x

Anthony Ginting Ganas Atasi Wakil Taipei dan Lolos ke 16 Besar Bulutangkis Asian Games 2022

Selasa, 3 Oktober 2023 10:14 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, tampil mengganas mengalahkan Wang Tzu Wei untuk melaju ke babak 16 besar bulutangkis Asian Games 2022. (Foto: NOC Indonesia / Naif Al'as)

INDOSPORT.COM -  Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, tampil mengganas mengalahkan Wang Tzu Wei untuk melaju ke babak 16 besar bulutangkis Asian Games 2022.

Bertanding di Binjiang Gymnasium, Selasa (03/10/23), Ginting dengan mudahnya melawan Wang Tzu Wei dan menang dua set langsung 21-16, 21-11.

Baca Juga

Di atas kertas, Anthony Ginting yang berperingkat 2 dunia lebih unggul dari Wang Tzu Wei. Ginting sudah memenangkan 7 kali dari sembilan pertemuan sebelumnya.

Meski mengantongi keunggulan head to head 7-2, tidak mudah bagi Ginting melalui pertandingan melawan Wang Tzu Wei kali ini

Pada set pertama, dia mendapatkan perlawanan dari wakil Taipei membuat skor berjalan ketat 7-7, 9-8 hingga interval gim pertama 11-9.

Usia jeda, Ginting mulai menemukan ritmenya untuk tampil dominasi. Beberapa poin diraih Ginting dengan mengkombinasikan netting andalan dan sergapan pukulan tanggung Wang.

Baca Juga

Hasilnya, Ginting selalu memimpin perolehan skor 14-12, 16-13, 18-19 hingga mencapai match point terlebih dulu. Satu sentuhan membawa Ginting merebut set pertama 21-16.

Permainan Anthony Sinisuka Ginting tidak berbeda jauh dengan set pembuka. Dia langsung memimpin perolehan skor 4-2, 5-3, 7-1 hingga interval kedua 11-8.

Setelah itu, Ginting membuat Wang Tzu Wei sama sekali tidak berkutik dengan pukulan-pukulan mematikan andalannya.

Beberapa kali Wang Tzu Wei salah membaca shuttlecock dari Ginting sehingga rentetan poin terus bertambah untuk wakil Indonesia, 14-9, 18-10.

Memasuki matchpoint 20-9, Ginting terlihat terburu-buru mematikan shuttlecock. Untungnya, Wang Tzu Wei lakukan kesalahan menyangkut net membawa Ginting 21-11.

Baca Juga

1. Jalur Mudah Anthony Ginting Menuju Final Asian Games 2022

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di Asian Games (Foto: NOC Indonesia / Naif Al'as)

Anthony Sinisuka Ginting selanjutnya akan menghadapi pemenang antara dua tunggal putra non unggulan, yakni Ahmed Nibal/Jia Heng Jason Teh.

 Anthony Sinisuka Ginting jelas-jelas berada dalam posisi unggul melawan salah satu dari mereka. Ini memperlebar kans dirinya lolos ke babak perempat final Asian Games 2022.

Baca Juga

Ujian sebenarnya akan dihadapi Ginting di perempat final, seperti Li Shi Feng dari China, Jeon Hyeok-jin, atau Kenta Nishimoto dari Jepang.

Li Shi Feng dan Jeon Hyeok-jin merupakan lawan yang harus diwaspadai Ginting mengingat performa mereka yang apik di nomor beregu Asian Games 2022.

Ginting bukan satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia yang akan beraksi hari ini. Ada Jonatan Christie yang juga akan menghadapi wakil Taipei, Chou Tien Chen.

Ini akan menjadi pertemuan ke-13 bagi kedua pemain.  Jonatan memenangkan dua pertemuan terakhirnya melawan Chou Tien Chen.

Baca Juga

Namun tetap perlu diwaspadai mengingat Jonatan tampil kurang apik di nomor beregu kemarin.

Sementara itu, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan memulai kiprahnya dengan melawan wakil Hong Kong, Lui Lok Lok/Ng Wing Yung.  

Apriyani/Fadia diharapkan bisa meraih kemenangan mudah atas lawannya untuk lolos ke babak 16 besar. Sebab, mereka butuh persiapan dan stamina lebih baik menghadapi lawan yang lebih berat.

Jika lolos, Apriyani/Fadia akan langsung berhadapan dengan pasangan Jepang unggulan keempat, yakni Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Wakil Indonesia lainnya yakni tunggal putri Gregoria Mariska dan Putri Kusuma Wardani.

Baca Juga
Asian GamesAnthony Sinisuka GintingBulutangkisWang Tzu WeiAsian Games 2022

Berita Terkini