x

Fajar/Rian Luapkan Kekesalan Usai Dipermainkan Umpire dan Kalah di French Open

Sabtu, 28 Oktober 2023 09:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kandas di perempat final French Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto luapkan kekesalan usai kalah dramatis di French Open 2023, dan disebut-sebut karena kesalahan umpire.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus akui keunggulan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dalam pertandingan di Glaz Arena, Jumat (28/10/23).

Baca Juga

Bertanding dalam waktu 38 menit, Fajar/Rian dipaksa bertekuk lutut di hadapan musuh bebuyutannya dengan skor 18-21, 15-21.

Pertandingan sebenarnya dibuka dengan keunggulan Fajar/Rian. Pasangan ganda putra Indonesia langsung ngegas memimpin skor 5-1, sebelum memperlebar jarak jadi 7-2.

Naas, ada kontroversi di lapangan yang mengganggu konsentrasi Fajar/Rian. Wasit lapangan atau umpire berteriak 'fault' saat rally tiga pukulan berlangsung.

Kim Astrup bingung karena tidak merasa ada masalah dengan servis rekannya. Namun, hal ini tidak menjadi masalah karena bola kembalian dari Rasmussen juga keluar.

Baca Juga

Naas, betapa kagetnya Fajar/Rian karena saat mau melakukan servis, mereka justru diminta memberi bola ke lawan. Fajar/Rian bingung, lawannya juga tak kalah bingung.

Umpire tetap ngotot pada pendiriannya dan menyatakan poin jatuh ke pasangan Denmark. Fajar/Rian memberontak hingga ke hakim garis, tapi Dewi Fortuna tak berpihak padanya.

Setelah itu, wasit coba masuk ke lapangan untuk berdiskusi dengan umpire, hanya saja tidak terdengar karena umpire menutup mikrofon.

Kepala pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat juga bertindak. Ia berbicara kepada wasit turnamen yang keluar lapangan, dan keluarnya pun sambil garuk-garuk kepala. Tidak ada kejelasan akan hal ini.

Baca Juga

1. Luapan Kekesalan Fajar/Rian

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga French Open 2023. (Foto: PBSI)

Kontroversi yang terjadi dalam pertandingan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di French Open 2023 juga membuat komentator BWF Gillian Clark alias Oma Gill bingung.

Oma Gill menduga terjadi double hit, meskipun tidak cukup bukti bahwa return serve dari Fajar dua kali mengenai kok. Komentator sendiri tidak yakin dengan dugaan itu.

Baca Juga

Selepas pertandingan, Rian Ardianto tak bisa menutupi kekesalannya saat 'dipermainkan' oleh umpire, yang membuat mereka hilang konsentrasi dan akhirnya kalah dramatis.

"Memang sangat disayangkan, kami sudah mulai pertandingan dengan baik. Pola kami sudah benar dan sempat unggul beberapa poin. Tapi ada beberapa hal yang membuat kami kehilangan fokus dan ritme permainan."

Di sisi lain, Fajar Alfian coba mengambil hikmah dari kejadian kali ini. Ia mengaku jika ada beberapa kesalahan sendiri yang harus ia perbaiki jika ingin kembali ke ranking 1 BWF.

"Dua kali di-fault servis saya, dan tadi ada keputusan keliru dari umpire, ini membuat konsentrasi kami terganggu," ucap Fajar.

Baca Juga

"Tapi itu bukan alasan utama. Kami memang kurang sabar hari ini, kurang tenang dalam memainkan pola," tambah pebulu tangkis ranking 4 ganda putra dunia itu.

"Terutama di game kedua, banyak pukulan yang kami terlalu memaksa, padahal bisa dinetralkan dulu, masuk dulu, tapi ya jadi melakukan kesalahan," tukas Fajar.

Setelah ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan absen dari turnamen Hylo Open 2023. Mereka akan lanjut berjuang di Kumamoto Masters 2023, 14-19 November 2023.

Meski tersingkir di French Open 2023, Fajar/Rian masih bertahan sebagai peringkat 1 di klasemen ganda putra menuju BWF World Tour Finals 2023.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoKim Astrup/Andres Skaarup RassmusenFrench OpenBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini