x

Mengenang Tragedi Bali, Anthony Ginting Tak Boleh Lagi Remehkan Christo Popov

Senin, 16 Oktober 2023 18:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Anthony Sinisuka Ginting tidak boleh meremehkan pemain Prancis, Christo Popov, saat mereka berjumpa di babak pertama turnamen bulutangkis Denmark Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, tidak boleh meremehkan pemain Prancis, Christo Popov, saat mereka berjumpa di babak pertama turnamen bulutangkis Denmark Open 2023.

Hal ini dikarenakan Anthony Sinisuka Ginting memiliki kenangan pahit dengan Christo Popov pada pertemuan satu-satunya sebelumnya di Bali 2021 silam.

Baca Juga

Ya. Denmark Open 2023 (17-22 Oktober) akan jadi pertemuan pertama Ginting dengan Christo Popov sejak terakhir kali mereka saling berhadapan di Indonesia Open 2021.

Kala itu, Anthony Ginting yang berstatus unggulan kelima secara mengejutkan bertekuk lutut di hadapan Popov dua gim langsung dengan skor 21-17 21-18 di babak pertama

Adik kandung Toma Junior Popov itu mampu menyingkirkan Anthony Ginting selaku tunggal putra andalan Indonesia dalam waktu 49 menit.

Bagi Christo Popov yang saat itu masih berperingkat 70 dunia, kemenangan atas Anthony Ginting di Indonesia Open 2021 menjadi kemenangan terbesar dalam sejarah kariernya.

Baca Juga

Sebaliknya bagi Ginting, kekalahan ini menjadi sebuah tamparan tersendiri mengingat dia jadi andalan tuan rumah untuk memenangkan gelar juara.

Kala itu, Ginting mengaku menyesal melakukan dua kesalahan yang membuatnya kandas dari tangan Popov, mulai dari pertahanan rapuh dan banyak membuang poin.

"Pada pertandingan ini Christo bermain all out, dia bermain lepas dari gim pertama dan konsisten hingga akhir laga,” ujar Ginting dalam rilis PBSI.

"Saya berusaha menyerang dia tetapi sulit ditembus. Sebaliknya saat saya diserang balik malah gampang ditembus," lanjutnya.

Baca Juga

1. Akankah Tragedi Bali 2 Tahun Silam Terulang?

Pebulutangkis asal Prancis, Christo Popov calon lawan Anthony Sinisuka Ginting di babak 32 besar Denmark Open 2023

Kini setelah dua tahun berlalu sejak tragedi menyakitkan, apakah Anthony Sinisuka Ginting bisa mengatasi perlawanan mengejutkan Christo Popov di Denmark Open 2023 nanti?

Christo Popov yang dulu tentunya sangat berbeda dengan Christo Popov yang sekarang. Kemampuan bulutangkisnya jelas berkembang sering pengalamannya tampil di banyak turnamen.

Baca Juga

Hal ini juga yang perlu diwaspadai oleh Anthony Ginting saat berjumpa di Denmark Open 2023 nanti. Ginting tidak boleh mengulangi kesalahan yang sama dan tidak boleh meremehkan lawan.

Saat ini, Christo Popov menempati peringkat 29 dunia di nomor tunggal putra. Dalam dua tahun terakhir, dia mampu memenangkan sejumlah gelar juara.

Di antaranya, Ukraine Open 2022 dan Dutch Open, serta meraih medali perak atau runner-up di Nantes International 2022 dan European Games 2023.

Sepanjang tahun ini, Popov mampu mencapai dua babak perempat final dari 16 turnamen BWF World Tour, yakni di ajang Swiss Open 2023 dan Singapore Open.

Baca Juga

Meski belum menunjukkan konsistensi, namun Christo Popov jelas ingin menghidupkan kembali memori kelam Anthony Ginting di Bali saat berhadapan di Denmark Open.

Anthony Sinisuka Ginting sendiri belakangan juga belum menunjukkan performa konsisten sejak absen dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 karena sang ibunda meninggal dunia.

Pemain kelahiran Cimahi ini sempat tersingkir dini di babak 32 besar China Open sebelum mampu menembus semifinal Hong Kong Open 2023.

Selain itu, Ginting baru saja gagal mempertahankan raihan medali Asian Games 2022 karena dia tersingkir di babak perempat final usai kalah dari wakil tuan rumah Li Shi Feng.

Selain Anthony Sinisuka Ginting, Indonesia akan diwakili Jonatan Christie di nomor tunggal putra. Jonatan akan menantang wakil Chinese Taipei, Chou Tien Chen. 

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingIndonesia OpenDenmark OpenBulutangkisChristo Popov

Berita Terkini