x

Fakta Mengejutkan Sektor Tunggal Putra World Tour Finals, Jojo - Ginting Untung!

Senin, 27 November 2023 10:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Li Shifeng (China) dan Jonatan Christie (Indonesia) di podium juara French Open 2023. Setelah ini keduanya akan berlaga di BWF World Tour Finals 2023. (Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Ada fakta mengejutkan dari sektor tunggal putra BWF World Tour Finals 2023, yang mungkin akan menguntungkan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Setelah melakoni turnamen demi turnamen bulutangkis sepanjang tahun 2023, kini ada delapan pemain tunggal putra terpilih yang akan mengikuti BWF World Tour Finals 2023.

Baca Juga

Jika diurutkan berdasarkan peringkat yang paling tinggi di klasemen, ada Kodai Naraoka (Jepang), Jonatan Christie (Indonesia), Shi Yuqi (China), dan juga Li Shifeng (China).

Kemudian, ada Viktor Axelsen (Denmark), Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia), Anders Antonsen (Denmark), serta Kunlavut Vitidsarn (Thailand).

Badminton Eropa merilis bahwa Shi Yuqi dan Li Shifeng tidak akan berada di satu grup, apalagi mereka sama-sama masuk top 4 klasemen BWF World Tour Finals 2023.

"Shi Yuqi dan Li Shifeng tidak akan bersama di babak penyisihan grup. Mantan juara dunia dua edisi terakhir tak akan diunggulkan tahun ini," tulis akun X Badminton Eropa.

Baca Juga

Hal ini mungkin menjadi angin segar bagi dua wakil Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, karena mereka tidak harus menghadapi dua pemain China sekaligus.

Maklum, jika melihat head-to-head, Anthony Ginting selalu kesulitan setiap kali menghadapi Shi Yuqi, apalagi lawannya akan bermain di rumah sendiri, di China.

Jonatan Christie juga kerap kesulitan setiap meladeni Shi Yuqi, meskipun secara head-to-head Jojo masih unggul tipis atas lawannya.

Baca Juga

1. Bedah Kekuatan Tunggal Putra BWF World Tour Finals

Jonatan Christie dan Viktor Axelsen saat bertemu di Kumamoto Masters 2023 (Foto: Humas PP PBSI)

Meski begitu, pemisahan antara Shi Yuqi dan Li Shifeng juga berpotensi merugikan dua wakil Indonesia di BWF World Tour Finals, Jonatan Christie dan Anthony Ginting.

Biasanya, BWF World Tour Finals membagi pemain ke dalam dua grup per sektor. Nantinya, dua pemain dengan poin tertinggi dari tiap grup otomatis melaju ke babak semifinal.

Baca Juga

Jika seandainya Shi Yuqi berada satu grup dengan Viktor Axelsen, maka sangat sulit bagi Jonatan Christie dan Anthony Ginting untuk mencuri kemenangan di grup tersebut.

Pasalnya, Viktor Axelsen memiliki level di atas Shi Yuqi. Dalam beberapa tahun terakhir, tak ada dari Jonatan Christie dan Ginting yang bisa mengalahkan pemain berjuluk 'Alien' itu.

Maka dari itu, fans Indonesia berharap agar Viktor Axelsen berada di grup yang sama dengan Li Shifeng, karena masih ada peluang bagi Jonatan maupun Ginting untuk lolos ke semifinal.

Hanya saja, harus diakui bahwa setiap lawan di BWF World Tour Finals tidak mudah. Ada beberapa momentum di mana Jonatan kalah dari Kodai Naraoka atau Kunlavut Vitidsarn.

Baca Juga

Anders Antonsen juga bisa dikatakan sebagai pemain yang patut diwaspadai, karena tahun ini ia pernah mengalahkan Anthony Ginting pada perhelatan All England 2023.

Pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah bicara soal kesiapan Jonatan dan Ginting di BWF World Tour Finals 2023. Siapa pun lawan yang mereka hadapi, Merah Putih harus siap.

"Untuk menghadapi World Tour Finals, Ginting dan Jojo akan dipersiapkan dengan baik," kata Irwansyah via rilis resmi PP PBSI.

"Pekan depan sudah benar-benar dinaikkan (intensitas) latihannya. Latihannya harus yang benar-benar bagus. Cuma, Jojo ada kendala di kaki kiri dekat otot achilles-nya," tukas Irwansyah.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingJonatan ChristieAnthony GintingBWF World Tour FinalsBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini