x

Kisah Tontowi Ahmad Mendadak Disulap PBSI Jadi Ganda Putra di Denmark Open 2018

Sabtu, 9 September 2023 14:05 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Tontowi Ahmad di BWF Dubai World Superseries Finals 2016 silam.

INDOSPORT.COM – Tidak hanya Kevin/Rinov dan Marcus/Rehan, PBSI juga pernah menyulap Tontowi Ahmad bermain rangkap di nomor ganda putra di Denmark Open 2018.

Baru-baru ini dunia bulutangkis digemparkan dengan keputusan PBSI untuk menceraikan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Denmark Open 2023.

Baca Juga

Ya, Kevin/Marcus akan tampil di Denmark Open 2023 dengan pasangan barunya masing-masing di ajang yang berlangsung pada 17-22 Oktober mendatang.

Kevin Sanjaya akan tampil bersama Rinov Rivaldy, sedangkan Marcus Gideon akan berpasangan dengan Rehan Naufal Kusharjanto.

Ini berarti, Rinov dan Rehan akan bermain rangkap karena keduanya merupakan pemain ganda campuran bersama Pitha Haningtyas dan Lisa Ayu Kusumawati.

Dalam data resmi di BWF Corporate, Kevin/Rinov dan Marcus/Rehan akan berstatus sebagai pemain cadangan atau reserved 6 dan 7.

Baca Juga

Maka kemungkinan peluang Kevin/Rinov dan Marcus/Rehan untuk tampil di ajang BWF Super 750 itu kecil, kecuali banyak pemain ganda putra yang putuskan mundur.

Di sisi lain, keputusan PBSI untuk memasangkan Kevin/Rinov dan Marcus/Rehan yang bermain rangkap bukan pertama kalinya.

PBSI sebelumnya pernah menyulap pemain lainnya untuk bermain rangkap di ajang Denmark Open 2018 lalu.

Yakni PBSI memutuskan untuk memasangkan Tontowi Ahmad dengan Angga Pratama di Denmark Open 2018 lalu.

Baca Juga

1. Ganda Putra Tontowi Ahmad/Angga Pratama

Angga Pratama/Rian Agung Saputro

Berdasarkan penelusuran INDOSPORT, saat itu pasangan Tontowi Ahmad/Angga Pratama masuk sebagai pemain yang didaftarkan di Denmark Open 2023.

Namun Tontowi/Angga menjadi pemain cadangan atau reserved kesembilan di ajang bergengsi tersebut.

Baca Juga

Keputusan PBSI soal dipasangkannya Tontowi/Angga pun sempat menggemparkan jagat bulutangkis pada masanya.

Tak diketahui pasti apa alasan PBSI memasangkan Tontowi/Angga, namun berdasarkan informasi yang beredar di kalangan Badminton Lovers tidak lain untuk menghindari denda dari BWF.

Meski dipasangkan, toh Tontowi/Angga akhirnya tidak jadi tampil di Denmark Open 2018 karena merupakan cadangan kesembilan.

Berdasarkan data BWF, hanya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Berry Angriawan/Hardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf yang tampil di daftar utama.

Baca Juga

Meski demikian, Tontowi Ahmad tetap tampil bersama Liliyana Natsir di nomor ganda campuran sebagai unggulan ketiga Denmark Open 2018.

Pasangan Tontowi/Angga juga sempat bakal turun di French Open 2018 lalu, namun kesempatan tersebut batal.

Alasan batal turunnya Tontowi Ahmad/Angga Pratama ialah karena keputusan dari pelatih kala itu, sehingga gagal tampil di French Open 2018.

Kini, para badminton lovers berharap bahwa Kevin/Rinov dan Marcus/Rehan bisa tetap tampil di Denmark Open 2023 meski berstatus cadangan kesekian.

Baca Juga
Tontowi AhmadAngga PratamaKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisIndepth

Berita Terkini