x

WR1 Rankireddy/Shetty Mundur Misterius dari Denmark Open, Berkah untuk Fajar/Rian?

Selasa, 17 Oktober 2023 18:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Ganda putra India ranking 1 BWF, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, memutuskan mundur dari turnamen bulutangkis Denmark Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putra India ranking 1 BWF, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, memutuskan mundur dari turnamen bulutangkis Denmark Open 2023.

Pasangan peraih medali emas Asian Games 2023 tersebut memutuskan mundur dari babak pertama Denmark Open 2023 yang sedianya digelar hari ini, Selasa (17/10/23).

Baca Juga

Rankireddy/Shetty kemudian memberikan kemenangan telak kepada lawan mereka, yakni Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dari Malaysia, untuk melaju ke babak 16 besar.

Ong Yew Sin/Teo Ee Yi pun bisa menghemat tenaga guna persiapan menghadapi salah satu pemenang antara Akira Koga/Taichi Saito (Jepang) atau rekan senegaranya Man Wei Chong/Kai Wun Tee.

Melansir dari Mykhell, alasan mundurnya pasangan Rankireddy/Shetty sampai saat ini belum diketahui, entah itu karena cedera atau hal lain.

Namun beberapa jam sebelum Denmark Open 2023 dimulai, Rankireddy/Shetty sempat menjalani latihan bersama tunggal putra no.1 dunia, Viktor Axelsen.

Baca Juga

Lewat unggahan di Story akun Instagram, Rankireddy/Shetty terlihat berlatih sparing dengan Viktor Axelsen yang menggandeng legenda Denmark, Mathias Boe.

Sesi latihan tersebut menunjukkan bahwa Rankireddy/Shetty dalam kondisi baik-baik saja. Mereka pun tampaknya siap bertempur di laga pembuka Denmark Open.

Rankireddy/Shetty menyusul rekan senegaranya yakni tunggal putra HS Prannoy yang mengumumkan mundur karena mengalami cedera punggung.

HS Prannoy tidak hanya mundur dari Denmark Open namun juga French Open pekan depan lantaran cedera punggung yang dialami saat meraih medali perunggu Asian Games.

Baca Juga

1. Mundurnya Rankireddy/Shetty Jadi Berkah untuk Fajar/Rian?

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan berjuang mempertahankan gelar juara Denmark Open. (Foto: PBSI)

Mundurnya Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari Denmark Open 2023 tidak hanya menjadi berkah untuk Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, namun juga untuk pasangan ganda putra negara lain.

Di antaranya, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Juga

Namun demikian, hal ini tetap tidak mempengaruhi upaya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dalam mempertahankan posisi di ranking 2 dunia.

Dipahami. Poin Fajar/Rian saat memenangkan Denmark Open 2022 tidak akan hilang seandainya mereka bisa mempertahankan gelar di edisi kali ini.

Sebaliknya, jika gagal mempertahankan gelar bukan tidak mungkin Fajar/Rian bakal melorot lagi posisinya ke urutan ketiga oleh pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Menurut perhitungan seorang Badminton Lovers di Twitter, @andrepradana27, Fajar/Rian bisa melorot ke peringkat 3 ranking BWF digusur Liang/Wang dengan hitung-hitungan berikut ini:

Baca Juga

- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mempertahankan gelar juara Denmark Open 2023 apapun hasil yang diraih oleh Liang Wei Keng/Wang Chang.

- Liang/Wang minimal bisa sampai ke babak semifinal meskipun Fajar/Rian mampu mempertahankan gelar juara Denmark Open 2023.

Melihat hitung-hitungan tersebut, maka bisa dikatakan peluang Fajar/Rian  bertahan di ranking 2 dunia sangatlah kecil jadi jalan satu-satunya hanyalah mempertahankan gelar juara Denmark Open.

Hanya saja, hasil drawing menunjukkan bahwa Fajar/Rian akan hadapi jalan terjal di Denmark Open 2023. Mereka akan bersua Li Ching-yao/Yang Po-han di babak pertama.

Jika mulus ke babak berikutnya, Fajar/Rian juga dinanti lawan kuat di pool atas, mulai dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, Lee Yang/Wang Chi-lin, serta Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Baca Juga
IndiaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoDenmark OpenBulutangkisSatwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty

Berita Terkini