x

4 Pebulutangkis yang Paling Banyak Raih Gelar di BWF World Tour Finals

Minggu, 26 November 2023 12:32 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen jadi salah satu pebulutangkis dengan gelar terbanyak di BWF World Tour Finals 2023

INDOSPORT.COM – Terdapat empat pebulutangkis yang paling banyak meraih gelar juara di ajang BWF World Tour Finals 2023.

Sebagaimana diketahuiturnamen BWF World Tour Finals 2023 hanya tinggal menghitung hari, sebelum bergulir pada 13-17 Desember nanti di Hangzhou, China.

Baca Juga

BWF World Tour Finals merupakan ajang elit karena menjadi kejuaraan penutup dari rangkaian turnamen bulutangkis yang diprakarsai oleh BWF sepanjang tahun.

Sebelumnya, kompetisi ini bernama BWF Super Series Finals yang telah digelar sejak 2008 silam, dan kemudian berganti nama menjadi BWF World Tour Finals sejak 2018.

Ajang ini termasuk yang diimpikan oleh para pebulutangkis. Pasalnya, pemain yang berpartisipasi tidak sembarangan yakni hanya delapan pemain/pasangan terbaik yang berhak tampil.

Pemain tersebut ialah yang berhasil menempati delapan peringkat teratas dalam ranking BWF Race to Finals 2023.

Baca Juga

Selain itu, jumlah wakil dari tiap negara untuk setiap nomornya juga dibatasi. Menurut aturan BWF, maksimal hanya boleh dua wakil saja per negara yang dapat berlaga tiap nomornya di kejuaraan tersebut.

Jadi, tiap negara maksimal hanya boleh mengirimkan 10 wakil saja, alias dua masing-masing dari lima sektor yang berbeda.

Meski terbilang merupakan turnamen yang sulit ditembus, ada sejumlah pebulutangkis dengan predikat paling gacor karena mampu meraih kemenangan terbanyak di ajang ini.

Selebih lengkapnya berikut empat pebulutangkis yang meraih kemenangan terbanyak di BWF World Tour Finals:

Baca Juga

1. 1. Viktor Axelsen

Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (thailand).

Viktor Axelsen menjadi pebulutangkis tunggal putra yang berhasil meraih kemenangan lebih dari satu kali.

Tunggal putra asal Denmark itu sudah mengemas dua gelar juara secara beruntun yakni pada BWF World Tour Finals 2021 di Bali usai mengalahkan Kunlvaut Vitidsarn dengan skor 21-12 dan 21-8.

Lalu pada BWF World Tour Finals 2022 di Bangkok usai menang atas Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) dengan skor 21013 dan 21-14.

Baca Juga

2. Liu Yuchen

Liu Yuchen juga sudah dua kali menggondol gelar juara dengan dua pasangan yang berbeda. Yakni bersama Li Junhui pada edisi 2018 di Guangzhou, China.

Saat itu Li Junhui/Liu Yuchen berhasil menang dari Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan skor 21-15 dan 21-11 di partai final.

Kemudian menang lagi bersama Ou Xuanyi pada edisi 2022 lalu di Bangkok, setelah menang dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lewat tig agim 21-17, 19-21 dan 21-12.

Baca Juga

3. Chen Qing Chen/Jia Yifan

Chen Qing Chen/Jia Yifan juga sejauh ini sudah mengemas dua gelar juara BWF World Tour Finals di nomor ganda putri.

Yakni pada edisi 2019 di Guangzhou, China usai menang dari Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dengan skor 21-14 dan 21-10.

Lalu kembali menang pada edisi 2022 di Bangkok, setelah mengalahkan tuan rumah Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard dengan sor 21-13 dan 21-14.

Baca Juga

4. Dechapool Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai

Selain Axelsem, ada Dechapool Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang juga sempat menggondol gelar BWF World Tour Finals secara beruntun.

Pasangan yang akrab disapa Babas/Popor itu pertama kali meraih kelar pada 2020 di kandang sendiri setelah menumbangkan Seo Seung Jae/Chae Yujung dengan skor 21-18, 8-21 dan 21-8.

Lalu menang back to back di 2021 di Bali usai menang atas Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 21-19 dan 21-11.

Viktor AxelsenBWF World Tour FinalsDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiLiu YuchenChen Qingchen/Jia Yifan

Berita Terkini