x

PBSI Bawa 'Jimat Keberuntungan' Dampingi Jojo-Ginting di Asian Games 2022, Auto Juara?

Selasa, 22 Agustus 2023 15:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito, dua pemain tunggal putra andalan Indonesia di Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM - PBSI membawa jimat keberuntungan untuk dampingi Jonatan Christie dan Anthony Ginting di Asian Games 2022. Dialah Shesar Hiren Rhustavito.

PBSI akhirnya menginput daftar pemain bulutangkis Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2022 di Hangzhou, China, 23 September hingga 8 Oktober 2023 nanti.

Baca Juga

Dilansir Tournament Software, PBSI mengirim 10 pemain putra dan 10 pemain putri, yang akan tampil di turnamen beregu putra, beregu putri, dan nomor individual.

Ada empat pemain tunggal putra yang dibawa; Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan pemain senior Shesar Hiren Rhustavito.

Lalu ada pemain ganda, Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Daniel Marthin, Leo Rolly Carnando, Rinov Rivaldy, dan Rehan Naufal Kusharjanto.

Sementara untuk tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Komang Ayu Cahya Dewi, serta Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Baca Juga

Ditambah dengan pemain ganda, Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Amalia Cahaya Pratiwi, Febriana Dwipuji Kusuma, Pitha Haningtyas Mentari, dan Lisa Ayu Kusumawati.

Ada satu hal menarik dari line up ini. PBSI membawa pemain senior, Shesar Hiren Rhustavito, alih-alih memercayakan pemain muda seperti Christian Adinata atau Alwi Farhan. 

Banyak yang menganggap jika Shesar Hiren diboyong serta ke Asian Games 2022, karena ia 'jimat keberuntungan' tim Indonesia di ajang beregu.

Sudah banyak pertandingan yang sukses dimenangkan Shesar Hiren ketika ia turun sebagai penentu dalam turnamen beregu, salah satunya di kompetisi Piala Thomas.

Baca Juga

1. Keajaiban Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, berhasil menyumbang poin di Piala Thomas 2022 Indonesia vs Korea Selatan.

Masih terkenang dalam ingatan, ketika Shesar Hiren Rhustavito menjadi penentu kemenangan skuad Indonesia di Piala Thomas 2020, hingga akhirnya keluar sebagai juara.

Shesar Hiren Rhustavito turun sebagai tunggal terakhir saat Indonesia melawan Thailand. Ia menaklukkan Adulrach Namkul 23-21, 10-21, 21-8, dan Merah Putih menang 3-2.

Baca Juga

Lalu di laga terakhir babak penyisihan grup kala melawan Taiwan, pemain yang akrab disapa Vito itu menundukkan Chi Yu Jen 16-21, 21-18, 21-19. Indonesia lolos 8 besar.

Di babak perempat final, Anthony Ginting dan Jonatan Christie meraih kemenangan, sehingga Vito tidak harus bermain dan bisa langsung lolos ke semifinal.

Demikian pula di babak semifinal, Vito belum sempat bermain, Indonesia sudah menang 3-1 atas Denmark, dan menyabet tiket ke final Piala Thomas 2020. 

Memasuki babak final, Anthony Ginting dan Jonatan meraih kemenangan penting atas China, sehingga Indonesia keluar sebagai juara.

Baca Juga

Pencapaian itu nyaris terulang lagi di Piala Thomas 2022. Indonesia bersusah payah menghadapi Jepang di semifinal, dan akhirnya skor imbang 2-2. 

Shesar Hiren Rhustavito turun sebagai tunggal ketiga menghadapi Kodai Naraoka. Siapa pun yang menang, maka akan lolos ke final.

Vito tampil perkasa dan menggasak Kodai Naraoka dua set, skor 21-17, 21-11. Indonesia lolos ke final Thomas Cup dua kali beruntun, walau akhirnya kalah dari India di babak final.

Nampaknya, hal ini yang jadi pertimbangan PBSI untuk memasukkan nama Shesar Hiren Rhustavito di Asian Games 2022. Semoga ia bisa menjadi 'jimat keberuntungan' Merah Putih.

Baca Juga
Piala ThomasAsian GamesPBSIAnthony Sinisuka GintingJonatan ChristieAnthony GintingShesar Hiren RhustavitoBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini