x

Menebak Pendamping Fajar/Rian di BWF World Tour Finals, Bagas/Fikri atau Daddies?

Selasa, 21 November 2023 12:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Menakar peluang ganda putra Indonesia yang akan mendampingi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2023, apakah Bagas/Fikri? (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Menakar peluang ganda putra Indonesia yang akan mendampingi Fajar Alfian/Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2023, apakah Bagas/Fikri, Leo/Daniel atau Ahsan/Hendra?

Perebutan tiket menuju BWF World Tour Finals 2023 semakin memanas, dengan satu turnamen tersisa China Masters 2023 yang tengah berlangsung.

Baca Juga

Khususnya di sektor ganda putra, setelah Kumamoto Masters 2023 kemarin,  sudah ada tujuh pasangan yang memastikan lolos ke turnamen penutup musim tersebut.

Dari 7 pasangan tersebut, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lebih dulu lolos ke BWF World Tour Finals.

Perlu dicatat bahwa masing-masing negara boleh mengirimkan dua wakinya ke BWF World Tour Finals dengan syarat dua wakil tersebut berada di 8 besar klasemen akhir kualifikasi.

Lantas, adakah ganda putra Indonesia lain yang memiliki peluang menyusul Fajar/Rian tampil di Hangzhou pada 13-17 Desember 2023 mendatang?

Baca Juga

Ada tiga ganda putra Indonesia yang memiliki peluang tersebut yakni Bagas Maulana/Shohibul Fikri, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Saat ini, Bagas/Fikri berada di urutan ketujuh dengan raihan 80.800 poin dari 14 turnamen yang diikuti, unggul dari pasangan China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi (78.410 poin).

Ada pun Leo/Daniel saat ini berada di urutan kesembilan dengan 75.610 poin, sedangkan Daddies membuntuti di belakang mereka dengan 75.460 poin.

Menurut data Statminton, Bagas/Fikri yang menjadi runner-up di Denmark Open dan French Open paling berpeluang untuk menemani Fajar/Rian.

Meski demikian, langkah Bagas/Fikri untuk bisa lolos ke BWF World Tour Finals akan sangat berat karena mereka harus melewati ujian di China Masters 2023 pekan ini. Simak hitung-hitungannya di halaman kedua:

Baca Juga

1. Peluang Bagas/Fikri Lolos ke BWF World Tour Finals 2023

Pasangan ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di Kumamoto Masters 2023.

Statminton mencatat bahwa Bagas/Fikri dan Liu/Ou bisa lolos ke BWF World Tour Finals 2023 jika salah satu dari mereka melaju hingga babak semifinal China Masters 2023.

Masalahnya, Bagas/Fikri dan Liu/Ou akan langsung bertemu di babak 32 besar, sehingga hanya salah satu dari mereka yang bisa menjaga asa untuk lolos WTF.

Baca Juga

Bagas/Fikri sendiri saat ini memiliki head to head berimbang 1-1 dengan Liu/Ou, namun Bagas/Fikri harus bisa mengalahkan ganda putra China itu kali ini.

Jika Bagas/Fikri kalah dari Liu/Ou di babak pertama China Masters 2023, maka potensi mereka lolos ke BWF Finals tergantung dari hasil ganda putra lainnya, yakni:

- Bagas/Fikri bisa lolos ke Finals meski kalah di babak 32 besar, jika Leo/Daniel, Daddies dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi tidak boleh mencapai babak final.

- Bagas/Fikri bisa tetap akan lolos meski kalah di perempat final lawan Ong/Teo, dengan Leo/Daniel tidak boleh mencapai final dan Daddies tidak boleh menjadi juara.

Baca Juga

Peluang Daddies dan Leo/Daniel

Lalu bagaimana dengan peluang Leo/Daniel dan Daddies menyalip Bagas/Fikri untuk mendampingi Fajar/Rian di BWF World Tour Finals 2023:

Leo/Daniel masih memiliki peluang lolos ke Hangzhou jika mereka bisa mencapai final, dan mereka tidak boleh kalah melawan Daddies di babak final China Masters 2023.

Untuk babak pertama China Masters , Leo/Daniel akan menghadapi pasangan veteran Prancis, Lucas Corvee/Ronan Labar. Kans mereka untuk menang tentu saja sangat besar.

Ujian sesungguhnya justru datang di babak kedua. Leo/Daniel akan berjumpa pemenang anyyara Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen atau Chan Ko-Chi/Po Li-Wei.

Ada pun Ahsan/Hendra, dengan koleksi poin mereka saat ini, mau tidak mau harus bekerja keras untuk bisa mencapai final China Masters 2023.

Di babak pertama, Daddies akan mengawali perjalanan mereka di China Masters 2023 dengan menghadapi pasangan bersaudara Prancis, Christo Popov/Toma Junior Popov.

Jika lolos ke babak kedua, Ahsan/Hendra berpotensi melawan Liang Wei Keng/Wang Chan yang akan meladeni Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren di babak pertama. 

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBWF World Tour FinalsBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBagas Maulana/Muhammad Shohibul FikriChina Masters

Berita Terkini