x

Bagas/Fikri Dibantai Jagoan Malaysia, Indonesia Tanpa Gelar Juara di Denmark Open 2023

Minggu, 22 Oktober 2023 21:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri harus puas jadi runner-up Denmark Open 2023 usai ditaklukkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, 13-21, 17-21 Minggu (22/10/23). (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri harus puas jadi runner-up Denmark Open 2023 usai ditaklukkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, 13-21, 17-21 Minggu (22/10/23).

Bertanding di Jyske Bank Arena, Odense, Bagas/Fikri terus ditekan oleh pasangan top Malaysia hingga menyerah secara straight game dalam durasi 33 menit. 

Baca Juga

Hasil ini memastikan Indonesia harus tanpa gelar juara di Denmark Open, sekaligus mengakhiri tradisi ganda putra Indonesia yang sudah memenangkan 12 gelar di ajang ini. 

Di sisi lain, ini menjadi gelar perdana bagi pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik setelah 11 kali selalu kalah di final ajang-ajang BWF. 

Merunut jalannya pertandingan, Bagas/Fikri belum pernah sekalipun menang dari sang rival di tiga pertemuan sebelumnya, selalu dapat tekanan dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik. 

Pada set pertama, Bagas/Fikri memang sempat mampu mengimbangi permainan Aaron/Soh  namun mereka harus tertinggal di interval 7-11. 

Baca Juga

Namun selepas jeda, Bagas/Fikri justru lebih sering melakukan kesalahan sehingga ini dimanfaatkan Aaron/Soh memperlebar jarak sebelum meraih kemenangan 13-21. 

Pada set kedua, Bagas/Fikri memberikan perlawanan lebih sengit kepada Aaron/Soh. Mereka beberaka kali menyamaki skor meski tetap tertinggal di interval kedua 6-11. 

Usai turun minum, Aaron/Soh terus menekan Bagas/Fikri namun pasangan Indonesia terus mengejar. Sayangnya, dewi fortuna tak berpihak pada Bagas/Fikri karena mereka kalah 17-21. 

Dengan demikian, Bagas/Fikri pun gagal memenangkan gelar perdana mereka di ajang BWF World Tour Super 750 musim ini lewat Denmark Open 2023 

Baca Juga

1. Bagas/Fikri Pupuskan Asa Indonesia Raih Gelar di Denmark Open

Pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. (Foto: PBSI)

Sebelum Denmark Open 2023, Bagas/Fikri baru mencatatkan gelar juara di turnamen Hyderabad Open 2019 (S100) dan All England (S1000).

Sementara pada musim 2023,  Bagas/Fikri harus puas dua kali finis sebagai runner-up di ajang Orleans Masters (S300) dan Thailand Open (S500).

Baca Juga

Selain itu, kegagalan Bagas/Fikri meraih gelar Denmark Open membuat Indonesia tidak memiliki satu pun wakil ganda putra yang juara di Super 750. 

Sejauh ini,  hanya ada Fajar/Rian yang dua kali menjuarai Super 1000, yakni All England dan Malaysia Open 2023, dan pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang menjuarai Thailand Masters (S300) dan Indonesia Masters (S500).

Bagas/Fikri pun kini harus memperpanjang rekor buruk mereka setiap menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dengan empat pertemuan tanpa kemenangan. 

Selanjutnya, Bagas/Fikri akan menyusul ganda putra Indonesia lainnya untuk tampil di ajang French Open 2023 yang akan berlangsung pada 24-29 Oktober 2023. 

Di sisi lain, Aaron Chia/Soh Wooi Yik berhasil mengakhiri kutukan spesialis runner-up ajang BWF Tour atau BWF World Tour sepanjang dipasangkan. 

Baca Juga

Sejak dipasangkan, Aaron Chia/Soh Wooi Yik tercatat sangat perkasa di beberapa major event mulai dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis hingga Olimpiade.

Tercatat Aaron Chia/Soh Wooi Yik mampu menggenggam medali perunggu Olimpiade 2020 hingga perunggu Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Hanya saja, Aaron Chia/Soh Wooi Yik cukup nestapa karena belum kunjung bisa juarai di ajang BWF Tour maupun BWF World Tour.  Dilansir dari laman BWF, sejak 2018 lalu, sudah ada tujuh predikat runner-up untuk Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Apalagi sepanjang musim 2023 ini, penampilan Aaron Chia/Soh Wooi Yik juga cukup meyakinkan dengan menembus dua kali final Super 1000 (Indonesia Open dan China Open).

Baca Juga
Denmark OpenBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikBagas Maulana/Muhammad Shohibul FikriHasil Bulutangkis

Berita Terkini