x

4 Negara Paling Banyak Raih Gelar di BWF World Tour Finals, Indonesia Melempem!

Sabtu, 18 November 2023 12:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Terdapat empat negara yang paling banyak meraih gelar di ajang bulutangkis BWF World Tour Finals 2023, lalu bagaimana dengan pencapaian Indonesia?

INDOSPORT.COM – Terdapat empat negara yang paling banyak meraih gelar di ajang bulutangkis BWF World Tour Finals 2023, lalu bagaimana dengan pencapaian Indonesia?

Tak terasa ajang bulutangkis BWF World Tour Finals 2023 sebentar lagi akan bergulir dan hanya tinggal menghitung hari saja.

Baca Juga

Ajang penutup tahun itu bakal berlangsung pada 13-17 Desember mendatang dan lokasinya berada di Hangzhou, China.

Turnamen ini terbilang unik, karena tidak semua pemain bisa tampil di sini meski pun statusnya sebagai pebulutangkis top dunia.

Pasalnya, hanya delapan pebulutangkis terbaik yang bisa unjuk gigi berdasarkan peringkat tertinggi di Race to Finals dari poin yang dikumpulkan selama satu musim.

Sejak pertama kali dihelat pada 2018, BWF World Tour Finals telah melahirkan sejumlah jawara dari berbagai negara berbeda.

Baca Juga

Bahkan ada empat negara yang berhasil meraih gelar paling banyak di salah satu turnamen bulutangkis paling bergengsi di dunia ini.

Indonesia sendiri sayangnya bisa dibilang melempem karena tidak mampu bersaing dengan para wakil dari negara lain.

Bagaimana tidak, tercatat hanya ada satu wakil Indonesia yang berhasil meraih gelar juara, yakni oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada gelaran BWF World Tour Finals 2019.

Untuk lebih lengkapnya, berikut empat negara yang paling banyak meraih gelar di ajang BWF World Tour Finals:

Baca Juga

1. 1. China

Terdapat empat negara yang paling banyak meraih gelar di ajang bulutangkis BWF World Tour Finals 2023, lalu bagaimana dengan pencapaian Indonesia?

Status China sebagai powerhouse bulutangkis memang sudah tidak usah diragukan lagi, termasuk di BWF World Tour Finals.

Sebab, China menjadi negara yang terbanyak meraih gelar juara di ajang ini, yakni sebanyak sembilan gelar juara sejak 2018.

Yaitu satu gelar dari tunggal putra dan putri, dua gelar di ganda putra dan putri, serta tiga gelar juara di nomor ganda campuran.

Baca Juga

2. Jepang

Jepang yang juga menjadi salah satu negara powerhouse bulutangkis turut mencatatkan rekor sebagai negara paling banyak kedua yang meraih gelar di BWF World Tour Finals.

Jepang tercatat meraih emapt gelar juara, masing-masing satu gelar kecuali di sektor ganda campuran yang belum pernah mencicipi trofi sejak digelar pada 2018.

Keempat gelar tersebut disumbangkan oleh Kento Momota (MS) pada 2019, Akane Yamaguchi (WS) pada 2022, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (MD) pada 2021, dan Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi (WD) pada 2018.

Baca Juga

3. Denmark

Denmark secara mengejutkan menjadi salah satu negara terbanyak yang meraih gelar juara di BWF World Tour Finals.

Tercatat Denmark meraih tiga gelar juara yang semuanya berasal dari sektor tunggal putra, yang diraih oleh Anders Antonsen pada 2020.

Kemudian dua gelar secara beruntun oleh Viktor Axelsen pada 2021 di Bali dan 2022 di Bangkok, Thailand.

Hasil ini juga membuat Denmark menjadi satu-satunya wakil Eropa yang meraih gelar di ajang BWF World Tour Finals.

Baca Juga

4. Korea Selatan

Korea Selatan tercatat juga telah mengemas tiga gelar juara yakni satu dari nomor tunggal putri dan dua dari ganda putri.

Yakni dicatatkan oleh An Se-young (WS) pada tahun 2021, dan dua gelar lainnya berasal dari Lee So Hee/Shin Seung Chan (WD) pada 2020 dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong (WD) pada 2021.

IndonesiaKorea SelatanChinaDenmarkTRIVIABWF World Tour FinalsBulutangkis

Berita Terkini