Gemilang di Asian Games 2018, Joseph Schooling Bocorkan Rahasianya

Jumat, 24 Agustus 2018 15:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Abdurrahman Ranala
© AFP
Perenang Singapura di Asian Games 2018, Joseph Schooling. Copyright: © AFP
Perenang Singapura di Asian Games 2018, Joseph Schooling.

INDOSPORT.COMJoseph Schooling telah meraih keberhasilan di Asian Games 2018 dengan menyabet dua medali emas sekaligus, di cabang olahraga renang kategori gaya kupu-kupu 50 m dan 100 m. Ia pun mengungkapkan bahwa kritik yang diterimanya menjadi alasan utama untuk menang.

Perenang asal Singapura itu mengaku bahwa keberhasilannya terjadi karena kritik yang ia terima selama menjadi atlet renang profesional. Schooling menjadikan kritik tersebut sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

“Saya pikir kritik itu baik. Jika semua orang di pihak Anda, memuji Anda, itu mungkin akan sampai ke kepala Anda. Tapi saya pikir kritik adalah penyeimbang karier dan ini baik untuk saya,” ujar Schooling, dilansir dari The Star.

“Saya selalu membuktikan kritik yang negatif kepada saya salah. Ini memberi saya lebih banyak motivasi untuk berlatih, untuk bekerja lebih keras, jadi saya harus membuktikannya,” pungkasnya.

Meski mendapatkan dua emas sekaligus, namun pria berusia 23 tahun itu merasa tidak menampilkan performa terbaiknya. Di sisi lain, Schooling juga merasa lega dan gembira karena kemenangannya ini akan dijadikan sebagai batu loncatan sebelum melaju ke Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya telah tidak konsisten selama dua tahun terakhir tetapi itu bagian dari siklus, kan? Anda tidak bisa selalu tampil prima. Yang penting adalah terus melangkah, dan berjuang untuk memenangkan perlombaan. Itulah yang menentukan seorang juara,”

“Saya mulai merasa lebih dan lebih nyaman, jadi saya membayangkan dua tahun ke depan semakin baik dan lebih baik untuk melaju di Olimpiade Tokyo 2020," tutup Schooling.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT