Niat Mulia Zaki, Peraih Medali di Asian Para Games 2018

Rabu, 10 Oktober 2018 10:45 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Tribunnews
Zaki Zulkarnain, perenang Asian Para Games 2018. Copyright: © Tribunnews
Zaki Zulkarnain, perenang Asian Para Games 2018.

INDOSPORT.COM - Atlet Indonesia, Zaki Zulkarnain, berhasil meraih medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) renang nomor 100 meter gaya dada putra SB8 di Asian Para Games 2018, Selasa (09/10/18).

Zaki mengungkapkan rahasia di balik keberhasilannya membawa pulang medali perunggu pada ajang bergengsi difabel ini, yaitu kedua orang tuanya yang senantiasa mendukungnya sepenuh hati.

Hal ini ia utarakan langsung selepas pertandingan. Bagi Zaki, kedua orang tuanya adalah orang yang berhasil membuat dirinya terus bersemangat menjalani persiapan-persiapan menjelang Asian Para Games 2018.

"Kamu fokus saja, jangan pikirin kami yang di rumah. Kamu tetap fokus, ingat semua orang tergantung kepada kamu," ucapnya saat mengingat kembali kata-kata kedua orang tuanya dilansir Antara.

Dirinya mengakui, selama bertanding di nomor 100 meter gaya dada putra, ia terus memikirkan kedua orang tuanya sepanjang pertandingan.

Alhasil dirinya yang telah dipastikan mendapat bonus sebesar Rp250 juta dari pemerintah, berencana memberangkatkan kedua orang tuanya pergi Umroh nantinya.

Sekadar informasi, besarnya nominal hadiah para atlet Asian Para Games 2018 sama persis dengan besarnya hadiah para peraih medali di Asian Games 2018. Zaki yang memperoleh medali perunggu, maka akan mendapatkan hadiah sebesar Rp250 juta.

"Pas di dalam air tadi saya mikirnya hanya orang tua. Setelah mendapat bonus saya ingin membawa kedua orang tua umroh," tuturnya.

Pada pertandingan tersebut, Zaki berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 1 menit 19,95 detik, hanya kalah tipis dengan rekan senegaranya, Guntur yang berada di tempat kedua dan atlet asal China, Xu Haijiao dengan catatan 1 menit 11 detik.

Perjalanan Zaki di Asian Para Games 2018 sendiri, masih panjang. Pada hari Kamis, (11/10/18) dirinya akan berpartisipasi dalam nomor 100 meter gaya bebas.

Penulis: Ridi F Khan

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Para Games 2018 hanya di INDOSPORT