Records baru saja dipecahkan oleh pemain ganda putra India Satwiksairaj Rankireddy dan ganda putri Malaysia, Pearly Tan.

Melansir dari laman resmi Yonex, Rankireddy berhasil mencatatkan smash 565 km/jam, melampaui rekor sebelumnya 492 km/jam yang dicatat Tan Boon Heong.

Rekor yang dicatat oleh partner Chirag Shetty tersebut memecahkan rekor untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade untuk smash bulutangkis tercepat putra.

Terakhir kali Guinness World Records mencatat pukulan bulutangkis tercepat untuk putra yakni pada Mei 2013 silam saat Tan Boon Heong melakukannya.

Sementara Pearly Tan mencatat  rekor pebulutangkis putri dengan smash tercepat baru dalam Guinness Book Records, yakni dengan catatan 438 km/jam.

Baca Juga

Dengan demikian, pasangan main Thinaah Muralitharan tersebut menjadi pemegang gelar Guinness World Record wanita pertama dalam kategori tersebut.

Upaya pencatatan rekor Rankireddy dan Pearly Tan tersebut dilakukan pada 14 April 2023 di Yonex Co., Ltd. Tokyo Factory gymnasium, Tokyo, Jepang.

Baca Juga

Juri resmi dari Guinness World Records™ juga turut memverifikasi rekor ini berdasarkan hasil pengukuran kecepatan smash kedua pemain sejak hari itu.

Catatan rekor smash tercepat ini menjadi modal penting bagi Satwiksairaj Rankireddy dan Pearly Tan yang tengah berjuang di Korea Open 2023 pekan ini (18-23 Juli 2023) di Yeosu, Korea Selatan.

Satwiksairaj Rankireddy dan pasangan mainnya Chirag Shetty berstatus sebagai unggulan ketiga, sedangkan Pearly Tan bersama Thinaah Muralitharan berstatus non unggulan di Korea Open.

Baca Juga

1. Bertanding di Korea Open 2023

Pearly Tan,pebulutangkis Malaysia

Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty akan mengawlai turnamen ini dengan menghadappi ganda putra Thailand, Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren.

Ini merupakan pertemuan perdana kedua pasangan, namun Satwiksairaj/Chirag berpeluang lolos ke babak berikutnya.

Pasangan asuhan legenda Denmark Mathias Boe ini memang tengah dalam performa terbaiknya sejak memenangkan gelar Indonesia Open 2023 pada Juni lalu.

Ada pun Pearly Tan menjadikan Korea Open 2023 sebagai ajang comeback-nya setelah absen selama satu bulan karena cedera siku yang dialaminya.

Di Korea Open 2023, Pearly Tan bersama Thinaah Muralitharan akan menghadapi pasangan Jepang, Riu Hirokami/Yuna Kato.

Baca Juga

Meski punya kans menang mudah atas lawannya namun Pearly/Thinaah akan langsung ditantang ganda putri unggulan pertama dari China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Sementara itu Indonesia di Korea Open 2023 hanya mengirimkan 9 wakilnya untuk berburu gelar juara, salah satunya rival Satwiksairaj/Chirag, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga

Fajar/Rian mengusung tekad meraih gelar juara di ajang ini setelah tampil kurang maksimal di Malaysia Masters, Singapore Open dan terakhir Indonesia Open 2023.

Sedangkan di Korea Open edisi tahun lalu, ganda putra nomor 1 ranking BWF tersebut hanya puas menjadi runner-up usai dikalahkan wakil tuan rumah Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Adapun Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang juga rival sengit Pearly/Thinaah dipastikan tidak ambil bagian di Korea Open 2023. 

Baca Juga
Guinness Book of World RecordsBulutangkisPearly TanKorea Open

Berita Terkini