Tersangkut Kasus Doping, Sun Yang Didukung Asosiasi Renang China

Selasa, 29 Januari 2019 04:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Coro Mountana
© Intisari-online
Sun Yang (ketiga dari kiri), perenang asal China. Copyright: © Intisari-online
Sun Yang (ketiga dari kiri), perenang asal China.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Renang China (CSA) menyatakannya dukungannya kepada perenang andalannya Sun Yang, Atlet China itu berniat mengajukan tuntutan hukum atas klaim sebuah media yang menyatakan bahwa ia terlibat perkelahian dengan penguji narkoba.

Dilansir dari laman SBS.com, CSA menyatakan tidak terima dengan klaim surat kabar The Sunday Times yang mengklaim atlet kebanggaan mereka terlibat bentrok dengan petugas doping pada 4 September 2018 di rumah sang atlet.

Mereka juga mengklaim bahwa puncak dari insiden ini ketika petugas keamanan rumah perenang asal China itu menghancurkan sampel darah dengan palu.

"Kami yakin bahwa laporan (The Sunday Times) tidak benar,” kata pernyataan CSA.  

Laporan dari surat kabar tersebut, diyakini pengacara Zhang Qihuai bahwa sudah merusak reputasi kliennya yaitu Sun Yang dan melanggar privasinya.

Sidang panel doping sendiri kemudian menyelidiki insiden tersebut dan memutuskan bahwa peraih medali emas Olimpiade tiga kali ini tidak bersalah pada 3 Januari lalu.

Meski mendukung Sun Yang, CSA tetap berkomitmen bahwa mereka tetap konsisten untuk menegakkan sikap anti-doping yang ditetapkan di dunia.

“Asosiasi Renang Cina telah secara konsisten berpegang teguh pada sikap anti-doping dan tidak memiliki toleransi terhadap masalah tersebut,” tutupnya.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Olimpik dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.