x

Hegemoni Ganda Putra Indonesia Mulai Luntur, Apakah PBSI Blunder Mutasi Herry IP?

Sabtu, 25 November 2023 13:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Kepala Ganda Putra Pelatnas PBSI, Herry Iman Pierngadi, menyambut baik raihan anak-anak didiknya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

INDOSPORT.COM – Bikin cemas saat hegemoni ganda putra Indonesia mulai luntur, apakah PBSI blunder sudah memutasi pelatih Herry Iman Pierngadi (Herry IP) ke sektor lain?

Diketahui, sejak dulu ganda putra bulutangkis Indonesia dianggap menjadi salah satu sektor terbaik di dunia soal urusan regenerasi. Fakta ini sering kali membuat negara lain iri, seperti halnya China.

Legenda bulutangkis China, Cai Yun, bahkan secara terang-terangan menyampaikan kekagumannya pada kekuatan ganda putra Indonesia.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya di Weibo (media sosial), saya sangat iri dengan ganda putra Indonesia yang telah keluar satu demi satu,” ucap Cai Yun melansir Aiyuke pada 2022 silam.

“Secara umum, mereka memiliki gaya permainan yang komprehensif dan tahu bagaimana menggunakan teknik dan taktik secara wajar dalam pertandingan,” sambungnya.

Baca Juga

Sayangnya di ballik pujian yang bertebaran tersebut, dominasi ganda putra Indonesia dinilai cenderung goyah musim 2023 ini.

Ganda putra Indonesia di musim ini tidak sekonsisten tahun lalu yang nyaris memborong semua gelar penting berbagai turnamen.

Misalnya saja Fajar Alfian/Rian Ardianto. Musim lalu mereka bisa melesat ke delapan final turnamen, namun tahun baru meraih dua gelar dari dua final turnamen.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang di awal tahun mampu menjuarai Indonesia Masters dan Thailand Masters, belakangan ini juga tak konsisten.

Baca Juga

Jika dihitung-hitung, ganda putra Indonesia terakhir yang berhasil mempersembahkan gelar juara adalah Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani di ajang Indonesia Masters Super 100.

Selebihnya, ganda putra Indonesia tak cukup stabil untuk kembali menapaki podium satu dari turnamen yang diikuti di paruh kedua musim 2023.

Bahkan teranyar, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan juga kompak rontok di perempat final China Masters 2023, Jumat (24/11/23).

Apakah redupnya dominasi ganda putra Indonesia itu menjadi pertanda jika PBSI telah blunder memutasi Herry Iman Pierngadi (Herry IP) ke sektor lain di pelatnas?

Baca Juga

1. PBSI Blunder Mutasi Herry IP?

PBSI Blunder Mutasi Herry IP di Balik Lesunya Prestasi Ganda Putra Indonesia?

Herry Iman Pierngadi (Herry IP) sendiri selama ini memang sangat lekat dengan perannya sebagai pelatih ganda putra bulutangkis Indonesia yang bertangan dingin.

Sudah cukup banyak ganda putra top Indonesia lahir dari racikan Herry IP, seperti Candra Wijaya/Tony Gunawan, Chandra Wijaya/Sigit Budiarto, Flandy Limpele/Eng Hian.

Kemudian Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, hingga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dengan dedikasinya melatih ganda putra di PBSI sejak puluhan tahun lalu, Herry IP diharapkan bisa mengantarkan ganda putra Indonesia meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Hanya saja jelang Olimpiade Paris 2024, tepatnya pada 1 September 2023, PBSI memutuskan memutuasi Herry IP menjadi pelatih kepala ganda campuran pelatnas karena pengalaman beliau.

Baca Juga

Sebenarnya situasi ini harus diakui sangat membuat dilemma lantaran Herry IP sendiri tenaga dan pengalamannya memang sangat dibutuhkan di dua sektor tersebut.

Jadi tentu akan sangat sulit untuk menjawab jika ada pertanyaan apakah PBSI blunder telah memutasi Herry IP ke ganda campuran di saat ganda putra Indonesia sedang tak stabil performanya.

Karena di satu sisi, ganda putra saat ini sebenarnya juga sudah ditangani oleh pelatih yang tak kalah luar biasa dari Herry IP, yakni Aryono Miranat dan Thomas Indrajaya.

Jika memang harus diperdalam lagi, mungkin prestasi ganda putra Indonesia saat ini bukan semata karena faktor pelatih saja. Cedera hingga persaingan bisa jadi sebab terbesar.

Rasanya memang harus diakui jika saat ini kekuatan bulutangkis dari lima sektor sudah sangat merata, terutama dari ganda putra.

Baca Juga

Faktor lain yang harus diakui adalah kenyataannya saat ini ganda putra Indonesia banyak yang terkena cedera akibat dari padatnya jadwal turnamen.

Sebut saja Yeremia Rambitan yang tahun lalu mengalami cedera ACL. Sejak comeback awal musim 2023, performanya dengan Pramudya Kusumawardana belum kembali prima.

Kemudian saat ini Fajar Alfian dipapar cedera kaki, Rian Ardianto terdampak permasalahan di bahunya, hingga Daniel Marthin yang mengalami masalah di matanya.

Lantas pertanyaannya, apakah langkah PBSI untuk kembali membangkitkan prestasi ganda putra Indonesia mengingat Olimpiade Paris 2024 tinggal menghitung hari?

Baca Juga
PBSIHerry IPHerry Iman PierngadiTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisIndepth

Berita Terkini