x

5 Atlet Bulutangkis Top Dunia yang Turun Kasta Main di Super 100, Kevin Sanjaya Anti Ikut?

Kamis, 10 Agustus 2023 12:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Intip lima atlet bulutangkis berlabel top dunia yang rela turun kasta main di turnamen Super 100, apakah Kevin Sanjaya Sukamuljo anti ikut?

INDOSPORT.COM – Intip lima atlet bulutangkis berlabel top dunia yang rela turun kasta main di turnamen Super 100. Apakah Kevin Sanjaya Sukamuljo anti ikut?

Belakangan memang sedang ramai pembahasan tentang batalnya Kevin Sanjaya Sukamuljo dan partner baru, Rahmat Hidayat, debut di turnamen bulutangkis Indonesia International Challenge 2023.

Indonesia International Challenge 2023 sendiri merupakan turnamen bulutangkis grade tiga yang diselenggarakan pada 29 Agustus sampai 3 September di Medan, Sumatera Utara.

Batalnya debut Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat di ajang Indonesia International Challenge 2023, membuat penggemar gagal mengakhiri kerinduan melihat sang idola comeback ke lapangan.

Karena harus diakui jika Kevin Sanjaya sebagai salah satu bintang bulutangkis Indonesia yang pernah bertengger di ranking satu BWF, sudah hiatus bertanding sejak Singapore Open 2023 lalu.

Baca Juga

Penyebab hiatus itu pun beragam, termasuk karena partner sebelumnya, Marcus Fernaldi Gideon, juga beberapa kali dipapar cedera, yang pada akhirnya harus berujung naik ke meja operasi.

Asisten pelatih ganda putra pelatnas PBSI, Aryono Miranat, menekankan jika Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat tidak akan tampil di turnamen level 300 ke bawah karena beragam pertimbangan.

"Karena satu, persiapannya kurang bagus, jadi kita tarik dulu. Dan lagi, kalau main di sana pun, kalau mereka masuk kan sayang juga poinnya kecil," kata Aryono Miranat kepada media.

" (Indonesia International Challenge 2023) Itu kan Super 100 dan Challenge. Kita proyeksikan nanti (Kevin/Rahmat) di level yang Super 300 sama 500," sambungnya.

Sebenarnya cukup masuk akal jika Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat mengikuti turnamen bulutangkis di atas Super 300 karena national point mereka yang cukup untuk ke sana.

Baca Juga

Apalagi pastinya jajaran pelatih ganda putra Indonesia sudah memikirkan opsi terbaik kapan debut Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat.

Meskipun di sisi lain, sebenarnya banyak pula para pebulu tangkis berlabel top dunia yang rela turun gunung kala turun di turnamen Super 100 untuk merajut karier di ranking BWF dengan pasangan baru.

Beberapa pebulu tangkis top dunia memang rela turun gunung tampil di turnamen level bawah minimal Super 100 dengan beragam pertimbangan, seperti karena mereka mendapatkan tandem baru.

Seperti He Jiting, Tan Qiang, Pramudya Kusumawardana, Jiang Zhen Bang/Wei Yaxin, Shin Seung-chan/Li Yu-lim, dan Gloria Emanuelle Widjaja. Mari mengulasnya!

Baca Juga

1. Deretan Pebulu Tangkis Top yang Turun Kasta di Super 100

Termasuk Gloria Widjaja, Deretan Pebulutangkis Top yang Turun Kasta di Super 100.

1. Pramudya Kusumawardana

Sebagai rekan sepelatnas Kevin Sanjaya dan Rahmat Hidayat, nama Pramudya Kusumawardana memang pernah turun gunung di Super 100 kala ranking BWF-nya meroket ke top 12.

Ya, Pramudya Kusumawardana tahun lalu pernah turun gunung bersama Rahmat Hidayat di turnamen bulutangkis Indonesia Masters Super 100 yang berlangsung pada 18 sampai 23 Oktober 2022.

Dia turun gunung kala itu bersama Rahmat Hidayat setelah partner aslinya, Yeremia Rambitan, dipapar cedera ACL dan butuh perawatan intensif.

Selain turun di turnamen Indonesia Masters Super 100 pada 2022, Rahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardana juga tampil di Indonesia International Challenge 2022.

Ajaibnya, meski baru debut sebagai pasangan, Rahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardana langsung gaspol juara di dua turnamen tersebut.

Baca Juga

2. He Jiting

He Jiting yang pernah menapaki top 10 di ranking BWF bersama Tan Qiang dan menjadi rival berat Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, memang masih kerap wira-wiri di berbagai turnamen bulutangkis level bawah.

Tahun lalu, He Jiting yang bertandem dengan Zhou Haodong tampil di turnamen bulutangkis Super 100 yakni Vietnam Open hingga Indonesia Masters.

Hasilnya tak cukup buruk dengan keberhasilan He Jiting/Zhou Haodong menapaki final meskipun harus berpredikat sebagai runner-up.

3. Tan Qiang

Seperti He Jiting mantan partnernya, Tan Qiang dari China juga kerap wira-wiri di turnamen bulutangkis level bawah. Tahun lalu dia bahkan menjuarai Vietnam Open Super 100 dengan Ren Xiangyu.

4. Shin Seung-chan

Tak diragukan lagi nama besar Shin Seung-chan sebagai ganda putri top dunia asal Korea Selatan. Dia pernah menapaki top dua di ranking BWF bersama Jung Kyung-eun (2016) dan Lee So-hee (2021).

Baca Juga

Namun sejak dipisah dengan Lee So-hee pada awal musim 2023 lalu, Shin Seung-chan benar-benar rela turun gunung dengan partner barunya, Li Yu-lim (ganda putri) dan Wang Chan (ganda campuran).

Hasilnya luar biasa pula. Shin Seung-chan bisa menjuarai Vietnam International, Osaka International, dan Northem Marianas Open  bersama Li Yu-lim.

Serta keberhasilan Shin Seung-chan menjuarai ajang Osaka International dan Northem Marianas Open bersama Wang Chan.

5. Gloria Emanuelle Widjaja

Pernah bertengger di top enam ganda campuran pada 2019 bersama Hafiz Faizal, Gloria Emanuelle Widjaja yang menjajaki karier baru dengan Dejan Ferdinansyah, rela turun gunung di turnamen Super 100 ke bawah.

Musim lalu, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja meraih gelar juara Vietnam Open Super 100. Mereka juga menjegel gelar juara dari tiga turnamen bulutangkis level International Series/Challenge.

Baca Juga
Kevin SanjayaRahmat HidayatTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisIndepthKevin Sanjaya/Rahmat Hidayat

Berita Terkini