x

Jawaban Mengejutkan Legenda Ade Chandra Siapa MD Indonesia Paling Menjanjikan

Sabtu, 25 November 2023 11:43 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Sebuah jawaban misterius dilontarkan legenda bulutangkis Ade Chandra ketika menyoroti siapa pemain ganda putra Indonesia paling menjanjikan saat ini.

INDOSPORT.COM – Sebuah jawaban misterius dilontarkan legenda bulutangkis Ade Chandra ketika menyoroti siapa pemain ganda putra Indonesia paling menjanjikan saat ini.

Ade Chandra merupakan salah satu legenda bulutangkis yang dimiliki Indonesia. Partner Christian Hadinata itu semasa kariernya sebagai atlet telah berulang kali mengharumkan nama Indonesia.

Baca Juga

Pencapaian Ade Chandra yang paling terkenang adalah kala menjadi ganda putra peraih medali emas Kejuaraan Dunia 1980 bersama Christian Hadinata.

Selain itu, Ade Chandra/Christian Hadinata juga pernah menyabet medali emas Asian Games 1978 hingga All England (1972, 1973).

Tak boleh dilupakan. Ade Chandra juga merupakan andalan Indonesia di ajang Piala Thomas. Dia tiga kali bergabung menjadi anggota Piala Thomas Indonesia pada tahun 1973, 1976, dan 1979.

Selama dia bergabung, luar biasanya Indonesia selalu berhasil meraih gelar juara Piala Thomas sebagai supremasi tertinggi beregu putra dunia.

Baca Juga

Sampai akhirnya, Ade Chandra memutuskan gantung raket beberapa waktu berselang disusul oleh Christian Hadinata sang partner.

Kini di usianya yang ke-73, Ade Chandra diketahui masih sangat antusias mengikuti perkembangan bulutangkis Indonesia, khususnya ganda putra yang menjadi sektor andalannya.

Ketika disambangi tim redaksi INDOSPORT di kediamannya, Jumat (24/11/23), bahkan Ade Chandra antusias melayangkan pendapatnya soal kekuatan ganda putra Indonesia.

Mantan tandem Christian Hadinata itu bahkan memiliki jawaban luar biasa ketika ditanya siapa pemain ganda putra Indonesia yang paling memikat! Selengkapnya di halaman kedua.

Baca Juga

1. Siapa Ganda Putra Favorit Ade Chandra?

Siapa Ganda Putra Favorit Ade Chandra?

“Kalau yang sekarang, siapa yang menonjol dari ganda putra yang menarik perhatian om Ade? Kita kan punya banyak stok ganda putra?” tanya tim redaksi INDOSPORT.

Dengan penuh kebijaksanaan, Ade Chandra tidak secara khusus menyebut nama ganda putra Indonesia paling menjanjikan versinya.

Baca Juga

Hanya saja Ade Chandra melayangkan pendapat bahwa ganda putra Indonesia saat ini memiliki kekuatan yang sangat merata.

“Kalau saya lihat, (kekuatan ganda putra Indonesia sekarang) hampir merata kalau saya lihat. Ada Rian juga. Hampir merata lah,” tutur Ade Chandra.

Hanya saja yang membedakan adalah daya tahan fisiknya. Siapa yang lebih kuat fisiknya, maka pemain tersebut yang paling menjanjikan.

Hal itu lantaran menurutnya, saat ini bulutangkis Indonesia tidak hanya sekadar adu teknik, namun juga adu fisik di tengah jadwal padat turnamen.

Baca Juga

“Tinggal sekarang masing-masing fisiknya aja dijaga. Kalau fisiknya ditingkatkan, saya rasa pasti bisa berhasil (panen juara).”

“Pertandingan bulutangkis sekarang ini bukan hanya adu teknis saja, tapi juga fisik. Soalnya terlalu dekat waktunya (dari turnamen satu ke yang lain). Hampir seminggu sekali ada (turnamen),” sambung eks partner Christian Hadinata tersebut.

Terlepas dari itu, Ade Chandra pun tak lupa memberikan wejangan kepada Fajar/Rian cs agarmeningkatkan fisik dan memperhatikan pola makan karena jadwal padat turnamen demi meraih misi juara.

“Untuk ganda putra kita, saya melihatnya sudah cukup baik. Cuma Latihannya harus ditambah karena pertandingannya saat ini kan jadwalnya kan ngeroll terus. Jadi gak cuma teknisnya, namun fisiknya juga harus terus ditingkatkan.”

“Tapi sekarang gak bisa main-main lagi. Fisik harus nomor satu. Kalau fisik gak ditingkatkan, jangan mengharapkan lagi kitab isa menjadi juara dunia. Kedua kondisi makannya juga harus dijaga. Harus bergizi,” pungkas Ade Chandra.

Baca Juga
Ade ChandraChristian HadinataChristian Hadinata/Ade ChandraBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini