x

WR 1 Plus Finalis 2018, Fajar/Rian Tak Terbendung Raih Emas Asian Games 2022

Senin, 2 Oktober 2023 20:05 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Ranking 1 Dunia plus finalis edisi 2018, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kian tak terbendung raih emas di Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM - Status ranking 1 dunia plus finalis edisi 2018 seharusnya membuat Fajar Alfian/Rian Ardianto tak terbendung bawa pulang medali emas Asian Games 2022.

Fajar Alfian/Rian Ardianto sudah mendapatkan ‘kado’ dari panitia Asian Games 2022. Mereka dinaungi keberuntungan berupa bye di babak pertama.

Baca Juga

Alhasil, pasangan berjuluk FajRi tersebut baru memainkan pertandingan perdana di babak kedua atau 16 besar sehingga hal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh unggulan pertama dunia ganda putra itu.

Terlebih, Fajar/Rian pastinya ingin mengulangi momen indah lima tahun silam ketika mereka sukses menembus final Asian Games 2018.

Sayangnya, saat itu Fajar Alfian/Rian Ardianto tumbang dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dengan skor 13-21, 21-18, 24-22 di partai puncak bulutangkis Asian Games 2018.

Selain itu, ada desakan dari penggemar bulutangkis agar Fajar/Rian harus bisa setidaknya melaju sampai final yang mana langkah itu pastinya juga tidak akan mudah.

Baca Juga

Di babak 16 besar, FajRi akan menghadapi ganda putra Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul, yang baru saja mengalahkan Prince Dahal/Sunil Joshi (Nepal) 21-8, 21-5 di babak pertama.

Nantinya, jika Fajar/Rian menang dari wakil asal Thailand itu, mereka akan lolos ke babak perempat final menghadapi pemenang dari Takuro Hoki/Yogu Kobayashi (Jepang) vs Lee Yang/Wang Chi-Lin (Chinese Taipei).

Kemungkinan besar Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di atas kertas akan menjadi lawan Fajar Alfian/Rian Ardianto seandainya FajRi lolos ke perempat final Asian Games 2022.

Menariknya, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dan Fajar Alfian/Rian Ardianto sama-sama meraih hasil imbang 3-3 dalam enam pertemuan mereka yang membuat laga itu pastinya akan berjalan seru.

Baca Juga

1. Jalan Terjal Fajar/Rian

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Asian Games (Foto: NOC Indonesia / Naif Al'as)

Seandainya Fajar Alfian/Rian Ardianto berhasil lolos ke semifinal, kemungkinan besar ganda putra andalan China, Liang Weikeng/Wang Chan, akan menjadi lawan mereka.

Fajar Alfian/Rian Ardianto bagaimana pun juga tidak boleh tertekan apabila melawan Liang Weikeng/Wang Chan di semifinal Asian Games 2022 nanti karena status mereka yang bermain di kandang sendiri.

Baca Juga

Walaupun demikian, FajRi pastinya tetap tidak akan gentar menghadapi Liang/Wang karena mereka unggul 2-1 dalam tiga pertemuan mereka.

Terlebih lagi, Fajar/Rian mampu menang dua kali di partai puncak melawan ganda putra andalan China itu di Indonesia Masters 2022 dan Malaysia Open 2023 sehingga mentalitas FajRi pastinya disinyalir cukup teruji.

Sementara itu, lawan Fajar Alfian/Rian Ardianto di final Asian Games 2022 masih belum bisa diterawang. Lawan terberat kemungkinan adalah Liu Yuchen/Ou Xuanyi (China), Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan), dan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India).

Menariknya, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi (China) dan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan) sudah akan beradu sikut di babak 16 besar Asian Games 2023 ini.

Baca Juga

Hal yang sama juga dihadapi oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) yang bakal adu kekuatan di babak 16 besar.

Dengan demikian, pertarungan besar di babak 16 besar ini jelas akan menguntungkan Fajar/Rian karena hanya dua tim saja yang akan lolos dari empat nama besar tersebut.

Niscaya lawan Fajar Alfian/Rian Ardianto di final Asian Games nanti baru bisa terlihat setelah babak 16 besar ganda putra selesai.

Namun, sebelum jauh-jauh ke sana, lebih penting Fajar Alfian/Rian Ardianto tidak langsung keok di babak 16 besar ini setelah mendapatkan keuntungan bye.

Fajar Alfian/Rian Ardianto akan menghadapi Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul dari Thailand di babak 16 besar Asian Games 2022 pada Selasa (3/10/23).

Baca Juga
Asian GamesFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoFajar AlfianBulutangkisBerita BulutangkisAsian Games 2022

Berita Terkini