x

Fakta Magis Fajar/Rian, Ganda Putra Peringkat 1 Dunia yang Selalu Diselamatkan Dewi Fortuna

Kamis, 7 September 2023 13:17 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto nampaknya layak disebut sebagai ganda putra peringkat satu dunia di ranking BWF yang selalu diselamatkan dewi fortuna. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COMFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto nampaknya layak disebut sebagai ganda putra peringkat satu dunia di ranking BWF yang selalu diselamatkan dewi fortuna.

Nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat ini tengah menjadi sorotan publik, khususnya para pecinta dunia bulutangkis.

Baca Juga

Bagaimana tidak, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berstatus sebagai unggulan pertama dan peringkat satu dunia tersingkir di babak pertama China Open 2023.

Fajar/Rian kalah dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen hanya dalam dua gim saja 19-21 dan 19-21 di 32 besar ajang BWF Super 1000 pada Selasa (05/09/23).

Hasil ini tentu menjadi kekalahan yang amat memalukan bagi Fajar/Rian yang berstatus sebagai raja ganda putra dunia.

Torehan tersebut juga menunjukkan bahwa Fajar/Rian tengah dalam inkonsistensi performa karena tersingkir di babak awal turnamen.

Baca Juga

Sebelumnya Fajar/Rian yang diunggulkan meraih medali nyatanya terdepak di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Catatan buruk yang dimiliki pasangan yang akrab disapa FajRi itu sejatinya dimulai setelah menjadi juara di turnamen All England 2023.

Pasca menang di ajang All England 2023, Fajar/Rian empat kali tersingkir di 32 besar termasuk di Malaysia Masters dan Singapore Open 2023.

Setelah itu beberapa kali hanya mencapai babak perempat final dan semifinal, serta sempat meraih runner-up di ajang Korea Open 2023.

Baca Juga

Inkonsistensi ini pun sejatinya bisa mempengaruhi posisi Fajar/Rian di ranking BWF yang terus diperbaharui disetiap pekannya.

Namun nyatanya terdapat fakta magis yang dimiliki oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang selalu diselamatkan dewi fortuna.


1. Posisi Ranking BWF Fajar/Rian Diselamatkan Dewi Fortuna

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di China Open 2023. (Foto: PBSI)

Ganda putra menjadi salah satu sektor yang paling ketat di antara lima nomor lainnya, terutama di posisi papan atas.

Sejumlah ganda putra pun silih berganti di top 10, karena beberapa pasangan mampu menunjukkan tajinya di sejumlah turnamen.

Baca Juga

Salah satunya ialah pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang langsung melejit dan berada di posisi kedua ranking BWF.

Posisi Fajar/Rian dengan Satwiksairaj/Chirag pun hanya memiliki sedikit selisih poin, di mana wakil Indonesia kini mengemas 90.129 poin.

Sedangkan wakil India berada di peringkat kedua dengan 86.461 poin, atau hanya selisih 3.668 poin saja.

Menariknya, posisi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto entah mengapa selalu terselamatkan, alias aman di peringkat pertama.

Baca Juga

Padahal Fajar/Rian bisa terkudeta jika Satwiksairaj/Chirag menjadi runner-up sejak ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau China Open 2023.

Apalagi wakil Indonesia selalu tersingkir di babak pertama, sehingga peluangnya sangat besar bagi Satwiksairaj/Chirag mendepak Fajar/Rian dari puncak.

Namun nyatanya hingga saat ini pasangan India itu belum mampu mengkudeta Fajar/Rian dari posisi teratas.

Pasalnya, setiap kekalahan Fajar/Rian juga diikuti dengan gagalnya Satwiksairaj/Chirag ke babak final sebuah turnamen.

Alhasil peringkat Fajar Alfian/Muhammad Rian Adianto hingga saat ini bisa aman di puncak ranking BWF hingga per Selasa (12/09/23) pekan depan.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoChina OpenBulutangkisSatwiksairaj Rankireddy/Chirag ShettyRanking BWFIndepth

Berita Terkini