x

Apa Kabar Maria Sharapova, Profil, dan Harta Kekayaan sang Mantan Ratu Tenis Dunia

Minggu, 20 Agustus 2023 14:37 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Maria Sharapova, salah satu legenda tenis dunia. Foto: Jason Mendez/Getty Images for NYFW: The Shows.

INDOSPORT.COM - Maria Sharapova merupakan salah satu legenda tenis dunia yang sampai saat ini masih dinanti kabarnya meski telah pensiun.

Sepanjang berkarier sebagai petenis profesional, wanita cantik yang satu ini telah melalui banyak hal baik di dalam maupun luar lapangan.

Ia adalah peraih lima gelar Grand Slam yang pernah juara di masing-masing Australian Open, French Open, Wimbledon, dan US Open.

Terakhir kali ia meraih Grand Slam adalah French Open 2014, saat berhasil menumbangkan Simona Halep di final, 6-4, 6-7(5-7), 6-4.

Maria Sharapova juga bertengger di peringkat satu ranking WTA untuk pertama kalinya pada Agustus 2005 saat usianya masih 18 tahun.

Sejak saat itu, ia sempat meraih peringkat satu dunia selama lima kali dengan total 21 pekan - terakhir kalinya pada 2012.

Baca Juga

Sepanjang sepak terjangnya di turnamen-turnamen WTA, Maria Sharapova lebih senang bermain di lapangan rumput, keras, dan karpet.

Ia mengaku lebih sulit bermain di lapangan tanah liat karena tidak bisa bergerak maupun melakukan sliding dengan baik.

Meski begitu, pada kenyataannya ia berhasil mengatasi tantangan tersebut dan memenangkan gelar French Open 2014.

Bukan hanya itu. Maria Sharapova bahkan sempat mencatatkan diri sebagai pemain WTA dengan persentase kemenangan tertinggi di lapangan tanah liat yakni 84,25%.

Selain tenis, Maria Sharapova juga aktif di berbagai bidang termasuk bisnis dan filantropi. Salah satu merek dagangnya yang terkenal adalah Sugarpova.

Baca Juga

Selain itu, ia memiliki investasi di sejumlah perusahaan seperti Therabody, Supergoop, Bala Bangles, dan yang lainnya.

Seperti pernah diwartakan laman GH Gossip, Maria Sharapova disebut-sebut memiliki pendapatan 16 juta dolar AS (sekitar Rp245 miliar) per tahun.

Angka tersebut merupakan profit dari sejumlah bisnis, event, sponsor, dan tentu saja hasil endorse media sosial.

Baca Juga

1. Maria Sharapova Sosok yang Populer

Maria Sharapova, salah satu legenda tenis dunia. Foto: Jason Mendez/Getty Images for NYFW: The Shows.

Meski dikenal sebagai salah satu ikon tenis wanita dengan popularitas selangit, Maria Sharapova tidak lupa berbagi.

Ia diketahui terlibat di sejumlah kegiatan amal dan filantropi, termasuk sebagaai donatur di beberapa tempat.

Berdasarkan data Forbes, Maria Sharapova memiliki kekayaan 220 juta dolar AS (sekitar Rp3,3 triliun) pada 2022. Ia sendiri memutuskan pensiun pada 2020.

Saat pensiun, ia sudah mengantongi uang hadiah sebesar 39 juta dolar AS, yang notabene tertinggi ketiga sepanjang sejarah WTA.

Selain itu, Forbes juga sempat mencatat namanya sebagai atlet perempuan dengan bayaran tertinggi selama 11 tahun beruntun. Puncaknya 30 juta dolar AS pada 2015.

Saat ini, Maria Sharapova sedang menikmati hari-hari bersama keluarga kecilnya. Ia sudah memiliki seorang putra yang masih tumbuh dewasa.

Baca Juga

Ia dan sang kekasih yakni Alexander Gilkes menyambut kelahiran putra pertama mereka pada Juli 2022 lalu.

Kabar bahagia itu tidak lupa dibagikan kepada khalayak lewat media sosial Instagram. Dalam foto, nampak keluarga Sharapova dan Gilles saat ini sudah beranggotakan tiga orang.

“Hadiah paling indah, penuh tantangan, dan berharga untuk keluarga kami,” tulis Maria Sharapova di laman Instagram-nya.

Selain itu, ia juga cukup sering mengunggah foto bersama anaknya beserta beberapa aktivitas di dalam maupun luar rumah.

Baca Juga

Namun sebagai mantan atlet, wanita berusia 36 tahun itu juga tidak lupa menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dan melakukan kegiatan-kegiatan fisik yang menyenangkan.

Tidak ayal, Maria Sharapova sampai saat ini masih terlihat cantik, sehat, dan menawan meski sudah menepi sebagai atlet.

Saat berdandan dengan gaun, dress formal, bahkan pakaian kasual sekalipun, ia juga pintar membawa diri dengan penampilannya yang anggun.

Meski begitu, Maria Sharapova juga tidak menarik diri sepenuhnya dari dunia tenis karena masih sering tampil di media dengan sejumlah wawancara.

Ia juga pernah angkat bicara terkait topik-topik tertentu yang sedang jadi perbincangan, dan memberi nasihat kepada para juniornya yang masih aktif bermain. 

Baca Juga
Maria SharapovaTenisBerita Tenis

Berita Terkini