x

Gandeng Putri Legenda China, Eks PBSI Setyana Mapasa Menggila di Syed Modi S300

Sabtu, 2 Desember 2023 14:19 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Setyana Mapasa salah satu pemain yang tampil di Syed Modi India International 2023. Foto: Matt Roberts/Getty Images.

INDOSPORT.COM – Gandeng Angela Yu yang merupakan putri legenda bulutangkis China Tang Hetian, bintang Australia asal Indonesia, Setyana Mapasa, di ambang juara Syed Modi India International 2023.

Jika mendengar nama Setyana Mapasa, dia dikenal sebagai bintang bulutangkis asal Indonesia yang berpindah ke Australia pada 2014 usai mengalami cedera parah yang nyaris mengakhiri kariernya.

Baca Juga

Setyana Mapasa namanya juga melekat sebagai partner ganda putri pebulutangkis cantik Australia, Gronya Somerville, di sektor ganda putri.

Digandeng Gronya Somerville, Setyana Mapasa mampu bersaing menembus posisi ke-18 dunia ganda putri sebagai ranking tertinggi mereka.

Sampai akhirnya duet mereka  harus berakhir seiring dengan keputusan Setyana Mapasa untuk meninggalkan pelatnas Asosiasi Bulutangkis Australia pada September 2021.

Usai keputusannya, Gronya Somerville sempat bergonta-ganti pasangan hingga saat ini. Sementara Setyana Mapasa membuka akademi bulutangkis di Australia dan menikah dengan Sonny Saputro.

Baca Juga

Sebagai seorang istri, Setyana Mapasa juga memutuskan untuk comeback ke turnamen internasional bulutangkis sejak Oktober 2022 lalu.

Comeback-nya semakin menggila ketika dia menggandeng Angela Yu yang merupakan putri legenda bulutangkis China, Tang Yonshu (Tang Hetian) sejak beberapa waktu lalu.

Setelah sukses menyabet gelar juara di Kaohsing Masters 2023 (Super 100), duet Setyana Mapasa/Angela Yu yang berbendera Australia kembali di ambang juara di Syed Modi India International 2023.

Saat ini Setyana Mapasa/Angela Yu baru saja mengganas meroket ke babak semifinal Syed Modi India International 2023.

Baca Juga

1. Di Ambang Juara Syed Modi India International 2023

Setyana Mapasa di ambang juara Syed Modi India International 2023. Foto: Matt Roberts/Getty Images.

Syed Modi India International 2023 merupakan turnamen bulutangkis Super 300 yang berlangsung di BBD U.P. Badminton Academy Lucknow pada 28 November sampai 3 Desember.

Setyana Mapasa/Angela Yu sendiri menajdi satu-satunya pebulu tangkis Australia yang mampu melesat ke babak semifinal.

Baca Juga

Tiket semifinal itu didapat Setyana Mapasa/Angela Yu dengan susah payah mengalahkan wakil Jepang, Hina Osawa/Akari Sato, 21-14, 21-18, pada Jumat (1/12/23).

Di babak-babak sebelumnya, lawan yang dihadapi Setyana Mapasa/Angela Yu juga tidak mudah sama sekali, termasuk Laksika Kanlaha/Phataimas Muenwong dari Thailand.

Unggulan ketiga asal Jepang, Rin Iwanaga/Kie Nakanishi, akan jadi lawan selanjutnya yang akan dihadapi Setyana Mapasa/Angela Yu di semifinal.

Apapun hasilnya, agaknya ini adalah pencapaian luar biasa bagi Setyana Mapasa/Angela Yu yang sebenarnya belum terlalu lama berpasangan.

Baca Juga

Namun andai bisa melaju jauh, bahkan andai bisa menjuarai Syed Modi India International 2023, ini akan jadi sejarah bagi Setyana Mapasa/Angela Yu.

Pasalnya jika bisa menjuarai Syed Modi India International 2023, tentu akan jadi gelar Super 300 pertama bagi Setyana Mapasa/Angela Yu sejak dipasangkan.

Tak boleh dilupakan, hasil di Syed Modi India International 2023, juga membuat nama mereka semakin diperhitungkan sebagai ganda putri berbahaya di masa depan.

Sementara di sisi lain, Indonesia sendiri di Syed Modi Idia International 2023 hanya tinggal menggantungkan harapan juaranya pada ganda campuran non-pelatnas PBSI, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Baca Juga
BulutangkisSetyana MapasaBerita BulutangkisSyed Modi India International

Berita Terkini