x

3 Juara Dunia Junior Tunggal Putra yang Makin Menggila di Senior, Alwi Farhan Bisa Menyusul

Jumat, 1 Desember 2023 10:31 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Subhan Wirawan
Mengintip tiga juara dunia junior tunggal putra yang makin menggila di level senior, dan Alwi Farhan dari Indonesia berpeluang untuk meramaikan barisan tersebut.

INDOSPORT.COM – Mengintip tiga juara dunia junior tunggal putra yang makin menggila di level senior, dan Alwi Farhan dari Indonesia berpeluang untuk meramaikan barisan tersebut.

Dunia bulutangkis saat ini memang sedang hangat membicarakan sosok Alwi Farhan, tunggal putra Indonesia berusia 18 tahun yang menembus perempat final Syed Modi India International 2023.

Baca Juga

Kesuksesan menembus perempat final memang merupakan sebuah pencapaian luar biasa bagi Alwi Farhan lantaran ini adalah turnamen debutnya di ajang super 300.

Terlebih lagi, di turnamen debut dia harus menjadi tulang punggung pemain pelatnas PBSI usai seniornya, Shesar Hiren Rhustavito, justru terdepak cepat di babak pertama.

Di babak perempat final Syed Modi India International 2023 yang akan berlangsung pada Jumat (1/12/23) sore WIB, dia akan berjumpa dengan wakil tuan rumah, Priyanshu Rajawat.

Meski lawannya bukan abal-abal, namun apapun hasilnya nanti di Syed Modi India International 2023, badminton lovers agaknya sudah terlanjur terpikat dengan Alwi Farhan.

Baca Juga

Sosoknya digadang menjadi penerus kejayaan tunggal putra Indonesia dengan predikatnya sebagai juara dunia junior 2023 yang dirauhnya sejak September lalu.

Apalagi pada faktanya cukup sering dijumpai fenomena peraih emas kejuaraan dunia junior yang penampilannya semakin menggila di level senior.

Sebagai satu-satunya tunggal putra Indonesia yang mampu meraih emas Kejuaraan Dunia Junior, Alwi Farhan setidaknya bisa meniru kisah Viktor Axelsen, Kunlavut Vitidsarn, dan Chen Long.

Mereka adalah contoh tunggal putra peraih medali emas Kejuaraan Dunia Junior yang semakin menggila bertarung di level senior. Berikut kisahnya!

Baca Juga

1. Axelsen, Kunlavut, dan Chen Long

Kisah Axelsen, Kunlavut, dan Chen Long yang Bisa Diteladani Alwi Farhan.

1. Viktor Axelsen

Kisah Viktor Axelsen yang menggila di level senior usai menjadi juara dunia junior patut diteladani oleh sosok Alwi Farhan dari Indonesia.

Dulunya Viktor Axelsen di masa remajanya sukses menyandang predikat sebagai peraih medali emas Kejuaraan Dunia Junior 2010 usai mengalahkan Kang Ji-wook di final.

Setelah sukses meraih emas Kejuaraan Dunia Junior 2010, atlet asal Denmark itu secara perlahan menapaki kariernya di level senior.

Meski tak langsung bersinar, namun Viktor Axelsen mampu perlahan menunjukkan sinar benderangnya setelah sukses menapaki world ranking satu pada 2017.

Setelahitu laju prestasi Viktor Axelsen menjadi tak terbendung, usai keberhasilannya medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

2. Chen Long

Kisah kedua yang wajib diteladani oleh Alwi Farhan dari Indonesia adalah Chen Long. Legenda bulutangkis China ini dulunya adalah peraih medali emas Kejuaraan Dunia Junior 2007.

Setelah beranjak ke level senior, pencapaian Chen Long semakin menggila, utamanya di ajang-ajang mayor event seperti Kejuaraan Dunia.

Total ada empat medali Kejuaraan Dunia berhasil diraih Chen Long, termasuk di antaranya dua emas pada edisi 2014 dan 2015.

Kemudian di ajang Olimpiade, Chen Long juga meraih tiga medali beda warna, yakni perunggu pada 2012, emas pada 2016, dan perak pada 2020.

Semua yang didapat Chen Long tentunya berkat dedikasi, loyalitas, dan kerja keras Chen Long yang patut ditiru Alwi Farhan untuk bersaing di level senior.

Baca Juga

3. Kunlavut Vitidsarn

Peraih medali emas Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis yang menggila di level senior berikutnya adalah Kunlavut Vitidsarn.

Dulunya Kunlavut Vitidsarn mampu tiga kali meraih medali emas Kejuaraan Dunia Junior pada edisi 2017, 2018, dan 2019.

Setelah beranjak ke level senior, konsistensinya pun tak meredup. Bahkan saat ini sudah bersaing di jajaran top 10 ranking BWF tunggal putra.

Puncaknya adalah kesuksesan Kunlavut Vitisarn untuk menyegel medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada edisi 2023.

Akankah Alwi Farhan mampu meniru jejak Kunlavut Vitidsarn yang mampu mengobrak-abrik dominasi tunggal putra bulutangkis dunia? Apalagi kini dia mampu melesat ke perempat final Syed Modi India International 2023.

Baca Juga
Chen LongTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisKunlavut VitidsarnKejuaraan Dunia Bulutangkis JuniorAlwi FarhanIndepthSyed Modi India International

Berita Terkini